Keterampilan yang Bisa Diajarkan pada Anak Berusia 10 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Keterampilan yang Bisa Diajarkan pada Anak Berusia 10 Tahun

Halodoc, Jakarta – Memberikan rasa kasih sayang pada anak menjadi kewajiban yang perlu dilakukan oleh orangtua. Ada banyak dampak positif yang dirasakan oleh anak ketika mendapatkan kasih sayang penuh dari orangtuanya, seperti rasa bahagia, tumbuh kembang yang optimal bahkan perkembangan otak yang baik.

Baca juga: 5 Cara Didik Anak Agar Cepat Mandiri

Namun ingat, orangtua harus memberikan kasih sayang sesuai dengan kondisi agar tidak berlebihan dan anak menjadi manja. Selain kasih sayang, orangtua wajib mengajarkan beberapa keterampilan hidup pada anak yang tentunya akan berguna untuk hidup anak kelak. Memulai mengajarkan keterampilan hidup sederhana pada anak sejak dini membantu orangtua untuk membentuk pribadi anak menjadi mandiri.

Inilah keterampilan yang dapat diajarkan pada anak ketika anak memasuki usia 10 tahun agar anak bisa menjadi anak yang lebih mandiri, yaitu:

1. Mencuci Baju

Meskipun saat ini sudah banyak jasa cuci baju, tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak mencuci baju sejak dini. Ibu sudah bisa mengajarkan anak keterampilan mencuci baju sejak anak berusia 6 tahun, apalagi jika ibu sudah menggunakan mesin cuci dengan bantuan elektronik di rumah. Kondisi ini semakin memudahkan anak untuk belajar mencuci baju.

Namun ingat, ibu jangan menekankan hasil yang optimal ketika anak masih dalam proses belajar mencuci baju, melainkan tekankan proses pencucian hingga anak dapat menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik. Jangan lupa untuk tetap dampingi anak ketika berada di dekat sumber listrik dan air.

2. Bercocok Tanam

Jangan lupa untuk mengajarkan anak untuk melakukan keterampilan bercocok tanam. Banyak manfaat yang dapat dirasakan ketika ibu mengajarkan anak keterampilan ini selain dapat meningkatkan rasa peduli anak terhadap lingkungan, bercocok tanam merupakan salah satu aktivitas fisik yang sangat baik untuk mengasah kemampuan motorik anak. Anak dengan kemampuan motorik yang baik akan lebih aktif dibandingkan anak lainnya. Kondisi ini membuat aliran darah, saluran pernapasan, dan postur tubuh anak menjadi lebih baik.

Baca juga: Jangan Melulu ke Mal, Ini 6 Cara Didik Anak Sambil Liburan

3. Membersihkan Kamar Mandi

Ibu, tidak ada salahnya untuk mengajak anak rutin membersihkan kamar mandi. Ibu bisa mengajarkan anak untuk menyikat bak mandi, membersihkan kaca atau menyikat toilet. Hal ini membuat anak lebih peka terhadap kebersihan pada dirinya atau lingkungan.

Selain itu, lingkungan yang bersih juga dapat menghindari anak dari berbagai gangguan penyakit. Jangan lupa untuk mengingatkan anak agar selalu mencuci tangan dengan benar setelah melakukan kegiatan di dalam kamar mandi. 

4. Membuat Makanan Sederhana

Sebaiknya ibu mengajak anak untuk menyiapkan menu makan yang sederhana, misalnya sandwich untuk menu sarapan keluarga. Dengan begitu, saat anak tumbuh menjadi dewasa, anak dapat memiliki keterampilan kuliner maupun memasak masakan sederhana. Ibu bisa mulai mengajarkan anak dengan mengenalkan sayuran dan buah.

5. Membuat Keputusan

Memberikan kesempatan pada anak untuk memutuskan sesuatu yang dia ingin lakukan menjadi salah satu cara yang bisa ibu lakukan agar anak belajar membuat keputusan. Tidak hanya itu, dengan membuat keputusan sesuai keinginan anak juga dapat belajar mengerti maksud dari konsekuensi.

Baca juga: Trik Menemukan Bakat dalam Diri Si Kecil

Itulah beberapa keterampilan sederhana yang bisa ibu ajarkan pada anak agar saat anak tumbuh dewasa anak dapat menjadi pribadi yang mandiri. Jangan lupa perhatikan kondisi kesehatan anak sebelum mengajarkan beberapa keterampilan sederhana. Gangguan kesehatan pada anak bisa ibu atasi dengan bertanya pada dokter secara melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2019. 10 Life Skills to Teach Your Child by Age 10
Very Well Family. Diakses pada 2019. 11 Life Skills You Should Teach Your Kids