4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

Halodoc, Jakarta - Dengan semakin majunya peradaban, masalah yang muncul di dunia ini kian beragam. Salah satu isu yang banyak diperbincangkan adalah menjaga kesehatan mental yang tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental memainkan peran yang penting, bahkan kondisi mental yang tidak sehat akibat stres, depresi dan semacamnya menyebabkan seseorang mengalami gangguan jantung dan masih banyak lagi.

Stres adalah salah satu dari sekian banyak hal yang membuat kesehatan mental menurun. Mulai dari pekerjaan di kantor, biaya hidup yang terus naik, bahkan aktivitas di media sosial dapat memicu stres. Disadari atau tidak, menjaga kesehatan mental sangat penting. Mental yang sehat membuat kualitas hidupmu meningkat. Sebaliknya, jika mentalmu bermasalah maka kehidupan dapat terganggu.

Baca Juga: Ini Penjelasan Mengapa Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Mengalami Depresi

Jangan menyepelekan kesehatan mental, karena sebagian besar kasus bunuh diri disebabkan oleh mental yang terganggu. Rasa frustasi, stres, dan depresi berkepanjangan hingga hilangnya motivasi untuk menjalani hidup menjadi alasan untuk mengakhiri hidup. Cara menjaga kesehatan mental saat sedang stres dapat dilakukan dengan hal ini:

  • Bicarakan Masalah

Saat dilanda stres, banyak orang yang cenderung menutup diri dan tidak berani untuk mengatakan yang dirasakannya. Alih-alih curhat, mereka lebih memilih menahan perasaan. Alhasil, tekanan demi tekanan yang diterima membuat stres yang mereka alami semakin berat dan berkepanjangan. Coba berani untuk bicara pada orang lain atau mengungkapkan apa yang kamu rasakan karena hal itu bukanlah tindakan kriminal dan juga bukan sesuatu yang memalukan. Bicarakan dengan orang yang kamu percaya dan bisa memberikan masukan positif. Jika kamu sulit menemuinya, jangan ragu untuk menemui psikolog. Dengan begini, maka stres yang kamu rasakan dapat pulih.

  • Olahraga Rutin

Ketika seseorang mengalami stres, maka tubuhnya akan secara otomatis mengeluarkan hormon kortisol dan epineprin. Kedua hormon tersebut adalah hormon depresan yang mampu meningkatkan energi dan tekanan darah seketika saat tubuh menerima tekanan. Namun, ketika kortisol dan epineprin terus-menerus diproduksi akibat tubuh mengalami stress kronis, maka fungsi fisiologis tubuh dapat terganggu.

Sebagai respon untuk menahan tekanan yang datang, kortisol dan epineprin mempersiapkan energi lebih yang dipakai tubuh, dengan cara menaikkan gula darah dan menghentikan kerja insulin. Jika hal ini berlangsung lama, maka orang yang mengalami stress berisiko terkena diabetes melitus tipe 2, obesitas, dan penurunan sistem kekebalan tubuh. Akibat bahaya ini maka olahraga adalah hal yang bisa kamu pilih untuk dapat menurunkan stress. Hal ini terjadi karena dengan olahraga yang teratur, hormon kortisol dan epineprin turun serta meningkatkan hormon norepinefrin sebagai antidepresan.

Selain itu, rajin olahraga membuat peningkatan hormon serotonin dan endorfin, yang disebut hormon bahagia. Dengan adanya peningkatan hormon tersebut, maka hal ini dapat menjaga kesehatan mental secara keseluruhan dan membuat tubuh merasa rileks, tenang, dan bahagia. Tak perlu berolahraga ekstra keras, cukup dengan berjalan santai mengelilingi komplek rumah, bersepeda di pagi hari, atau berenang maka akan mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat.

Baca Juga: 5 Olahraga yang Efektif Redakan Stres

  • Melakukan Hal yang Menyenangkan

Saat tubuh dilanda stres, cara lain untuk menjaga kesehatan mental adalah bersenang-senang. Kamu tak perlu ragu untuk mengambil libur atau cuti selama beberapa hari dari rutinita. Coba bersenang-senang dengan cara yang kamu sukai, seperti sekadar bermalas-malas di rumah, menonton acara favorit atau melakukan hobi yang selama ini sulit kamu lakukan, seperti memasak, membaca novel, melukis, bermain video games atau membersihkan rumah. Sama seperti olahraga, melakukan kegiatan ini memicu peningkatan hormon serotonin dan endorfin yang dapat membuatmu lebih bahagia.

  • Makan Makanan Sehat

Cara lain menjaga kesehatan mental saat dilanda stres adalah konsumsi makanan mengandung mineral dan vitamin sebab keduanya memicu pelepasan neurotransmitter sehingga membuat perasaan bahagia di otak. Magnesium dikenal mampu yang melepaskan serotonin dan triptofan, sedangkan omega-3 dan vitamin B membantu memperbaiki suasana hati. Untungnya jenis nutrisi ini mudah ditemukan pada beberapa makanan yang biasa kamu makan sehari-hari sehingga kamu hanya perlu memperbanyak jumlahnya dalam asupan harian.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Depresi Makin Parah

Kalau ingin mengetahui lebih banyak cara menjaga kesehatan mental saat tengah stres, kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.