Alasan Ibu Hamil Dilarang Minum Susu Kefir

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
alasan-ibu-hamil-dilarang-minum-susu-kefir-halodoc

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar tentang susu kefir? Susu kefir merupakan susu fermentasi yang rasanya sangat mirip dengan yoghurt. Susu ini mulai populer lantaran diklaim dapat memberikan lebih banyak manfaat kesehatan dibanding susu biasa. Lebih menguntungkannya lagi, susu kefir bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki intoleransi laktosa. Meski demikian, ibu hamil dilarang mengonsumsi susu kefir. Yuk, simak alasannya di sini.

Kenalan dengan Susu Kefir dan Kandungannya

Susu kefir adalah susu yang terbuat terbuat dari biji-bijian kefir, yaitu kombinasi dari ragi yang difermentasi, protein susu, dan bakteri. Dari segi bentuk, susu kefir mirip dengan yoghurt karena memiliki rasa asam dan bertekstur kental dan lembut. Namun, keduanya tetaplah berbeda. Yoghurt merupakan hasil fermentasi dari bakteri pada susu, sedangkan susu kefir adalah kombinasi dari bakteri dan fermentasi ragi.

Manfaat kesehatan yang dimiliki susu kefir tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang  lengkap. Dalam secangkir susu kefir, terdapat kandungan 15 gram karbohidrat, kurang lebih 12 gram protein, 2 gram lemak, dan 130 kalori. Tidak hanya itu saja, susu kefir juga kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin D, serta berbagai mineral, seperti kalsium, fosfor, kalium dan magnesium.

Baca juga: Cegah Berbagai Penyakit dengan Konsumsi Rutin Susu Kefir

Manfaat Susu Kefir

Kandungan nutrisi yang lengkap dalam susu kefir dapat menawarkan banyak manfaat kesehatan. Kalsium dapat membantu membangun tulang yang kuat, protein juga dapat membangun otot yang kuat, serta kalium sangat penting untuk kesehatan jantung. 

Namun, manfaat kesehatan terbesar yang ditawarkan oleh susu kefir adalah dari kandungan probiotiknya. Probiotik bermanfaat untuk:

  • Meningkatkan jumlah bakteri sehat di lingkungan saluran pencernaan.

  • Mengobati atau mencegah diare.

  • Mengobati sindrom iritasi usus dan meredakan gejalanya.

  • Mengurangi atau mencegah infeksi saluran pencernaan.

  • Mencegah dan mengobati infeksi vagina.

  • Mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih.

Selain manfaat probiotiknya, sebuah studi lain juga menemukan bahwa susu kefir memiliki efek anti-inflamasi dan berperan dalam proses penyembuhan. Studi lain menemukan bahwa susu kefir mungkin bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Karena kefir aman dikonsumsi sebagai makanan, biji-bijian ini mungkin juga memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada suplemen probiotik lainnya. Kefir juga diklaim lebih padat nutrisi dibanding suplemen probiotik.

Baca juga: Minum Susu saat Hamil, Perlu Enggak sih?

Susu Kefir untuk Ibu Hamil

Meskipun susu kefir memiliki manfaat kesehatan yang besar, tetapi minuman ini juga memiliki beberapa efek samping, seperti sembelit dan kram perut. Efek samping ini biasanya terjadi ketika kamu baru pertama kali meminum kefir. Karena bisa menimbulkan efek samping berupa kram perut inilah, susu kefir sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain Itu, informasi tentang efek dan keamanan susu kefir bagi ibu hamil juga masih belum memadai.

Kandungan probiotik baik dari makanan, minuman, ataupun suplemen sebenarnya dianggap aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Namun, bagi ibu hamil yang memiliki kondisi yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh, dianjurkan untuk membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik.

Ingatlah, bahwa kadar kandungan probiotik dalam susu kefir terkadang juga tidak jelas, sehingga tidak bisa diketahui apakah kadar probiotik masih dalam batas aman bagi kesehatan ibu dan janin.

Baca juga: 7 Tips Pilih Suplemen Tambahan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil dianjurkan untuk selalu membicarakan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi makanan, minuman atau obat-obatan tertentu. Hal ini sangat penting karena menyangkut keamanan kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil juga bisa meminta saran kesehatan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong kesehatan ibu selama masa kehamilan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. What Is Kefir?
Baby Center. Diakses pada 2019. Probiotics and prebiotics in pregnancy.