31 August 2018

5 Cara Meningkatkan Minat Anak Baca Buku

meningkatkan minat anak baca buku

Halodoc, Jakarta – Si Kecil biasanya melakukan kegiatan apa sehari-hari? Selain bermain, ibu juga bisa mengajaknya untuk membaca buku, lho. Mengenalkan anak pada kegiatan ini sejak dini bisa memberi bisa memberi banyak manfaat untuknya, antara lain meningkatkan kecerdasan dan kreativitas Si Kecil, serta memperluas pengetahuannya. Dengan mengajak anak membaca buku setiap hari, lama kelamaan anak akan terbiasa dan menyukai kegiatan membaca hingga ia dewasa nanti. Kalau ibu masih bingung bagaimana caranya agar Si Kecil suka membaca, yuk intip cara-cara meningkatkan minat anak baca buku berikut ini.  

1. Beri Contoh Pada Anak

Di usianya yang masih kecil, anak suka sekali meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Nah, ibu bisa memanfaatkan hal ini untuk memberinya contoh yang baik dengan membaca koran, buku atau majalah sehari-hari agar Si Kecil juga tertarik pada kegiatan membaca.

2. Selalu Sediakan Bahan Bacaan untuk Si Kecil

Agar Si Kecil suka membaca, tentunya ibu perlu menyiapkan bahan bacaan yang menarik untuknya. Nah, ibu bisa mempertimbangkan untuk berlangganan majalah yang sesuai dengan usia Si Kecil atau membelikannya serial buku yang tidak hanya menarik tapi juga penuh dengan informasi pengetahuan yang bermanfaat untuk Si Kecil. Tempatkanlah rak atau lemari kecil untuk menyimpan buku-buku di kamar Si Kecil agar ia bisa membaca buku dengan mudah kapan saja.

3. Ajak Anak ke Toko Buku

Jangan hanya ke mal atau ke taman bermain saja untuk menghabiskan waktu di hari libur, ibu juga bisa mengajak Si Kecil pergi ke toko buku. Di toko buku, Si Kecil bisa memilih sendiri buku apa yang ingin ia baca. Selain toko buku, ibu juga bisa mengajak Si Kecil pergi ke perpustakaan umum atau perpustakaan di sekolahnya untuk meminjam buku. Jadikan toko buku atau perpustakaan sebagai tempat favorit yang rutin kalian kunjungi agar anak gemar membaca.

4. Minta Anak Menceritakan Isi Buku yang Dibaca

Setelah membaca buku, minta anak untuk menceritakan kembali buku yang telah dibacanya. Bila Si Kecil kesulitan untuk menceritakan kembali, ibu bisa membantunya dengan memberi pertanyaan 5W dan 1H tentang buku tersebut. Adapun pertanyaan 5W dan 1H terdiri dari apa, mengapa, di mana, siapa, berapa, serta bagaimana. Dengan meminta Si Kecil untuk bercerita, ibu dapat mengetahui sejauh mana Si Kecil memahami isi cerita buku yang dibacanya. Cara ini juga secara tidak langsung akan meningkatkan kecerdasan anak, dan melatih kemampuan berpikir serta mengingat.

5. Bantu Anak Berimajinasi Ketika Membaca

Ketika membaca buku, anak secara otomatis akan membuat imajinasi di dalam pikirannya dari cerita yang ia baca. Itulah mengapa membaca buku dapat meningkatkan kreativitas anak. Walaupun buku anak-anak biasanya sudah dilengkapi dengan gambar berwarna yang menarik, namun ibu bisa meningkatkan imajinasi anak menjadi lebih jelas dengan bermain peran atau dengan memberi tambahan efek suara-suara.

Misalnya, ketika anak sedang membaca buku tentang bajak laut, ibu bisa mengajak Si Kecil bermain pedang-pedangan untuk memerankan cerita tentang bajak laut yang sedang menyerang pelaut di kapal. Atau saat ibu sedang menemani Si Kecil membaca buku tentang “tiga ekor babi kecil”, ibu bisa membuat suara seperti suara babi, atau sesekali ibu bisa mengajak anak ke kebun binatang untuk melihat babi yang sesungguhnya. Cara ini bisa menambah keseruan Si Kecil saat membaca, sehingga ia akan semakin tertarik dan bersemangat membaca buku lainnya bersama ibu.

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk meningkatkan minat anak baca buku. Semoga Si Kecil jadi suka membaca ya. Untuk membicarakan kesehatan anak, gunakan saja aplikasi Halodoc. Ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: