Adakah Komplikasi yang Disebabkan Karsinoma Nasofaring

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Adakah Komplikasi yang Disebabkan Karsinoma Nasofaring

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala yang tidak kunjung mereda dan disertai telinga yang berdenging, benjolan pada tenggorokan hingga kondisi kesehatan yang menurun, jangan sepelekan kondisi tersebut. Bisa jadi kamu mengalami gejala dari penyakit karsinoma nasofaring.

Baca juga: Inilah Fakta Seputar Kanker Tenggorokan

Penyakit karsinoma nasofaring adalah gangguan kesehatan yang termasuk dalam kategori penyakit kanker. Karsinoma nasofaring menjadi salah satu jenis kanker tenggorokan pada lapisan luar nasofaring. Ketahui penyebab dan komplikasi yang terjadi ketika kondisi ini tidak mendapatkan penanganan yang baik.

Hindari Komplikasi dengan Mengatasi Gejala yang Muncul

Penyakit karsinoma nasofaring diduga disebabkan kontaminasi virus Epstein Barr dalam sel nasofaring pengidap penyakit ini. Sel nasofaring yang terpapar virus EBV menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal.

Ketahui gejala dari penyakit karsinoma nasofaring agar kamu dapat mendapatkan penanganan sejak dini. Umumnya, pengidap karsinoma nasofaring memiliki benjolan pada tenggorokan. Tidak hanya itu, benjolan pada tenggorokan yang disertai dengan sakit tenggorokan dan kesulitan untuk membuka mulut bisa menjadi gejala lain dari penyakit karsinoma nasofaring.

Pengidap karsinoma nasofaring rentan mengalami gejala seperti sakit kepala yang disertai dengan mimisan. Tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami beberapa tanda dari penyakit karsinoma nasofaring.

Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Kanker Tenggorokan

Sebaiknya segera kunjungi rumah sakit, ketika gejala yang dialami bertambah parah dengan munculnya tanda lain seperti gangguan pada pernapasan karena hidung tersumbat dan gangguan penglihatan seperti pandangan kabur dan berbayang.

Kondisi karsinoma nasofaring yang tidak segera diatasi menyebabkan komplikasi kesehatan. Sel kanker dapat menyebar pada organ lain yang menyebabkan pengidap karsinoma nasofaring dapat mengidap jenis kanker yang lainnya.

Sel kanker dapat menyebar ke organ lain, salah satunya adalah kelenjar getah bening. Sel kanker yang menyebar pada organ lain dapat menyebabkan tanda atau gejala yang sesuai dengan organ yang terserang sel kanker.

Ketahui Pemeriksaan untuk Karsinoma Nasofaring

Ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk memastikan kondisi karsinoma nasofaring yang dialami, yaitu:

1. Pemeriksaan Fisik

Biasanya, dokter melakukan pemeriksaan fisik ketika kamu mengalami beberapa gejala karsinoma nasofaring yang terjadi pada tubuh, seperti munculnya benjolan pada area leher. Dokter akan memastikan menjadi penyebab munculnya benjolan pada leher.

2. Nasofaringoskopi

Pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter dengan bantuan alat nasofaringoskop. Alat yang memiliki kamera kecil di ujungnya dan dimasukkan melalui hidung untuk melihat kondisi nasofaring. Dokter akan memastikan kondisi nasofaring melalui gambar yang muncul pada monitor.

3. Biopsi

Dokter juga bisa melakukan pemeriksaan dengan metode biopsi. Pengambilan sampel benjolan pada nasofaring dilakukan untuk memastikan penyebab gejala yang kamu alami.

Tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan rendah garam untuk hindari potensi munculnya gangguan kesehatan pada tubuh, seperti penyakit karsinoma nasofaring. 

Baca juga: Wajib Tahu, Deretan Skrining Kesehatan untuk 13 Jenis Kanker

Hindari mengonsumsi alkohol dan kebiasaan merokok. Tidak hanya menyebabkan penyakit karsinoma nasofaring, gaya hidup tersebut juga meningkatkan risiko penyakit lain seperti gangguan jantung dan paru-paru.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Nasopharyngeal Cancer
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Nasopharyngeal Carcinoma