23 June 2017

7 Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil

7 Makanan Berbahaya untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta - Saat sedang hamil, ibu cenderung menginginkan beberapa jenis makanan tertentu alias “ngidam”. Namun tidak semua makanan yang dinginkan ibu itu boleh dikonsumsi, lho. Ada beberapa jenis makanan yang bisa berakibat negatif pada kandungan. Jadi, ibu perlu mempertimbangkan pengaruhnya bagi kandungan sebelum mengonsumsi makanan. Berikut ini adalah 7 makanan yang berbahaya bagi ibu hamil yang harus diwaspadai:

1.  Rainbow Cake
Warnanya yang cerah memang terlihat menarik, namun sayangnya kue lezat yang satu ini ternyata mengandung pewarna yang tidak aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Pewarna makanan membuat tampilan kue jadi lebih cerah namun tidak memengaruhi rasa. Sebenarnya, ada pewarna alami yang bisa digunakan untuk membuat kue berwarna pelangi ini, namun sayangnya warna kue jadi terlihat kurang menarik. Dan tentu saja, tidak banyak tempat yang menyediakan kue dengan pewarna alami, oleh sebab itu ibu hamil harus selektif dalam memilih jenis makanan yang satu ini.

2.  Kue Berglazur
Memang kue berglazur ini membuat lapar mata karena dekorasinya yang umumnya dibuat dari campuran gula bubuk, air jeruk, dan putih telur tidak mengalami proses pemanasan sehingga justru berbahaya untuk ibu hamil. Ini karena ada kandungan putih telur yang digunakan kemungkinan terkontaminasi mikroba salmonella. Mikroba ini dapat menyebabkan sakit perut biasa pada orang sehat. Namun apabila kondisi badan sedang tidak fit, kontaminasi mikroba ini bisa menyebabkan diare, muntah, demam, dan kejang perut. Karena glazur dibuat dari telur mentah maka risiko adanya mikroba ini jadi lebih tinggi. Selain itu, pada ibu hamil, glazur bisa menimbulkan risiko alergi dari albumin putih telur.

3.  Lava Cake
Ibu hamil disarankan untuk menghindari makanan yang tidak dimasak dengan sempurna. Lelehan lava cake berasal dari adonan yang belum matang dan adonan tersebut tentu mengandung telur. Inilah yang berbahaya apabila dikonsumsi ibu hamil. Sama seperti makanan berglazur, telur yang tidak dimasak dengan benar inilah yang berbahaya bagi ibu hamil.

4.  Takoyaki
Pada makanan asal negeri sakura ini, yang perlu diwaspadai adalah pada potongan gurita yang digunakan. Kebersihan dan kesegaran dari makanan ini bisa mempengaruhi kesehatan ibu hamil jika diolah dengan cara yang tidak benar. Makanan laut termasuk jenis makanan yang mudah rusak selain itu juga bisa menimbulkan alergi.

5.  Sate Kambing
Daging domba atau kambing dapat meningkatkan kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan. Konsumsi makanan yang satu sebenarnya diperbolehkan dalam batas tertentu. Namun cara memasaknya harus benar agar tidak menimbulkan dampak negatif. Tak hanya jenis sate kambing, namun sate yang lainnya yang dimasak dengan cara dibakar ini bisa jadi belum matang sempurna saat disajikan.

Makanan yang tidak matang sempurna dapat terkontaminasi mikroba berbahata. Selain itu, cara pengolahan dibakar dapat menimbulkan senyawa karsinogenik pada bagian daging yang gosong. Senyawa karsinogenik apabila termakan oleh ibu hamil dapat menyebar di darah dan membahayakan janin.

6. Steak Wagyu
Saat hamil, ibu harus mengontrol kadar kolesterol sehingga disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi. Daging sapi memiliki lemak jahat yang bisa memicu naiknya kolesterol dan risiko penyakit jantung. Perlu diketahui bahwa daging wagyu (American Kobe Beef) dipengaruhi oleh asupan pakan yang dikonsumsi sapi ketika diternakkan. Proses pemeliharaan sapi ini bertujuan untuk mendapatkan daging yang sempurna sehingga berbeda dengan daging sapi biasa sehingga kandungan lemak pada daging wagyu tergolong lebih tinggi.

7. Sayur dan Buah
Ibu hamil memang disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat dan vitamin yang didapat dari buah dan sayur. Namun ibu perlu berhati-hati agar tidak mengonsumsi makanan mentah karena berpotensi terkontaminasi bakteri E. coli. Bakteri ini bisa menyebar dari kotoran, liur, maupun dibawa oleh binatang seperti lalat atau tikus. Jadi makanan mentah yang tidak terjamin kebersihannya lebih berpotensi terkontaminasi bakteri. Untuk itu, sebaiknya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan hanya mengonsumsi sayuran yang matang. Untuk buah konsumsi yang sudah dicuci buah dan dikupas kulitnya.


Itulah 7 makanan berbahaya untuk ibu hamil yang perlu diwaspadai. Jaga selalu kesehatan saat mengandung dengan rutin memeriksakan kondisi ke dokter. Kini ibu dapat lebih mudah menghubungi dokter kandungan tanpa harus ke rumah sakit. Gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter spesialis kandungan pilihan secara langsung. Halodoc memungkinkan ibu untuk berkonsultasi dengan dokter melalui Video Call, Voice Call, dan Chat dimana saja, kapan saja. Download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!