Alergi Natal? Coba Perhatikan 5 Pemicunya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Alergi Natal? Coba Perhatikan 5 Pemicunya

Halodoc, Jakarta - Hari Raya Natal semestinya memang menjadi momen suka cita bagi umat Kristiani. Namun dalam beberapa kondisi, perayaan Natal justru membuat beberapa orang mengalami masalah kesehatan. Keluhan ini tak datang dengan sendiri, tapi karena suasana di hari spesial tersebut. Banyak orang menyebutnya sebagai “alergi” Natal.

Nah, berikut beberapa hal penyebab “alergi” Natal yang membuat seseorang rentan mengalami masalah kesehatan.

1. Pohon Natal

Di balik pohon cemara yang indah dengan kelap-kelip lampunya, mungkin saja menjadi pemicu masalah kesehatan, khususnya masalah hidung. Menurut Marilyn Li, MD, seorang spesialis asma dan alergi dari Los Angeles County dan University of Southern California Medical Center, Amerika Serikat, pohon natal sering kali memicu masalah pada hidung. Kok bisa?

Sebelum mendekati hari Natal, banyak orang sudah menyiapkan pohon cemara dengan cara memotongnya, dan disimpan di tempat yang lembap. Nah, hal inilah yang nantinya bisa memicu pertumbuhan spora di pohon cemara tersebut. Kata ahli di atas, hanya dalam waktu dua minggu, pertumbuhan spora dalam ruangan bisa meningkat secara singnifikan.

2. Dekorasi Natal

“Alergi” Natal selanjutnya juga bisa dipicu oleh berbagai dekorasi yang akan digunakan. Mulai dari lampu, ornamen, hingga lonceng natal. Kamu yang memilih untuk menggunakan dekorasi di tahun sebelumnya, tapi perlu sedikit waspada. Ingat, selama sebelas bulan dekorasi itu tersimpan di luar perhatianmu. Mungkin saja tersimpan di tempat yang lembap, penuh debu, sehingga berpeluang untuk mengembangkan jamur.

Nah, ketika dekorasi itu dikeluarkan dari tempat penyimpanan, hal inilah yang nantinya bisa memicu masalah pernapasan. Mulai dari bersin hingga batuk.

3. Berbagai Hidangan

Berbicara Hari Natal, tentunya juga berbicara mengenai banyaknya segala hidangan istimewa di malam Natal. Nah, inilah permasalahannya. Bisa saja makan-makanan tersebut mengandung berbagai macam alergen yang bisa memicu alergi. Mulai dari susu, telur, kedelai, ikan, kerang, kacang, hingga gandum. Oleh sebab itu, bagi dirimu atau anggota keluarga bila ada yang mengidap alergi, maka cermatlah dalam memilih hidangan di malam Natal.

4. Bunga Natal

Selain cemara yang identik dengan pohon Natal, ada juga Bunga Natal yang disebut tanaman poinsettia. Tanaman meriah ini merupakan anggota dari keluarga pohon karet yang mengandung senyawa yang mirip ditemukan dalam lateks. Nah, bagi kamu yang memiliki alergi pada lateks, sebaiknya menjauhlah dari tanaman ini. Dalam sebuah penelitian, 40 persen dari individu yang memilik alergi lateks, ternyata juga alergi terhadap poinsettia.

5. Berbagai Aroma

Beberapa orang sering menggunakan lilin beraroma, pengharum ruangan dengan aroma kayu manis, ataupun aroma dari potpourri untuk membuat rumah “berbau” Natal. Nah, menurut ahli di atas, hal inilah yang nantinya dapat memicu masalah. Terlebih lagi lilin beraroma. Ingat, lilin merupakan sumber polusi udara dalam ruangan yang semakin dikenal. Hal serupa juga berlaku untuk pengharum atau penyegar udara lainnya. Barang-barang seperti ini dapat melepaskan senyawa beracun yang bisa bereaksi merugikan bagi orang yang sensitif.

Punya keluhan kesehatan? Kamu bisa lho bertanya langsung kepada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: