03 August 2018

Inilah 6 Manfaat Bermain Sepak Bola Bagi Kebugaran Tubuh Anak

manfaat bermain sepak bola,sepak bola,olahraga

Halodoc, Jakarta - Bintang lapangan hijau seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi punya tubuh yang bugar berkat sepak bola dan latihan rutin yang dijalaninya. Kehebatan keduanya saat menggiring bola membuat mereka diidolakan banyak orang, termasuk anak-anak.

Sepak bola sendiri juga menjadi olahraga yang amat digemari anak-anak. Sama dengan olahraga lainnya, sepak bola pun menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan Si Kecil. Lalu, kira-ira apa sih manfaat bermain sepak bola bagi anak-anak?

1. Tubuh Semakin Bugar

Bermain sepak bola umumnya bisa dilakukan semua anak yang tak memiliki keterbatasan fisik. Namun, setidaknya ada dua kriteria penting yang perlu dimiliki, yaitu sehat dan gesit. Olahraga ini mengharuskan Si Kecil berlari ke sana-sini untuk mengejar bola di lapangan yang luas. Nah, aktivitas inilah yang bisa membangun daya tahan tubuh dan kecepatannya.

Baca juga: Bolehkah Si Kecil Bermain dengan Bertelanjang Kaki

Kata ahli, gerakan dalam sepak bola seperti menggiring dan memasukkan bola ke dalam gawang lawan dapat melatih ketangkasannya. Menariknya lagi, manfaat sepak bola bagi anak juga bisa membuat tulang dan ototnya menjadi kuat, lo. Secara keseluruhan, sepak bola juga bisa membuat tubuh anak menjadi bugar.

2. Menyehatkan Jantungnya

Kata ahli, semua anak semestinya harus aktif bergerak dan fokus pada pengembangan kebugaran menyeluruh. Nah, melansir The Health Site, olahraga seperti sepak bola yang melibatkan gerakan berlari, melompat, hingga bergerak secara aktif memiliki beragam manfaat bagi anak. Sepak bola dengan berbagai gerak tubuh di dalamnya bisa bermanfaat untuk mengurangi kerentanan seseorang terhadap penyakit jantung. Tak cuma itu, olahraga ini pun juga bisa mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

3. Menurunkan Berat Badan

Si Kecil masuk dalam kategori obesitas? Selain diet yang tepat, olahraga seperti sepak bola pun juga bisa menjadi jalan keluarnya. Enggak percaya? Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health sepak bola dapat mencegah anak dari obesitas. Pasalnya, olahraga ini bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh dengan cukup efektif.

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

4. Baik untuk Mentalnya

Cara mengatasi rasa jenuh dan stres pada anak juga bisa kok dengan bermain sepak bola. Sebab menurut studi, olahraga yang dilakukan di luar ruangan dapat membantu anak untuk mengatasi stres. Olahraga yang membutuhkan kerjasama tim ini juga bisa membantu Si Kecil untuk mendisiplinkan diri. Di samping itu, menurut ahli olahraga yang bersifat kompetitif seperti sepak bola, juga bisa membantu anak untuk mengatur emosi, sportifitas, dan menerima kekalahan.

5. Menjalin Pertemanan

Satu tim sepak bola diisi oleh 11 orang. Dengan begitu, anak diharuskan berinteraksi di dalam tim untuk menyusun strategi hingga memberi semangat satu sama lain saat menang maupun kalah. Faktanya, banyak kok persahabatan yang terjalin di antara pesepak bola profesional dengan rekan setimnya. Contohnya, seperti Marcelo Vieira da Silva dengan Cristiano Ronaldo sewaktu dirinya masih memakai jersey Real Madrid.

Baca juga: Terupdate, Ini 6 Pilihan Olahraga Anak Muda Zaman Now

6. Mengembangkan Kepribadiannya

Pada dasarnya sepak bola bukanlah olahraga yang menekankan keahlian individu, melainkan kerja sama tim secara keseluruhan. Itu sebabnya, olahraga seperti ini kurang diminati oleh anak yang gemar olahraga atletik seperti berenang atau berlari.

Namun, olahraga sepak bola punya caranya tersendiri untuk mengembangkan kepribadian anak. Olahraga ini mendorong kerja sama tim dan komunikasi antar pemain. Nah, hal inilah yang membuat anak memahami kepribadiannya dan menghubungkannya dengan kesuksesan tim, ketimbang berpikir untuk mengungguli teman setim.

Sudah tahu kan manfaat sepak bola bagi Si Kecil. Yakin, masih mau melarang dirinya untuk bermain sepak bola?

Mau tahu lebih jauh manfaat sepak bola bagi anak? Kamu bisa lo bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!