Adakah Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan Mata?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Adakah Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan Mata?

Halodoc, Jakarta – Bicara soal menjaga kesehatan mata tentu mengarahkan pikiran pada wortel. Padahal, ada banyak makanan yang juga bisa memberi manfaat baik bagi kesehatan mata, lho. Salah satunya adalah goji berry. Kandungan vitamin A dan beta-karoten dalam buah ini ternyata lebih tinggi dari wortel, sehingga mengonsumsinya dapat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Selama ini, goji berry memang lebih banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Namun, buah ini nyatanya dapat memberi manfaat bagi kesehatan, tak cuma mata tetapi tubuh secara keseluruhan. Selain vitamin A, goji berry juga mengandung vitamin B1, B2, C, zat besi, selenium, kalium, seng, dan tembaga.

Baca Juga: Lebih Bagus Mana Makan Buah Langsung atau Dijus

Tak hanya itu, goji berry juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang spesifik, yaitu Lycium barbarum polysaccharides. Antioksidan jenis ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga dapat tingkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lebih jelasnya, berikut berbagai manfaat yang ditawarkan goji berry bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Antioksidan dalam goji berry dapat membantu tingkatkan kekebalan tubuh, sehingga lebih mampu melawan penyakit. Hal ini karena konsumsi goji berry dapat meningkatkan limfosit dalam tubuh, yaitu komponen sel darah putih yang bertanggungjawab dalam melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

2. Turunkan Berat Badan

Kabar baik bagi kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan, karena goji berry dapat membantu turunkan berat badan dengan berbagai cara. Pertama, goji berry memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama dan bisa makan lebih sedikit. Tak tanggung-tanggung, serat dalam goji berry juga dapat mengontrol kadar gula darah dan nafsu makan, lho.

Baca juga: 9 Macam Tanda Kelainan Mata pada Anak

Hal ini karena goji berry memiliki indeks glikemik rendah, sehingga pelepasan gula ke aliran darah terjadi lebih lambat dari biasanya, setelah kamu mengonsumsi buah ini. Selain itu, efek ini juga bisa membuat kamu bisa mengontrol rasa kenyang dan nafsu makan, serta meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lebih banyak kalori dalam tubuh yang bisa terbakar.

Meski demikian, bukan berarti kamu dapat menurunkan berat badan hanya dengan banyak-banyak mengonsumsi goji berry ya. Sebab, segala sesuatu yang baik juga bisa berubah menjadi buruk jika berlebihan. Jika kamu ingin turunkan berat badan, konsumsilah goji berry dalam jumlah cukup dan imbangi dengan asupan makanan rendah lemak dan olahraga teratur.

Jika kamu membutuhkan saran ahli gizi terkait pola makan seperti apa yang perlu diterapkan untuk menurunkan berat badan, kamu bisa download aplikasi Halodoc. Di aplikasi ini, kamu bisa bertanya dengan dokter gizi lewat chat, kapan dan di mana saja. Dapatkan juga kemudahan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis lainnya, hanya di aplikasi Halodoc.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Pemeriksaan Mata Anak?

3. Mengontrol Gula Darah

Manfaat lainnya dari goji berry adalah mengontrol gula darah, dengan cara menurunkan kadarnya, mengurangi resistensi insulin, meningkatkan toleransi gula, dan memperbaiki sel yang membantu produksi insulin. Efek ini dikaitkan dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah ini. Tak hanya itu, efek meningkatkan sensitivitas insulin ini juga terjadi dengan cara meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel dan meningkatkan sekresi insulin oleh pankreas.

4. Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

Pertumbuhan sel kanker dapat dicegah dengan mengonsumsi goji berry. Ya, hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ini, yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghambat perkembangan tumor, dengan cara menurunkan kadar peradangan sitokin dalam darah. 

5. Efek Anti Penuaan

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari goji berry adalah menghambat penuaan. Itulah sebabnya buah ini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dalam produk kosmetik. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan zeaxanthin dalam goji berry, yang dapat cegah kerusakan kolagen di kulit akibat radikal bebas, sehingga dapat menunda proses penuaan. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 8 Healthy Facts About the Goji Berry.
WebMD. Diakses pada 2019. Goji Berries: Health Benefits and Side.