Agar Rambut Kuat dan Lebat, Konsumsi 4 Makanan Ini (Bagian 2)

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Agar Rambut Kuat dan Lebat, Konsumsi 4 Makanan Ini (Bagian 2)

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu bahwa untuk mendapatkan rambut yang lebat dan kuat tidak hanya berkat perawatan mahal? Para ahli kecantikan sejak dulu yakin bahwa asupan nutrisi yang seimbang juga menjadi kunci mendapatkan rambut indah

Melansir Prevention, sel-sel folikel rambut adalah bagian tubuh yang paling aktif secara metabolik dan memiliki tingkat pergantian sel tertinggi dalam tubuh. Akibat kekurangan protein, mineral, asam lemak esensial dan vitamin bisa mengakibatkan kelainan pada struktur dan produksi helai rambut, perubahan pigmentasi serta kerontokan rambut.

Jika kamu kekurangan zat gizi dasar seperti protein, zat besi, vitamin, seng, selenium, asam lemak omega 3 dan 6 serta magnesium, maka ini menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan rambut yang sehat. 

Baca juga: Lebih Sehat Mana Rambut Kering atau Berminyak?

Jenis Makanan agar Rambut Kuat dan Lebat

Ada cara yang bisa diikuti buat kamu yang ingin mendapatkan rambut kuat, lebat, dan indah. Konsumsi jenis makanan berikut ini karena mengandung nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, yaitu:

  • Greek Yogurt

Buat kamu pecinta makanan dengan cita rasa agak asam, maka kamu bisa pilih yogurt sebagai makanan untuk mendukung pertumbuhan rambut kuat dan lebat. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak gula di dalamnya. Kamu akan mendapatkan 24 gram protein dan kalsium hingga 282 mg di dalam yoghurt yang berperan dalam menjaga kesehatan rambut. Sangat disarankan juga untuk menambahkan beberapa jenis buah segar seperti berry karena mereka kaya akan vitamin C.

  • Paprika

Tahukah kamu bahwa paprika adalah sumber vitamin C yang tinggi? Sayur berwarna cerah ini mengandung vitamin C yang tinggi yang penting untuk membuat rambut sehat karena membantu dalam sintesis serat kolagen. Vitamin C di dalam paprika juga memainkan peran penting dalam penyerapan zat besi. Vitamin C umumnya bisa didapatkan dari buah lain seperti jeruk, stroberi, dan kiwi. Namun, paprika merah juga pilihan tepat karena mengandung 95 mg vitamin C per 1/2 cangkir. Selain itu, paprika merah juga mengandung vitamin A dan beberapa zat besi, seng, selenium, dan asam folat.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah

  • Ubi

Ingin mencoba camilan seperti kentang goreng, tetapi dalam kemasan yang lebih sehat? Kamu bisa mencoba menggantikannya dengan ubi dan menjadikannya sebagai hidangan penutup. Ubi dikenal memiliki nutrisi terbaik untuk rambut, berkat berlimpahnya vitamin A dan B6. Faktanya, rata-rata ubi jalar mengandung hampir enam kali lipat dari nilai vitamin A harian. Ubi juga membantu produksi sebum (minyak) dan mempercepat laju pertumbuhan rambut. Vitamin A dalam ubi juga bermanfaat bagi kesehatan mata dan memelihara fungsi kekebalan tubuh juga.

  • Daging Sapi 

Siapa bilang makanan bergizi hanya dari buah atau sayur saja? Kamu bisa mengonsumsi daging sapi merah tanpa lemak untuk membantu pertumbuhan rambut. Daging sapi yang hanya diberi makan rumput memiliki kandungan zat besi dan asam lemak omega-3, yang keduanya membantu menebalkan rambut dan menjadikannya lebih sehat dan lebih indah. Di dalam 4 ons daging sapi saja, kamu mendapatkan 23 gram protein, hampir 3 mg zat besi, dan sekitar 6 gram lemak tidak jenuh.

Baca juga: Kesalahan Umum pada Perawatan Rambut

Untuk tips perawatan rambut lainnya, kamu bisa chat dengan dokter di aplikasi Halodoc. Dokter akan memberikan tips kesehatan yang kamu butuhkan kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. Best Foods That Will Help Your Hair Grow Thicker and Stronger, According to Dermatologists.