• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Obat Gondongan Alami untuk Anak?

Adakah Obat Gondongan Alami untuk Anak?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Ibu, sebaiknya jangan sepelekan demam pada anak yang disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala, nyeri pada perut, dan pembengkakan pada kelenjar liur. Kondisi ini bisa menjadi gejala dari gondongan yang kerap dialami oleh anak-anak. Penyakit gondongan merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh paparan virus paramyxovirus. 

Baca juga: Ini Penyebab Parotitis Alias Gondongan

Penularan virus penyebab gondongan terbilang mudah. Anak dapat tertular virus paramyxovirus melalui percikan ludah atau ingus pengidap gondongan. Penggunaan alat makan bersama dengan pengidap gondongan juga membuat penyebaran virus paramyxovirus. Ketahui gejala dan obat gondongan yang alami untuk anak yang terpapar virus penyebab gondongan.

Ketahui Penyakit Gondongan Lebih Banyak

Ibu, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih banyak tentang penyakit gondongan mengingat penyakit ini mudah menular pada anak dan mengakibatkan komplikasi kesehatan yang cukup serius. Dilansir dari National Health Service UK, gondongan pada anak dapat mengakibatkan penyakit meningitis jika virus paramyxovirus menyerang bagian otak.

Virus paramyxovirus tidak langsung terlihat ketika terpapar pada tubuh anak. Umumnya, gejala gondongan baru akan terlihat setelah dua minggu anak terpapar virus penyebab gondongan. Anak-anak yang terpapar virus gondongan memiliki gejala yang cukup khas, yaitu pembengkakan pada kelenjar air liur pada salah satu sisi wajah atau kedua sisi wajah.

Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar air liur menyebabkan nyeri dan kesulitan untuk menelan. Kondisi ini juga menyebabkan anak pengidap gondongan alami penurunan nafsu makan. Selain itu, pengidap gondongan juga mengalami demam, sakit kepala, mulut yang menjadi kering, dan kelelahan.

Tidak ada salahnya untuk segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika anak alami beberapa gejala tersebut. Penanganan yang tepat mampu mengatasi gondongan anak dan mencegah berbagai komplikasi yang terjadi. Nah, kini ibu bisa membuat janji langsung dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: 6 Cara Sederhana Mengatasi Gondongan

Gondongan Dapat Diatasi dengan Pengobatan Alami

Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala gondongan pada anak, di antaranya:

1. Air Putih

Dilansir dari Raising Children Network, sebaiknya ibu berikan banyak air putih pada anak untuk menghindari dehidrasi. Tidak ada pantangan apapun pada pengidap gondongan, air putih digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. 

2. Bawang Putih

Bawang putih menjadi obat alami yang bisa ibu berikan pada anak yang mengalami gondongan. Bawang putih memiliki kandungan allicin untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada makanan anak, seperti sup.

3. Lidah Buaya

Selain makanan, ibu dapat mengatasi gondongan pada anak dengan mengompres kelenjar air liur yang alami pembengkakan. Ibu bisa mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat atau lidah buaya. Gunakan bagian daging lidah buaya untuk membuat rasa nyeri yang dialami anak menurun.

4. Es Batu

Selain lidah buaya, ibu bisa mengompres bagian yang bengkak dengan es batu yang dibalut kain lembut. Hindari menempelkan es batu pada kulit secara langsung karena dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

Baca juga: Ini Perbedaan Antara Gondok dengan Gondongan

Penyakit gondongan nyatanya dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi MMR. Selain itu, menjaga kebersihan diri anak menjadi salah satu pencegahan yang bisa ibu lakukan. Ibu sebaiknya memberikan nutrisi dan gizi yang baik untuk anak agar imunitas anak berkembang secara optimal.

Referensi:
Stanford Children Health. Diakses pada 2020. Mumps In Children
Kids Health. Diakses pada 2020. Mumps
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Mumps
Raising Children Network. Diakses pada 2020. Mumps