Adakah Hubungan Karakter dengan Golongan Darah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Adakah Hubungan Karakter dengan Golongan Darah?

Halodoc, Jakarta – Membaca karakter seseorang dari golongan darah, mungkin bukan lagi menjadi hal yang asing. Misal, orang bergolongan darah A biasanya memiliki sifat tertentu, yang tidak ditemukan pada orang bergolongan darah B. Adanya pembahasan mengenai hubungan karakter dengan golongan darah ternyata bermula dari Negeri Sakura, Jepang.

Masyarakat Negeri Sakura itu percaya bahwa setiap golongan darah dapat membawa karakteristik yang berbeda-beda. Itulah sebabnya di sana ada pengaruh yang cukup signifikan antara golongan darah dengan kehidupan masyarakatnya, seperti pada pekerjaan dan percintaan. Kepercayaan akan hal ini muncul pada 1930 lalu, ketika Profesor Tokeji Furukawa merilis wacana yang menjelaskan bahwa ada kaitan antara karakter dan golongan darah.

Baca juga: Golongan Darah Bisa Tentukan Jodoh?

Benarkah Karakter Bisa Diketahui dari Golongan Darah?

Bicara soal membaca karakter berdasarkan golongan darah, kamu sudah tahu golongan darahmu atau belum, nih? Jika belum, kamu bisa download dan manfaatkan aplikasi Halodoc untuk memesan layanan pemeriksaan kesehatan yang bisa dilakukan di rumah. Selain mengetahui golongan darah, kamu juga bisa mengetahui kondisi kesehatanmu. 

Kembali ke pembahasan, benarkah karakter seseorang bisa diketahui dari golongan darahnya? Jawabannya, bisa jadi. Sebab, banyak juga penelitian yang dilakukan terhadap hal ini. Sayangnya, konsensus ilmiah dari karakter berdasarkan golongan darah ini tidak dapat dipastikan, sehingga akhirnya digolongkan sebagai pseudoscience atau ilmu semu.

Meski demikian, jika kamu termasuk yang suka membaca buku, artikel, atau info tentang analisis karakter berdasarkan golongan darah, boleh-boleh saja kok. Selain menyenangkan, membaca analisis karakter berdasarkan golongan darah juga dapat menambah wawasan dan mungkin juga bisa membantu kamu mengenali dan memperbaiki kekurangan diri.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Bedanya Golongan Darah dan Rhesus Darah

Perhatian terhadap golongan darah dan hubungannya dengan karakter dan kondisi kesehatan seseorang dilakukan oleh peneliti asal Jepang, Shoko Tsuchimine dan tiga rekannya. Melalui penelitian berjudul ABO Blood Type and Personality Traits in Healthy Japanese Subjects, yang diterbitkan dalam Jurnal Plos One, mereka berhasil mengungkapkan kaitan antara golongan darah dengan berbagai penyakit, seperti kanker, jantung, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan respons terhadap stres imun.

Dari penelitian yang dilakukan Shoko dan rekan-rekannya, terciptalah alat bernama Temperament and Character Inventory (TCI). Alat ini memiliki 7 dimensi, yang terdiri atas 4 dimensi tempramen dan 3 dimensi karakter. Dimensi temperamen meliputi Harm Avoidance (antisipasi terhadap bahaya), Persistence (kegigihan), Reward Dependence (ketergantungan terhadap penghargaan), dan Novelty Seeking (mencari hal-hal baru).

Keempat dimensi temperamen tersebut menunjukkan emosi setiap orang. Harm Avoidance berkaitan dengan perilaku individu ketika menghadapi rangsangan negatif, Persistence berkaitan dengan ketekunan, kelelahan, dan kerajinan, Reward Dependence berkaitan dengan sikap bergantung, dan Novelty Seeking berhubungan dengan aktivitas dan respon terhadap rangsangan baru.  

Baca juga: Perlu Tahu, Inilah Hubungannya Infeksi dengan Golongan Darah

Sementara itu, dimensi karakter meliputi Cooperativeness (rasa gotong royong), Self-transcendence (transendensi diri), dan Self-directedness (pengarahan pada diri sendiri). Ketiga dimensi tersebut memiliki kaitan dengan karakter seseorang, seperti misalnya Self-directedness yang mencerminkan kedewasaan dan kemandirian, Cooperativeness yang mencerminkan keterampilan sosial, dan Self-transcendence yang berkaitan dengan idealisme dan agama.

Berdasarkan hasil penelitian itu, ada hubungan yang cukup signifikan antara karakter dan golongan darah, meski penelitian ini dianggap sebagai ilmu semu. Kendati demikian, penafsiran karakter seseorang dari golongan darahnya tetap harus dilakukan secara hati-hati, karena keterkaitannya yang terbilang masih lemah.

Referensi:
Shoko Tsuchimine, et al. 2015. Diakses pada 2019. ABO Blood Type and Personality Traits in Healthy Japanese Subjects. Published on Plos One. 
BBC. Diakses pada 2019. Japan and Blood Types: Does It Determine Personality?