05 September 2018

9 Keajaiban Manggis Madu untuk Kesehatan

manggis madu, kandungan manggis madu, manfaat manggis madu

Halodoc, Jakarta – Manggis madu memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan kulit, pengaturan berat badan dan memberikan bantuan dari diare dan disentri. Manfaat yang lain adalah penurunan risiko kanker, peradangan, alergi, dan diabetes. Nilai gizi manggis madu diketahui adalah kaya akan kandungan energi, protein dan karbohidrat. Kemudian nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga dan mangan.

Menurut USDA National Nutrient Database, manggis madu mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta vitalitas tubuh. Vitamin lainnya adalah thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, folat, asam folat, karoten, dan crypotoxanthin.

Untuk mengetahui manfaat lebih jelasnya lagi, berikut adalah keajaiban manfaat buah manggis lainnya:

  1. Antikanker

Manggis madu mengandung xanthones sebagai antikanker, antiinflamasi serta antibakteri. Senyawa xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel pada kanker usus besar serta menunjukkan potensi bisa dikembangkan sebagai agen untuk mencegah kanker atau dapat digunakan dalam kombinasi sebagai obat antikanker yang memiliki manfaat maksimal.

  1. Antiperadangan

Negara-negara di Asia Tenggara sudah sejak lama menggunakan manggis madu sebagai antiinflamasi atau peradangan di mana ekstrak manggis ternyata memiliki sifat antialergi dan antiinflamasi sehingga bisa menghambat pelepasan histamine dan prostaglandin yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh.

  1. Perawatan Kulit

Penelitian lebih lanjut mengenai manggis madu menunjukkan manfaat buah ini sebagai bahan untuk mencegah kanker kulit. Sifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur dan antioksidannya dapat membantu mengurangi risiko berbagai kondisi, seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manggis madu juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dimana manggis madu mengandung nutrisi, mineral, vitamin dan xanthone yang sangat berkhasiat untuk memaksimalkan imunitas tubuh.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan

Manggis madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang sehingga mengonsumsi manggis madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Tidak hanya buahnya, tetapi juga daun dan kulit pohon yang dicampur dengan ramuan lain sehingga bisa lebih berkhasiat.

  1. Mengobati Masalah Menstruasi

Ternyata akar manggis madu dapat membantu melancarkan siklus menstruasi wanita. Termasuk juga meringankan gejala yang sering terjadi sebelum menstruasi yang kerap menghambat para wanita untuk melakukan rutinitasnya.

  1. Melindungi Kesehatan Jantung

Manggis madu dapat membantu mengurangi risiko stroke di mana efek kardioprotektif manggis masuk ke dalam sistem pertahanan dan jaringan antioksidan serta  peroksidasi lipid selama stroke.

  1. Mengontrol Diabetes

Diabetes adalah kondisi medis yang umum di masyarakat modern. Meskipun diabetes dapat dikelola dengan mengonsumsi obat secara rutin, tetapi penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu lama bisa memberikan efek samping. Karena itu, manggis adalah salah satu obat alami yang efektif dalam mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Memasukkan buah manggis madu ke dalam menu diet bisa dapat menurunkan berat badan secara signifikan serta memberikan efek kenyang jangka panjang. Makanya sangat disarankan untuk menjadikan manggis madu sebagai camilan sehat ataupun dessert sehat.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat manggis madu untuk kesehatan ataupun informasi seputar penyakit lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: