Cegah Berbagai Penyakit dengan Konsumsi Rutin Susu Kefir

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Cegah Berbagai Penyakit dengan Konsumsi Rutin Susu Kefir

Halodoc, Jakarta - Susu kefir adalah sebuah minuman susu fermentasi dari biji-bijian yang dicampurkan dengan bakteri dan ragi agar terjadi hubungan simbiosis. Belakangan ini, susu fermentasi diminati oleh banyak orang karena manfaat susu kefir yang baik untuk tubuh.

Disebutkan bahwa mengonsumsi susu kefir secara rutin dapat memberikan dampak baik bagi tubuh. Beberapa dampak baik yang terjadi adalah peningkatan sistem pencernaan dan antibakteri pada tubuh. Selain itu, manfaat susu kefir lainnya adalah mencegah berbagai macam penyakit. Untuk selengkapnya, simak pembahasan berikut!

Baca juga: Kenalan dengan 4 Manfaat Susu Fermentasi

Berbagai Penyakit yang Dapat Dicegah oleh Susu Kefir

Meski sama-sama hasil fermentasi, yoghurt dan kefir merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaannya adalah yoghurt merupakan fermentasi bakteri pada susu, sedangkan kefir adalah kombinasi dari bakteri dan fermentasi ragi. Kombinasi dari bakteri dan ragi tersebut disebut juga dengan biji kefir. Rasa khas dari kefir yang asam membuat beberapa orang sangat menyukainya.

Manfaat dari susu kefir sangat berkaitan dengan kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik atau bakteri baik adalah organisme hidup yang dapat menjaga kesehatan usus kamu dan mengobati kondisi pencernaan tertentu. Selain itu, sistem kekebalan tubuh kamu juga akan meningkat setelah mengonsumsi susu ini.

Kefir yang terbuat dari susu sapi dapat diolah menjadi beberapa jenis, seperti tanpa lemak, rendah lemak, dan lemak utuh. Selain itu, banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh dengan mengonsumsi susu ini secara rutin. Berikut adalah beberapa manfaat susu kefir yang dapat kamu rasakan:

  1. Mencegah Diabetes

Manfaat susu kefir yang dapat kamu rasakan pada tubuh adalah mencegah diabetes. Disebutkan bahwa kandungan dari susu tersebut dapat mengontrol kadar gula darah pada tubuh kamu, sehingga diabetes pun dapat dicegah. Seseorang yang mengonsumsi susu kefir memiliki kadar gula lebih rendah dibandingkan orang yang mengonsumsi susu fermentasi lainnya.

Jika kamu mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai hal ini, kamu juga dapat menanyakannya pada dokter dari Halodoc. Kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu keluar dari rumah dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Ayo, download aplikasi Halodoc di smartphone kamu sekarang juga!

Baca juga: Mengandung Probiotik, Ini Manfaat Susu Kefir untuk Tubuh

  1. Mencegah Jantung Koroner

Manfaat susu kefir lainnya yang dapat kamu rasakan adalah mencegah penyakit jantung koroner. Susu ini disebutkan dapat menurunkan kadar dari kolesterol jahat secara signifikan. Hal ini umumnya terjadi pada seseorang yang meminumnya secara rutin. Susu ini juga dapat memengaruhi tubuh kamu untuk memproses kolesterol.

  1. Mengatasi Diare

Perut kamu mengandung bakteri yang baik dan jahat. Maka dari itu, kamu harus selalu menjaga keseimbangan bakteri tersebut di pencernaan. Salah satu manfaat susu kefir adalah menjaga bakteri di pencernaan tetap seimbang, sehingga kamu pun dapat terhindar dari diare. Susu ini dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh infeksi atau antibiotik.

Baca juga: Rahasia Probiotik Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Efek Samping Susu Kefir pada Tubuh

Walaupun manfaat susu kefir sangat baik baik tubuh, ternyata minuman ini juga dapat menyebabkan beberapa efek samping. Beberapa efek samping yang dapat terjadi adalah sembelit dan kram perut. Efek samping ini paling umum terjadi ketika kamu pertama kali meminum susu ini.

Anak berusia 1 hingga 5 tahun dapat mengonsumsi susu ini. Namun, untuk memastikannya, kamu harus diskusikan terlebih dahulu dengan dokter. Kamu tidak boleh memberikan susu kefir kepada anak di bawah 1 tahun, karena minuman yang sangat direkomendasikan adalah ASI.

Seseorang yang mengalami penyakit HIV-AIDS atau kondisi lainnya yang berhubungan dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh juga harus berdiskusi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi susu kefir. Pasalnya, bakteri yang terkandung dalam minuman itu dapat memperburuk kondisi di dalam tubuhnya.

Referensi:
Medical News Today.Diakses pada 2019.Seven benefits of kefir
Healthline.Diakses pada 2019.What Is Kefir?