31 December 2017

Alasan Seseorang Bisa Mengalami Sakit Perut Bagian Bawah

Alasan Seseorang Bisa Mengalami Sakit Perut Bagian Bawah

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami rasa sakit di bagian bawah perut seperti rasa sakit ringan, kram atau bahkan nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum?. Jika ya, kamu perlu waspada! Karena dalam ilmu medis. Rasa sakit ini bisa menyerang pria maupun wanita, namun biasanya sering dijumpai pada wanita.”

(Baca juga: Mual Setelah Makan, Kenapa?)

Sakit Perut Bagian Bawah pada Wanita

Sakit perut bagian bawah pada wanita pada umumnya berhubungan dengan organ reproduksi kaum hawa, seperti alat kelamin wanita, ovarium, rahim, serviks, atau tuba falopi. Ada kemungkinan sakit perut bagian bawah disebabkan oleh berbagai faktor berikut:

  1. Abrupsi plasenta atau gangguan lain pada plasenta saat hamil
  2. Endometriosis
  3. Fibroid
  4. Gangguan pada serviks seperti infeksi, radang, atau kanker
  5. Hamil di luar kandungan atau kehamilan ektopik
  6. Kanker rahim
  7. Keguguran
  8. Kista ovarium atau gangguan lain pada ovarium
  9. Ovulasi
  10. Penyakit radang panggul
  11. Radang saluran tuba atau salpingitis
  12. Sakit perut akibat menstruasi

Sakit Perut Bagian Bawah pada Pria dan Wanita

Untuk rasa sakit pada bagian bawah perut yang tidak berkaitan dengan organ reproduksi, biasanya ditimbulkan karena adanya infeksi pada organ non-reproduksi, seperti kandung kemih, tulang panggul, atau usus besar. Ketiga alasan itulah  baik pria maupun wanita bisa merasakan sakit perut bagian bawah perut. Berikut ini kemungkinan penyebabnya:

  1. Batu ginjal
  2. Cedera
  3. Divertikulitis
  4. Gangguan usus
  5. Infeksi ginjal
  6. Patah tulang panggul
  7. Penyakit Crohn
  8. Penyakit menular seksual seperti gonore atau sifilis
  9. Radang kandung kemih
  10. Radang usus buntu

(Baca juga: Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Kamu Tahu dan Waspadai)

Mendiagnosis Sakit Perut Bagian Bawah?

Supaya kamu bisa mendapatkan kepastian terhadap sakit perut bagian bawah yang dialami, sebaiknya kamu menanyakan kondisi diri pada dokter, khususnya bila kamu merasakan tanda sakit perut bagian bawah seperti, muntah-muntah apalagi jika disertai darah, demam, nyeri saat buang air kecil atau bahkan buang air kecil terasa panas dan mengganggu, perut terasa sakit jika disentuh, sesak napas, dan sakit perut terjadi saat hamil.

Biasanya dokter akan menanyakan riwayat kesehatan dan keluhan yang kamu alami seperti sudah berapa lama merasakan sakit pada bagian bawah perut? Seperti apa rasa sakitnya? Kapan rasa sakit sering muncul, apakah saat pagi, malam hari, sesudah makan, atau saat apakah ada gangguan saat buang air kecil atau buang air besar? Dan apakah kamu hamil? Selain itu, dokter bisa melakukan pemeriksaan penunjang, seperti USG atau pemeriksaan laboratorium. Bila sudah diketahui penyebab dari sakit perut bagian bawah yang kamu alami, maka dokter akan  memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebab yang mendasari sakit perut bagian bawah itu muncul.

Kamu bisa menanyakan perihal kondisi diri pada dokter yang ada di Halodoc. Dokter yang ada di Halodoc akan siap sedia membantu kamu mengatasi masalah kesehatan yang kamu alami. Kamu bisa menghubungi dokter ahli yang terpercaya di Halodoc dengan cara chat, voice, dan video call di fitur Contact Doctor dan membeli vitamin serta obat melalui menu Pharmacy Delivery yang hanya sampai dalam waktu 1 jam saja. Ayo download aplikasi Halodoc di App Store maupun Google Play.

(Baca juga: Sakit Perut Setelah Sarapan, Apa yang Salah?)