15 October 2018

Ini Penyebab Parotitis Alias Gondongan

Ini Penyebab Parotitis Alias Gondongan

Halodoc, Jakarta - Parotitis atau yang lebih populer dengan sebutan ‘gondongan’, merupakan penyakit yang ditandai dengan membengkaknya pipi dan rahang. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, meski lebih sering terjadi pada anak-anak. Secara medis, gondongan dijelaskan sebagai pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis, yaitu kelenjar yang bertugas memproduksi air liur, yang terletak di bawah telinga.

Penyebab utama gondongan adalah infeksi virus paramyxovirus, pada kelenjar parotis atau kelenjar air liur, sehingga kemudian menimbulkan pembengkakan. Seperti virus flu, paramyxovirus dapat menyebar dengan mudah, melalui percikan air liur yang terbawa oleh udara ketika batuk atau bersin, benda, serta makanan dan minuman yang telah terkontaminasi dengan virus ini.

Kekebalan Tubuh Menjadi Faktor Penentu

Meski disebabkan oleh virus, gondongan sebenarnya hanya bisa terjadi pada mereka yang sedang mengalami kelemahan sistem kekebalan tubuh. Sebab, pada keadaan normal, daya tahan tubuh manusia cukup kuat untuk menangkal berbagai jenis virus penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Sebaliknya, ketika daya tahan tubuh sedang melemah, virus dan bakteri penyebab penyakit pun akan lebih rentan menyerang. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh, dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi seimbang, berolahraga teratur, dan tidur yang cukup.

Gejala yang Muncul

Gejala gondongan umumnya muncul setelah 14 hingga 25 hari terinfeksi virus. Selain terjadi pembengkakan pada kelenjar parotis, penyakit ini juga disertai dengan gejala fisik lain, seperti demam, nyeri saat mengunyah dan menelan makanan, nyeri sendi, nyeri perut, mudah lelah, hingga penurunan nafsu makan.

Pemeriksaan lebih lanjut untuk menetapkan diagnosis gondongan pun perlu dilakukan oleh dokter, untuk mendeteksi penyebab pembengkakan. Apakah terjadi karena gondongan atau penyakit lain seperti tonsillitis (radang amandel). Oleh karena itu, jika mengalami gejala-gejala tadi, memeriksakan diri ke dokter menjadi hal yang perlu segera dilakukan.

Langkah Pengobatan di Rumah

Setelah didiagnosis gondongan dan mendapat resep obat dari dokter, beberapa langkah berikut dapat dilakukan di rumah, untuk mempercepat proses pemulihan.

1. Kompres Bagian yang Bengkak dengan Air Hangat

Mengompres bagian yang bengkak menggunakan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat akan membantu mengurangi nyeri, serta melancarkan sirkulasi darah. Lakukan secara berkala, untuk membantu mempercepat pengempisan bagian yang bengkak.

2. Perbanyak Istirahat

Untuk mempercepat penyembuhan, istirahat yang cukup menjadi hal yang perlu dilakukan. Hindari juga melakukan aktivitas yang terlalu berat dan tidur terlalu malam.

3. Banyak Minum Air Putih

Baik sedang sakit maupun sehat, anjuran mengonsumsi air putih yang cukup tentu sering kita dengar, bukan? Hal ini dikarenakan mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu menetralisir racun-racun dalam tubuh. Pun ketika terserang gondongan, banyak minum air putih dapat mempercepat proses pemulihan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai gondongan. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk menggunakan fitur Contact Doctor pada aplikasi Halodoc, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan, dapat dilakukan lewat Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, kapan dan di mana saja, hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store dan Google Play Store.

Baca juga: