02 January 2018

Benarkah Alergi Makanan Bisa Mengintai Seumur Hidup?

Benarkah Alergi Makanan Bisa Mengintai Seumur Hidup?

Halodoc, Jakarta – Alergi makanan adalah kondisi yang cukup sering ditemui pada bayi. Biasanya tanda bahwa seseorang mengalami alergi adalah munculnya beberapa gejala seperti gatal, ruam hingga bintik-bintik merah. Lalu apakah sebenarnya yang dimaksud dengan alergi makanan? Benarkah kondisi ini akan mengintai seumur hidup?

Alergi adalah kondisi di mana tubuh bereaksi terhadap satu zat atau objek tertentu yang terpapar pada tubuh. Biasanya reaksi ini terjadi sebagai penanda bahwa zat tersebut mungkin berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Pada dasarnya, ada banyak kondisi dan jenis alergi, seperti alergi debu, alergi dingin, alergi makanan hingga alergi kulit.

Sementara alergi makanan adalah satu reaksi saat tubuh gagal menerima sebuah zat yang berasal dari makanan. Kegagalan itu kemudian diterjemahkan tubuh sebagai sebuah ancaman. kalau gejal alergi sudah mulai muncul, artinya perlu untuk berhenti mengonsumsinya dan menjauhkan tubuh dari makanan tersebut.

Pada si kecil, alergi makanan yang paling umum ditemui adalah alergi pada susu, telur,gandum dan kacang-kacangan. Beberapa kasus gejala alergi biasanya akan hilang dan tak lagi terjadi setelah si kecil berusia tiga tahun. Namun sebagian besar masih harus membawa alergi makanan hingga dewasa, bahkan hingga seumur hidup.  

Intinya, alergi makanan memiliki kemungkinan untuk mengintai seseorang seumur hidup. Namun frekuensi kambuh dapat dikurangi dengan cara menjaga makanan dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan gejala alergi.

Jika ibu ragu dan butuh saran dari dokter, sampaikan gejala awal alergi pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Membeli obat dan produk kesehatan juga sangat mudah di Halodoc. Yuk, download sekarang!