25 June 2018

Kesalahan Umum pada Perawatan Rambut

Masalah perawatan rambut

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang, terutama kaum Hawa, mendambakan rambut yang sehat. Itu mengapa banyak orang yang melakukan perawatan rambut agar memiliki rambut yang sehat. Sayangnya, ada beberapa kesalahan perawatan rambut yang bisa membuat rambut rusak dan rontok.

Baca juga: 5 Fakta Unik tentang Rambut yang Perlu Diketahui

Berikut adalah beberapa masalah perawatan rambut yang perlu diketahui:

1. Menyisir Rambut dari Akar

Pernahkah rambut kamu rontok saat menyisir rambut? Selain karena faktor kerontokan, bisa saja ini terjadi akibat cara menyisir rambut yang salah. Untuk mencegah kerontokan rambut, sebaiknya kamu menyisir rambut dari bawah untuk merapikan ujung-ujung rambut yang kusut. Setelah itu, barulah kamu menyisir bagian tengah rambut.

2. Menarik Ikat Rambut

Mengikat rambut adalah jalan pintas untuk merapikan rambut yang berantakan. Namun, kamu tidak disarankan untuk terlalu sering mengikat rambut, apalagi menarik ikat rambut secara paksa saat mencopotnya. Ini karena kebiasaan tersebut bisa menyebabkan kerusakan rambut, seperti rambut kusut, patah, dan rontok.

3. Terlalu Sering Keramas

Keramas memang baik untuk menjaga kebersihan rambut. Tapi, bukan berarti kamu boleh melakukannya setiap hari.Idealnya, kamu disarankan untuk keramas secara rutin 2-3 kali seminggu.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah

4. Menyisir Saat Rambut Basah

Rambut yang basah lebih rentan rusak. Oleh sebab itu, kamu perlu berhati-hati saat menyisir atau mengeringkan rambut yang basah. Sebaiknya, biarkan rambut kering terlebih dulu sebelum menyisir rambut. Atau, kamu bisa menyisir rambut sebelum keramas agar tidak perlu menyisir setelah keramas.

5. Salah Mengeringkan Rambut

Ada beberapa cara untuk mengeringkan rambut. Diantaranya adalah dengan menggunakan hair dryer atau handuk kering. Sayangnya, sebagian mengeringkan rambut dengan cara yang salah. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan saat mengeringkan rambut:

  • Jangan menggunakan hair dryer saat rambut basah kuyup. Sebab di kondisi tersebut, rambut tidak bisa menyerap panas sehingga lebih sulit kering. Sebaiknya, peras rambut yang basah terlebih dulu dengan menggunakan handuk sebelum mengeringkannya dengan hair dryer.
  • Gunakan hair dryer dengan panas berukuran sedang (medium) dari bagian atas ke bawah. Jangan mengarahkan hair dryer ke segala arah, karena kebiasaan ini akan membuat rambut kusut dan sulit diatur.
  • Matikan hair dryer saat rambut mulai kering, dan sisirlah perlahan.
  • Gunakan heat protection spray (alat pelindung panas) jika kamu sering menggunakan alat catok rambut. Jangan lupa juga untuk menggunakan kondisioner tanpa bilas jika kamu sering keramas dan menggunakan hair dryer.

6. Jarang Potong Rambut

Lamanya waktu memotong rambut setiap orang berbeda-beda. Ini tergantung pada jenis rambut yang dimilikinya. Bagi wanita berambut keriting, disarankan untuk memotong rambut 1-2 kali dalam setahun. Bagi wanita berambut lurus atau ikal, disarankan untuk memotong rambut 3-4 bulan sekali. Ini dilakukan agar tiap cabang helaian rambut tidak kering dan rusak. Saat memotong rambut, kamu tidak perlu memotong rambut terlalu panjang (kecuali jika kamu menginginkannya). Cukup potong 1-2 sentimeter agar rambut terlihat lebih rapi dari biasanya.

Itulah enam kesalahan umum pada perawatan rambut. Kalau kamu punya keluhan atau pertanyaan seputar kesehatan rambut, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui Halodoc, kamu bisa bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!