6 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Trimester Awal Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
6 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Trimester Awal Kehamilan

Halodoc, Jakarta - Memang tak bisa dimungkiri kalau nutrisi yang ibu hamil asup, sangat berkaitan dengan kesehatan ibu dan Si Kecil di dalam kandungan. Lantas, makanan seperti apa sih yang perlu ibu konsumsi di trimester awal kehamilan?

Baca juga: Top 5 Gizi yang Dibutuhkan Ibu Saat Hamil

1. Asam Folat

Asam folat termasuk nutrisi penting dalam pembentukan sel otak. Suplemen prenatal (masa sebelum kelahiran) dengan asam folat, penting bagi kecerdasan Si Kecil meski dalam kandungan.

Temuan ahli dalam Journal of American Medical Association mengatakan, Ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen. Makanan yang kaya akan asam folat bisa kamu temukan pada sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan kubis.

2. Zat Besi

Selain asam folat, zat besi merupakan makanan untuk trimester awal kehamilan yang perlu ibu konsumsi. Alasannya jelas, makanan itu bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu. Jangan anggap remeh anemia, sebab kondisi ini bisa membuat ibu merasa pusing dan cepat merasa lelah.

Kandungan zat besi bermanfaat untuk mengirimkan oksigen pada anak di dalam kandungan. Ibu harus berhati-hati, sebab kekurangan zat bisa bisa berdampak negatif pada IQ anak kelak. Ini karena, zat besi merupakan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Nah, ibu bisa kok mendapatkan sumber zat besi dari makanan, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, kacang merah, bayam, daging sapi dan unggas, hingga telur dan makanan laut.

Baca juga: 4 Tanda Kurang Gizi selama Kehamilan

3. Makanan Kaya Serat

Serat memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil. Oleh sebab itu, makanan yang banyak mengandung serta menjadi salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada trimester pertama. Bagaimana dengan takarannya?

Pada masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi serat setidaknya tiga porsi dalam satu hari. Ibu bisa kok mendapatkan serat dari makanan yang dianjurkan seperti buah segar, sayuran sehat yang dimasak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain baik untuk merangsang perkembangan janin, mengonsumsi banyak serat juga bisa membantu mencegah ibu hamil mengalami konstipasi alias masalah buang air besar.

4. Protein

Protein juga termasuk makanan untuk trimester awal kehamilan yang tak boleh dilupakan. Makanan ini nyata enggak cuma bermanfaat untuk pembentukan otot saja, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.

Beberapa jenis makanan yang dikenal sebagai sumber protein adalah daging tanpa lemak, Ikan, telur, dan unggas. Ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengonsumsi jenis makanan tersebut setiap hari.

Asupan protein selama masa kehamilan dapat membantu proses pembentukan jaringan tubuh pada ibu dan bayi. Tak hanya itu, makanan yang banyak mengandung protein juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah mengalami sakit.

Baca juga: Bumil Wajib Hindari 4 Makanan Ini di Trimester Pertama

 

5. Air Kelapa atau Lemon

 

Kedua minuman ini bisa membantu ibu untuk mengatasi rasa mual yang sering muncul di awal kehamilan. Tak cuma itu, air kelapa dan lemon juga bisa mengatasi rasa lelah yang timbul selama kehamilan.

 

6. Produk Olahan Susu

 

Pada trimester awal kehamilan ibu juga dianjurkan untuk mengonsumsi produk olahan susu yang kaya kalsium. Kalsium ini sendiri baik untuk ibu dan pertumbuhan tulang janin. Ibu bisa kok mencoba susu, keju, ataupun yoghurt.

Mau tahu makanan lainnya yang mesti ibu konsumsi selama trimester awal kehamilan? Atau memiliki keluhan kehamilan? Ibu bisa kok melakukan pemeriksaan, dan langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan ibu melalui aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!