• Home
  • /
  • Pria Harus Tahu, ini Mitos dan Fakta Ejakulasi Dini

Pria Harus Tahu, ini Mitos dan Fakta Ejakulasi Dini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
pria harus tahu, ini mitos dan fakta ejakulasi dini

Halodoc, Jakarta – Kunci hubungan harmonis dengan pasangan tidak hanya sekadar komunikasi yang lancar dengan pasangan, tapi juga didapatkan dari kebahagiaan di atas ranjang. Namun, apa yang terjadi jika seorang pria sering mengalami ejakulasi dini ketika berhubungan intim?

Baca juga: Ejakulasi Dini, Masalah Kesehatan atau Emosional?

Ejakulasi dini adalah kondisi saat pria cepat merasakan puas dan mengeluarkan sperma lebih cepat ketika berhubungan intim. Kondisi ini bisa menimbulkan perasaan tidak puas pada pasangan atau pria itu sendiri. Secara umum, pria pasti pernah merasakan ejakulasi dini. Hal ini normal, ketika ejakulasi dini hanya terjadi sesekali ketika pria berhubungan intim. Jika kondisi ejakulasi dini ini terjadi terus-menerus bahkan setiap kali berhubungan intim, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Mitos dan Fakta Tentang Ejakulasi Dini

Dilansir dari Harvard Medical School, ada beberapa faktor yang yang menyebabkan pria mengalami ejakulasi dini, seperti depresi, stres, atau adanya gangguan kesehatan mental lainnya yang mengganggu emosional seseorang.

Adanya gangguan kesehatan pada tubuh juga meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ejakulasi dini, seperti adanya peradangan pada area prostat atau gangguan pada sumsum tulang belakang.

Nah, tidak ada salahnya bagi para pria mengetahui beberapa mitos dan fakta yang banyak dipercaya seputar ejakulasi dini. Tentunya, dengan mengetahui informasi yang tepat kamu bisa mengatasi masalah ejakulasi dini yang kamu alami.

  1. Penggunaan Kondom Membuat Pria Tahan Lama di Ranjang

Sebaiknya gunakan salah satu jenis alat kontrasepsi ketika kamu dan pasangan melakukan hubungan intim.  Beberapa penelitian menyebutkan penggunaan kondom saat hubungan intim meningkatkan kehidupan seks kamu dan pasangan dengan memperpanjang waktu ejakulasi.

Dilansir dari National Health Service UK, hindari penggunaan kondom yang terlalu tebal karena dapat menurunkan sensasi hubungan intim yang seharusnya kamu rasakan bersama pasangan. Sebaiknya pilihlah kondom dengan ukuran yang pas dan bahan yang tipis.

Selain itu, penggunaan kondom bermanfaat untuk mencegah penyakit menular seksual dan dinilai lebih sehat karena higienis. Dengan begitu, kegiatan hubungan intim kamu dan pasangan lebih bersih dan aman.

Baca juga: Begini Cara Atasi Ejakulasi Dini. Kamu, Wajib Tahu!

  1. Lebih Banyak Lakukan Kegiatan Seksual

Benarkah sering melakukan hubungan intim dapat mengatasi masalah ejakulasi dini? Dilansir dari Urology Care Foundation, adanya gangguan pada hubungan kamu dan pasangan meningkatkan risiko ejakulasi dini. Tidak ada salahnya untuk lebih sering melakukan hubungan intim agar kedekatan emosi kamu dan pasangan agar terjaga sehingga kamu terhindar dari ejakulasi dini.

Salah satu hal yang menyebabkan pria mengalami ejakulasi dini adalah kecemasan mengenai masalah performa di ranjang. Hal ini bisa berkurang jika seorang pria lebih banyak melakukan hubungan intim dengan pasangannya. Sehingga dia lebih mengenal bagian dari dirinya dan pasangannya.

  1. Ejakulasi Dapat Diatasi dengan Beberapa Teknik

Dilansir dari Harvard Medical School, ada beberapa gejala utama mengenai kondisi ejakulasi dini pada pria, seperti ejakulasi terjadi meskipun rangsangan yang terjadi sangat sedikit, berkurangnya sensasi hubungan intim antara kamu dan pasangan, dan juga muncul perasaan malu atau frustasi pada pasangan. Namun jangan khawatir, kamu bisa langsung bertanya pada dokter mengenai kondisi yang kamu alami. Tidak hanya itu, ejakulasi dapat kamu atasi dengan beberapa teknik yang bisa kamu lakukan di rumah.

Bagi pria yang sering mengalami ejakulasi dini, rutin olahraga dapat membuat kualitas hubungan intim kamu dan pasangan meningkat. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan seksual, salah satunya adalah senam kegel. Tidak hanya untuk wanita, senam kegel bisa dilakukan pria untuk menurunkan risiko ejakulasi dini. Senam kegel pada pria bertujuan untuk memperkuat otot dasar panggul, usus, dan kandung kemih.

  1. Ejakulasi Dini Bisa Disebabkan Masalah Kesehatan

Selain masalah psikologi, seperti rasa percaya diri, stres atau depresi, penyebab masalah ejakulasi dini bisa disebabkan adanya masalah pada kesehatan para pria. Adanya gangguan prostat dan kelenjar tiroid menjadi salah satu penyebab ejakulasi dini pada pria.

Gangguan hormon dan gangguan kesehatan yang disebabkan gaya hidup tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab seorang pria mengalami ejakulasi dini. Hindari gaya hidup kurang sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan menggunakan narkotika. Ubah gaya hidup dengan mengonsumsi makanan yang sehat bagi tubuh kamu.

Baca juga: 5 Tips Agar Tak Ejakulasi Dini Saat Berhubungan Intim

Namun, seseorang juga mengalami ejakulasi dini ketika ada riwayat keluarga yang memiliki masalah ejakulasi dini. Jika kamu mengalami masalah pada kehidupan seksual kamu, segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

 

Referensi:
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. Premature Ejaculation
Urology Care Foundation. Diakses pada 2020. What Is Premature Ejaculation?
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Ejaculation Problems
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Premature Ejaculation