Lakukan 7 Hal Ini sebelum Melakukan Medical Check Up

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Lakukan 7 Hal Ini sebelum Melakukan Medical Check Up

Halodoc, Jakarta – Kesehatan nyatanya bisa menjadi salah satu tabungan yang baik untuk masa depan. Sehingga lebih baik mencegah penyakit yang dapat menyerang kesehatan kamu daripada mengobati. Banyak langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan. Menjalani gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan tidak memiliki kebiasaan merokok dapat menjadi salah satu caranya.

Baca juga: Harus Tahu, Anak-Anak Juga Butuh Medical Check Up

Tidak hanya itu, melakukan medical check up setiap tahunnya juga dapat menjadi langkah pencegahan untuk menjaga kondisi kesehatan kamu agar selalu tetap optimal. Medical check up sendiri merupakan salah satu pemeriksaan menyeluruh pada tubuh dan kesehatan kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat mendeteksi penyakit yang dapat menyerang kesehatan kamu.

Tentu semakin cepat suatu penyakit terdeteksi tentu penanganan yang akan diberikan juga semakin cepat dan tepat. Dengan begitu, penyakit yang terdeteksi tidak akan menimbulkan komplikasi.

Meskipun tidak diwajibkan, nyatanya medical check up telah menjadi kebiasaan baru yang tentu banyak mendatangkan dampak positif bagi kesehatan. Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dengan rutin nyatanya dapat memberikan kamu usia yang lebih panjang dan kondisi tubuh yang tetap sehat.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Medical Check Up

Medical check up nyatanya memiliki banyak jenis dan beragam. Perhatikan beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan medical check up, seperti:

  1. Menginformasikan kepada dokter apabila kamu sedang melakukan beberapa perubahan pola makan atau gaya hidup.

  2. Ketika kamu sedang konsumsi beberapa obat-obatan atau suplemen, tidak ada salahnya untuk memberikan informasi ini pada dokter.

  3. Jika kamu mengalami perubahan pada tubuh kamu seperti munculnya benjolan, sebaiknya informasikan pada dokter sebelum kamu melakukan medical check up.

  4. Tidak ada salahnya untuk memberitahu dokter kondisi kamu yang sebenarnya. Jika kamu sedang merasa lelah, cemas atau depresi sebaiknya beritahu dokter sebelum pemeriksaan medical check up.

  5. Berikan waktu istirahat yang cukup untuk tubuh agar tekanan darah dalam tubuh dapat terjaga.

  6. Hindari makanan berlemak dan garam tinggi satu hari sebelum kamu melakukan medical check up.

  7. Jangan lupa konsumsi air putih yang cukup 24 jam sebelum melakukan medical check up.

Jangan lupa untuk bertanya pada tim medis yang membantu saat pemeriksaan medical check up tentang perlunya berpuasa sebelum melakukan medical check up. Tidak ada salahnya untuk meminta dampingan dari keluarga atau kerabat ketika kamu melakukan medical check up.

Baca juga: 6 Superfood untuk Tumbuh dan Kembang Anak

Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Check Up

Melakukan medical check up dapat menguras energi karena beragam pemeriksaan yang perlu dilakukan. Selain itu, berpuasa sebelum medical check up menjadi alasan kamu membutuhkan makanan yang dapat mengembalikan energi dengan cepat setelah medical check up, seperti:

1. Almond

Almond mengandung nutrisi yang cukup penting untuk kesehatan tubuh kamu seperti vitamin B dan magnesium. Energi yang banyak terkuras saat melakukan medical check up dapat dikembalikan dengan konsumsi almond.

2. Kentang

Kentang menjadi sumber karbohidrat yang perlu kamu konsumsi setelah melakukan medical check up. Tidak hanya menjadi lauk, kentang juga bisa kamu konsumsi sebagai menu utama. Kentang juga bisa kamu jadikan sebagai pengganti nasi dan dapat mengenyangkan juga memberikan energi untuk kamu.

3. Pisang

Konsumsi buah-buahan setelah melakukan medical check up, salah satunya adalah buah pisang. Buah pisang mengandung karbohidrat kompleks, protein dan magnesium yang dapat mengembalikan energi dengan cepat. Sebaiknya persiapkan buah pisang ketika kamu melakukan medical check up, ya!

Jangan ragu untuk bertanya informasi mengenai medical check up. Kamu juga bisa memilih  dan membuat janji dengan dokter di rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play, ya!

Baca juga: Agar Selalu Sehat, Karyawan Kantoran Butuh Medical Check Up