Anak Alami Ruam, Cegah dengan Cara Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Anak Alami Ruam, Cegah dengan Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Siapa orang tua yang tidak sedih ketika melihat sang buah hati terserang penyakit, meski hanya pilek, demam, atau ruam kulit. Pasalnya, daya tahan tubuh anak yang masih lemah membuat tubuhnya tidak cukup kuat untuk menghalau semua penyakit tersebut. Inilah mengapa penting untuk selalu menjaga kesehatan anak dengan membekalinya asupan nutrisi dan vitamin.

Ruam kulit menjadi jenis penyakit yang paling sering terjadi pada anak. Kondisi ini bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah kulit anak yang terbilang masih sensitif. Sentuhan dan penggunaan benda dengan bahan kimia tertentu bisa memicu terjadinya ruam dengan mudah. Tidak perlu lagi khawatir, cegah ruam pada anak dengan cara berikut ini:

  • Temukan Penyebab Ruam

Pertama, ibu perlu mencari tahu penyebab munculnya ruam pada anak. Mungkin, ruam yang muncul adalah dampak dari kontak dengan iritan seperti sabun, hewan, atau bahan kimia tertentu. Atau, mungkinkan ruam yang muncul adalah ruam popok? Jika iya, ibu tentu harus rutin mengganti popok anak dan mengoleskan krim pelindung setelah membersihkan area intimnya.

Baca juga: Ini Perbedaan Ruam Popok dan Alergi

  • Bersihkan Kulit Si Kecil

Ketika ibu mendapati bahwa Si Kecil mengalami ruam, segera bersihkan kulitnya. Gunakan sabun yang khusus diproduksi untuk kulit anak yang masih sensitif dan tidak terlalu banyak kandungan kimianya. Namun, hindari menggosok kulitnya. Setelah itu, ibu bisa membilas dengan menggunakan air hangat.

Setelah ibu selesai, mengeringkan kulit sang buah hati pun ada caranya. Alih-alih menggosoknya, ibu bisa melakukan gerakan menepuk perlahan dengan menggunakan handuk. Satu hal yang perlu ibu ingat, hindari menutupi area tubuh Si Kecil yang terkena ruam, karena kelembapan juga berpengaruh terhadap munculnya gangguan kulit ini.

Baca juga: Ruam Sebesar Koin di Dada dan Kulit Bercak Bersisik

  • Lakukan Pengobatan yang Tepat

Ruam di kulit anak bisa terasa gatal dan membuat Si Kecil menjadi kurang nyaman. Nah, ibu bisa menggunakan kain basah dan meletakkannya di area tubuh yang mengalami ruam untuk mengurangi rasa sakit dan gatal. Jangan lupa, potong kuku sang buah hati, karena gatal akibat ruam selalu memicu untuk menggaruk secara tidak sadar, dan ini semakin memperburuk ruam.

Jika memang ruam terjadi pada Si Kecil yang masih balita, usahakan untuk memakaikan sarung tangan ketika ia sedang terlelap. Ini bisa membantu mengurangi goresan pada kulit yang gatal karena ruam yang dilakukan ketika tidur tanpa disadari.

  • Pilih Pakaian yang Tepat

Jika ruam pada anak terjadi karena biang keringat, ibu perlu lebih memperhatikan pakaian yang ia kenakan. Sebaiknya, pilih pakaian yang nyaman dipakai, tidak memicu munculnya keringat berlebih karena bahan yang terlalu tebal atau panas, terutama ketika ia sedang banyak bergerak atau sedang tidur. Ibu boleh mengenakan selimut, tetapi pastikan itu tidak membuat tubuhnya terasa semakin panas.

Baca juga: Kenali Biang Keringat, Ruam Kulit yang Terasa Gatal di Kulit

Itu tadi beberapa cara untuk mencegah terjadinya ruam pada anak. Namun, jika ruam yang muncul telah sangat mengganggu dan cara alami tidak bisa mengatasinya, ibu perlu segera memeriksakan kondisi kesehatan sang buah hati ke dokter. Tidak perlu khawatir jika dokter langganan ibu jauh dari rumah sakit yang ibu inginkan, karena sekarang membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat dengan tempat tinggal bisa ibu lakukan di sini. Ibu pun bisa bertanya langsung pada dokter tanpa harus menunggu lama dengan download aplikasi Halodoc.