• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ajak Orangtua Staycation di Hari Ibu, Perhatikan Hal Ini

Ajak Orangtua Staycation di Hari Ibu, Perhatikan Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Sudahkah kamu memiliki rencana untuk merayakan Hari Ibu tahun ini? Perayaan Hari Ibu di Indonesia berdekatan dengan liburan akhir tahun, jadi tidak ada salahnya untuk mengajak ibumu pergi berwisata untuk merayakan hari spesial ini.

Namun, bepergian akan semakin sulit seiring bertambahnya usia. Bergegas mengejar pesawat, mengambil semua tas untuk dimasukkan ke kendaraan mungkin akan lebih menantang dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dilakukan orang tua. Berjalan berjam-jam saat memiliki mobilitas terbatas juga sama menantangnya. Oleh karena itu, mungkin liburan perjalanan jauh kurang cocok untuk orangtua, jadi mungkin kamu bisa merencanakan staycation di hotel dalam kota saja. Kamu bisa mengajak ibumu menikmati layanan yang disediakan hotel seperti spa atau semacamnya. Dengan begini, ibumu tetap akan merasakan sensasi liburan karena ia merasa dimanjakan.

Baca juga: Bahagia Kunci Panjang Usia bagi Orang Tua

Tips Staycation dengan Orangtua

Jika hendak mengajak ibumu untuk staycation, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan berikut ini:

Lakukan Riset sebelum Pesan Hotel

Riset di sini tak hanya mengecek harga hotel yang paling menarik tetapi juga meriset hotel mana yang sekiranya akan membuat kamu dan ibumu nyaman menginap. Perhatikan fasilitas hotel yang disediakan, apakah mereka memiliki lift, area taman hijau untuk ibumu berjalan-jalan, restoran, spa, hingga layanan khusus lainnya. 

Perhatikan juga ulasan tamu hotel sebelumnya. Cari tahu bagaimana pelayanannya dan fasilitasnya dari pendapat orang lain. Jangan sampai Kamu memilih hotel dengan pelayanan buruk karena dapat mengubah mood orangtua.

Kamu juga perlu mencari penginapan yang homey agar mereka betah dan menikmatinya. Pasalnya, kebanyakan orang tua tidak mudah untuk beradaptasi di tempat baru. Oleh karena itu ada baiknya memilih penginapan yang tak terlalu mewah, melainkan homey supaya orangtua nyaman saat berada di penginapan.

Pilih juga hotel yang lokasinya di tempat tenang dan tidak berada di pinggir jalan yang banyak kendaraan lalu lalang. Orangtua butuh istirahat dan menikmati liburannya, jadi kamu harus pintar memilih hotel yang tidak terlalu padat dan ramai. Posisi hotel jangan terletak jalan utama, dan usahakan cari hotel yang letaknya agak jauh dari jalan utama tapi masih bisa diakses kendaraan. 

Setelah kamu tahu ke mana ingin pergi dan tanggalnya, maka segeralah lakukan reservasi. Pastikan juga kamu membicarakannya dengan ibumu dahulu sebelum memilih hotel tempat menginap.

Baca juga: Tidur Cukup Bisa Bikin Bahagia, Ini Faktanya

Ajak Menonton Film 

Jika cuaca sedang tidak ideal untuk berjalan-jalan di taman, coba buatkan festival film di hotel. Pilih tema, seperti film yang dirilis tahun kamu lahir atau tahun mereka menikah, dan siapkan daftarnya. Kamu bisa menggunakan layanan televisi internet untuk mendapatkan film yang diinginkan. Sediakan banyak popcorn, beli camilan sehat, dan persediaan minuman. Tenangkan diri di sore dan malam hari dengan menonton film bersama.

Ajak Menikmati Layanan Spa

Beberapa hotel juga pasti menyediakan layanan spa yang termasuk di dalamnya adalah layanan pijat, lulur, sauna, hingga berendam air hangat. Pilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan ibumu. Biarkan ia menikmati spa supaya stresnya hilang dan ia pun akan kembali segar. 

Baca juga: Keluarga Alami Demensia, Ini Cara Merawatnya

Sebelum mengajak ibumu staycation, sebaiknya pastikan dahulu ibumu dalam kondisi kesehatan yang baik. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk mendiskusikan dengan dokter mengenai kondisi kesehatan ibumu. 

Kamu juga bisa memanfaatkan promo spesial Hari Ibu dari Halodoc yang akan memberikanmu diskon khusus untuk wanita tangguh seperti ibumu hingga 40 persen. Kamu bisa mendapatkan diskon 25 persen atau maksimal Rp. 7.500,- untuk konsultasi dengan dokter umum, atau 40 persen atau maksimal Rp. 18.000,- untuk konsultasi dengan dokter spesialis di aplikasi Halodoc

Jangan sampai kelewatan promonya ya, karena potongan harga ini hanya berlaku pada 16 hingga 22 Desember 2020 saja. Yuk ambil smartphone-mu sekarang, dan nikmati kemudahan konsultasi kesehatan untuk ibumu tersayang hanya di Halodoc

Referensi:
Garza Blanca Resort. Diakses pada 2020. Vacation Tips for Travel with Elderly Parents.
BlueDot Cares. Diakses pada 2020. Staycations Your Senior Parent Will Love.