06 December 2018

Waspada, Ruam Sebesar Koin di Dada dan Kulit Bercak Bersisik

Ruam Sebesar Koin di Dada dan Kulit Bercak Bersisik

Halodoc, Jakarta – Munculnya ruam merah di permukaan kulit sering menjadi kondisi yang diabaikan begitu saja. Sebab hal ini sering dianggap wajar, muncul karena gigitan serangga dan akan hilang jika dibiarkan begitu saja.

Meski sebagian besar ruam tidak membutuhkan perawatan khusus dan bukan kondisi yang serius, tapi gejala yang ditimbulkan nyatanya bisa sangat mengganggu. Salah satu gangguan kulit yang bisa sangat mengganggu adalah pityriasis rosea. Gejala yang khas dari penyakit ini adalah munculnya ruam berwarna merah, bisa sebesar koin di beberapa bagian tubuh, termasuk di dada.

Ruam yang bisa terasa sangat gatal ini biasanya memiliki warna kemerahan atau merah muda, bersisik, dan sedikit menonjol. Pityriasis rosea bisa menimbulkan ruam yang dapat muncul dan menyebar di bagian dada, punggung, perut, leher, lengan atas, dan paha. Dalam kasus yang jarang terjadi, ruam tersebut juga bisa muncul di area wajah.

Pityriasis rosea bisa menyerang siapa saja. Namun, penyakit kulit ini lebih rentan dialami oleh orang berusia 10 hingga 35 tahun. Kendati demikian, masih belum ditemukan penyebab pasti dari kondisi ini. Penyakit ini tidak menular dan diduga muncul karena infeksi virus dari golongan herpes.

Gejala dan Cara Mengobati Ruam di Dada Akibat Pityriasis Rosea

Salah satu gejala yang khas dari kondisi ini adalah munculnya ruam merah di dada atau bagian tubuh lain. Meski begitu, ada kemungkinan penyakit ini akan memicu sejumlah gejala terlebih dahulu sebelum munculnya ruam dan rasa gatal. Gejala yang bisa muncul, di antaranya demam, nafsu makan menurun, nyeri pada tenggorokan, nyeri sendi, hingga sakit kepala.

Mulanya, ruam akan muncul di area dada, perut, punggung, ataupun leher dengan bentuk yang oval dan berwarna kemerahan. Ruam yang muncul tersebut bersisik dan sedikit menonjol serta memiliki ukuran sekitar 2—10 cm. Seiring berjalannya waktu, akan muncul ruam-ruam yang berukuran lebih kecil, tapi menyebar ke area yang lebih luas.

Ruam yang muncul karena penyakit ini cenderung menimbulkan rasa gatal. Kabar buruknya, meski tidak berbahaya, tapi bekas ruam karena penyakit ini bisa menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap dibandingkan sekitarnya. Dengan perawatan yang tepat, bekas ruam tersebut bisa hilang setelah beberapa bulan, hingga tidak meninggalkan bekas sama sekali.

Untuk mendiagnosis penyakit kulit ini, dokter biasanya akan menanyakan serta mengamati gambaran dari ruam yang muncul. Biasanya, pengamatan akan lebih efektif setelah ruam-ruam tersebut sudah menyebar. Sebab saat baru muncul, ruam-ruam tersebut cenderung menyerupai gejala penyakit kulit lain, seperti infeksi jamur atau eksim.

Jika ruam yang muncul terdeteksi benar pityriasis rosea, maka biasanya tidak dibutuhkan perawatan khusus. Sebab, pada sebagian kasus kondisi ini bisa membaik dan ruam akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 12 minggu. Biasanya, ruam karena penyakit ini diatasi dengan cara mengoleskan salep, krim, ataupun obat khusus yang diresepkan oleh dokter.

Penyakit ini jarang sekali menimbulkan komplikasi serius. Hanya saja, rasa gatal yang terjadi secara berlebihan atau bekas ruam bisa menyebabkan warna kulit berbeda secara permanen. Termasuk jika ruam sudah diobati bisa menimbulkan bekas noda di kulit.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: