• Home
  • /
  • Akibat Gigitan Kutu, Justin Bieber Alami Penyakit Lyme

Akibat Gigitan Kutu, Justin Bieber Alami Penyakit Lyme

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Akibat Gigitan Kutu, Justin Bieber Alami Penyakit Lyme

Halodoc, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari penyanyi pria asal Kanada, Justin Bieber. Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya pada hari Rabu (8/1), ia mengumumkan bahwa ia mengidap penyakit Lyme. Justin berencana akan membuat serial dokumenter tentang penyakitnya ini pada waktu mendatang.

Pengumuman ini dilakukan untuk menjawab kebingungan para penggemarnya karena penampilannya berubah seperti halnya pecandu narkoba. Penyanyi yang belakangan ini juga baru saja mengeluarkan single terbarunya berjudul "Yummy" juga mengungkapkan bahwa penyakit lyme telah mempengaruhi kulit, fungsi otak, dan kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Kenali Tahapan Perkembangan Penyakit Lyme 

Menular Lewat Gigitan Kutu

Penyakit Lyme adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi. yang ditransmisikan ke manusia melalui gigitan kutu berkaki hitam atau rusa yang telah terinfeksi. Kutu biasanya terinfeksi setelah makan rusa, burung, atau tikus yang terinfeksi bakteri ini. Kutu biasanya sulit terlihat karena memiliki ukuran sebesar biji wijen. Mereka menempel pada daerah yang sulit dilihat, seperti di pangkal paha, ketiak, dan kulit kepala.  Untuk bisa terjangkit penyakit Lyme, kutu harus ada pada kulit selama setidaknya 36 jam. 

Sayangnya, banyak orang dengan penyakit Lyme tidak memiliki ingatan akan gigitan kutu. Orang-orang yang tinggal atau menghabiskan waktu di daerah berhutan rentan terserang penyakit ini. Selain itu, mereka yang membawa serta hewan peliharaan mereka mengunjungi daerah berhutan juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit Lyme.

Orang dengan penyakit Lyme bisa memiliki gejala yang berbeda dan tingkat keparahannya bisa bervariasi. Umumnya, penyakit Lyme dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap lokalisasi awal, diseminata awal, dan diseminata lanjut. Gejalanya dapat tumpang tindih, di antaranya: 

  • Kemunculan ruam yang rata dan bundar yang terlihat seperti oval merah di bagian tubuh mana saja;

  • Kelelahan;

  • Nyeri sendi dan pembengkakan;

  • Nyeri otot

  • Sakit kepala;

  • Demam;

  • Pembengkakan kelenjar getah bening;

  • Gangguan tidur;

  • Kesulitan berkonsentrasi.

Segera periksakan diri ke rumah sakit jika kamu memiliki gejala ini. Terlebih jika dalam beberapa hari terakhir kamu mengunjungi hutan atau melakukan kontak dengan hewan. Buat janji dengan dokter melalui Halodoc, dan lakukan perawatan yang dianjurkan oleh dokter sedini mungkin untuk mencegah komplikasi yang tidak diinginkan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Penyakit Lyme Lebih Sering Ditemui di Eropa dan Amerika Utara

Alami Penyakit Lyme, Justin Bieber Bukan yang Pertama

Penyakit Lyme bukan penyakit yang asing bagi kalangan selebriti Hollywood. Beberapa selebriti seperti Avril Lavigne, Bella Hadid, Anwar Hadid, Yolanda Hadid hingga Kelly Osbourne pernah berjuang melawan penyakit ini. 

Apabila gejala-gejala awal terlambat dideteksi, penyakit Lyme dapat menyebar ke seluruh tubuh, termasuk persendian, jantung dan sistem saraf. Parahnya, bisa terjadi kelumpuhan wajah dan radang sendi.

Untuk itu, penting segera mendeteksi gejala-gejala awal, karena penyakit ini dapat diobati selama beberapa pekan dengan pemberian antibiotik. Namun, mereka yang berada pada stadium lanjut memerlukan perawatan intravena dengan antibiotik.

Pencegahan penyakit Lyme juga merupakan hal penting yang harus dilakukan. Pencegahan berfokus untuk mengurangi risiko mengalami gigitan kutu. Pencegahan penyakit Lyme bisa dilakukan dengan:

  • Kenakan celana panjang dan kemeja lengan panjang saat berada di luar ruangan atau mengunjungi perkebunan, peternakan, atau hutan.

  • Rawat halaman rumah dengan membersihkan area-area berhutan, menjaga semak-semak seminimal mungkin, dan menempatkan tumpukan kayu di area-area dengan banyak sinar matahari.

  • Gunakan obat nyamuk sebelum beraktivitas di luar ruangan. Kamu juga bisa mengoleskan minyak lemon eucalyptus untuk mendapatkan efek perlindungan yang sama. 

  • Jaga kesehatan anggota keluarga dan hewan peliharaan. 

Itulah yang bisa kamu ketahui tentang penyakit Lyme yang diidap oleh Justin Bieber. Sangat penting untuk mengetahui gejala-gejala awal dari penyakit Lyme, agar penanganan bisa dilakukan dengan tepat.

Referensi:

Washington Post. Diakses pada 2020. Justin Bieber Revealed He Has Lyme Disease.
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Lyme Disease.