Alasan Pengidap Gagal Ginjal Rentan Alami Serangan Jantung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Alasan Pengidap Gagal Ginjal Rentan Alami Serangan Jantung

Halodoc, Jakarta – Gagal ginjal menjadi salah satu penyakit kronis yang selalu meningkat kasusnya dari tahun ke tahun. Namun, tahukah kamu bahwa pengidap gagal ginjal berisiko mengalami serangan jantung? Mengapa bisa demikian? Simak ulasan berikut ini.

Kerja sama antara Jantung dan Ginjal

Pada dasarnya, jantung dan ginjal saling bekerja sama dalam mengatur metabolisme tubuh. Jantung bertugas memompa darah kaya oksigen menuju ke seluruh bagian tubuh, memastikan bahwa setiap organ dan sel serta jaringan tubuh tetap bisa berfungsi dengan normal.

Jantung membutuhkan bantuan pembuluh darah agar dapat bekerja dengan optimal. Jantung dan pembuluh darah bekerja dalam sistem yang disebut dengan sistem kardiovaskular. Selain mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sistem ini mengangkut zat sisa untuk dibuang ke luar tubuh.

Baca juga: Tanpa Cuci Darah, Apakah Gagal Ginjal Kronis Bisa Diobati?

Sementara itu, ginjal berfungsi untuk membuat sel darah merah, mengontrol tekanan darah, dan membuang semua zat sisa berikut air yang berlebih ke luar tubuh. Organ ini termasuk yang menerima asupan darah kaya oksigen yang berasal dari jantung. Tanpa adanya jantung, ginjal tidak mendapatkan oksigen untuk melakukan tugasnya.

Sama halnya dengan jantung, yang tanpa bantuan ginjal, organ satu ini bekerja keras, atau tidak bisa berfungsi sama sekali. Sederhananya, sistem kardiovaskular yang bisa bekerja dengan baik sangat penting untuk fungsi dari organ ginjal itu sendiri.

Inilah sebabnya jika ginjal tidak mampu berfungsi dengan baik, akan terjadi kerusakan yang bisa mengarah pada terjadinya gangguan jantung, seperti misalnya serangan jantung. Penyakit ginjal, seperti gagal ginjal, meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Diet Rendah Protein Bagi Pengidap Gagal Ginjal

Gagal Ginjal dan Penyakit Jantung

Gagal ginjal dan penyakit jantung memiliki kemiripan, yaitu disebabkan karena faktor kesehatan, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Penyakit gula terjadi karena tubuh menyimpan terlalu banyak gula yang memicu kerusakan organ dalam jangka waktu lama.

Gangguan kesehatan ini menyebabkan terjadinya luka pada pembuluh darah kecil di tubuh, tak terkecuali pembuluh darah yang ada pada ginjal. Jika terjadi, ginjal tidak mampu bekerja dengan optimal, sehingga tubuh menyimpan lebih banyak garam dan air yang memicu terjadinya gangguan ginjal.

Sementara itu, tekanan darah tinggi membuat aliran darah akan menekan dinding pembuluh darah secara terus-menerus. Kondisi ini menyebabkan jantung bekerja jauh lebih keras untuk memompa darah, yang akan memicu terjadinya kerusakan pada organ ini.

Baca juga: Hipertensi Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Kronis

Tidak hanya menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, tekanan darah tinggi menyebabkan menyempitnya pembuluh darah arteri yang berada di sekitar ginjal, mengeras, atau melemah. Kerusakan ini membuat ginjal tidak mampu mengantar darah pada jaringan dan melakukan penyaringan seperti seharusnya.

Itu tadi alasan mengapa pengidap gagal ginjal berisiko mengalami serangan jantung. Jadi, jagalah ginjal kamu sebaik mungkin, karena kerusakan organ ini berakibat fatal pada kondisi kesehatan tubuh. Tanyakan gejala aneh yang kamu alami langsung pada dokter, supaya lebih mudah gunakan aplikasi Halodoc. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc dan pilih layanan yang kamu inginkan.