• Home
  • /
  • Anak Mulai MPASI, Pilih Tomat sebagai Camilan

Anak Mulai MPASI, Pilih Tomat sebagai Camilan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Anak Mulai MPASI, Pilih Tomat sebagai Camilan

Halodoc, Jakarta – Selama 6 bulan pertama kehidupannya, tentunya bayi hanya memerlukan ASI untuk menunjang kebutuhan nutrisi dan gizi. Setelah itu, bayi memerlukan makanan pendamping atau MPASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang selanjutnya. Pada usia 6 bulan ke atas, ASI saja tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi.

Baca juga: Ini Jenis Makanan yang Cocok untuk Awal MPASI

Ada beberapa nutrisi yang perlu ibu penuhi kebutuhannya agar proses tumbuh kembang anak berjalan dengan baik, seperti karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral. Ibu perlu memerhatikan setiap asupan makanan yang diberikan pada anak. Jangan lupa memberikan anak sayur dan buah, salah satunya tomat yang memiliki banyak manfaat untuk bayi.

Ibu, Ketahui Manfaat Tomat untuk Bayi

Meskipun anak sudah mendapatkan asupan makanan, namun sebaiknya ibu jangan hentikan pemberian ASI pada anak. Makanan yang diberikan hanya digunakan sebagai makanan pendamping. Untuk itu, ibu juga perlu memerhatikan porsi dan tekstur yang diberikan pada anak agar sesuai dengan usia anak.

Anak dengan usia 6-8 bulan memerlukan kalori tambahan sekitar 200 kkal. Usia 9-11 bulan membutuhkan tambahan 300 kkal. Sedangkan usia 12-23 bulan membutuhkan tambahan 550 kkal. Selain memberikan porsi makan utama, ibu juga dapat memberikan makanan selingan untuk MPASI anak. Beragam jenis sayur dan buah-buahan dapat ibu berikan pada anak, salah satunya adalah tomat.

Baca juga: Resep MPASI untuk Bayi Usia 6-8 Bulan

Tomat menjadi buah yang dapat dinikmati dengan beragam cara. Mulai dikonsumsi sebagai jus, diolah menjadi makanan, saus, atau dimakan langsung. Tidak hanya itu, tomat memiliki beragam manfaat yang dirasakan anak ketika ibu rutin memberikan buah tomat sebagai camilan, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Melansir dari Parenting Firstcry, tomat menjadi buah yang memiliki kandungan vitamin A cukup tinggi. Tentunya, memberikan tomat sebagai camilan menjadi pilihan yang cukup tepat agar penglihatan anak tetap terjaga dengan baik.

2. Sumber Antioksidan

Tomat juga menjadi salah satu sumber antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan bayi dari paparan radikal bebas. 

3. Menghindari Konstipasi

Melansir dari Medical News Today, mengonsumsi buah yang kaya akan air dan serat nyatanya akan membantu bayi tetap terhidrasi dan terhindar dari masalah pencernaan. Dengan begitu, bayi akan terhindar dari konstipasi. Sebaiknya ibu jangan sepelekan konstipasi yang dialami bayi. Tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Segera gunakan aplikasi Halodoc untuk penanganan konstipasi pada bayi agar kesehatan bayi tetap terjaga. 

4. Menjaga Kesehatan Fungsi Jantung

Kandungan serat, potasium, dan vitamin C yang terkandung dalam tomat dapat membantu menjaga kesehatan jantung anak.

5. Menghindari Anemia

Tomat juga memiliki kandungan folat. Kebutuhan folat yang terpenuhi dalam tubuh dapat menghindari anak dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah anemia.

Itulah manfaat yang bisa dirasakan oleh anak ketika rutin mengonsumsi tomat. Ada berbagai cara yang bisa ibu berikan agar anak dapat menikmati tomat, salah satunya membuatkan anak menu sup tomat.

Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil

Tomat menjadi salah satu nutrisi yang terbaik baik bayi maupun anak-anak. Hal yang perlu ibu perhatikan dalam memberikan asupan tomat adalah kualitas tomat dan tekstur tomat yang akan diberikan pada anak. Pastikan juga anak tidak mengalami alergi terhadap tomat. 

Referensi:
Parenting Firstcry. Diakses pada 2020. Tomatoes for Babies
Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Tomatoes