Ini 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Tomat menjadi buah yang sering digunakan sebagai penyedap atau penyegar masakan. Buah berwarna merah ini memiliki rasa yang khas, sehingga membuat masakan memiliki cita rasa yang lebih kaya dan istimewa. Tidak hanya itu, tomat juga bisa menjadi campuran es, dikonsumsi segar, atau diolah menjadi jus. Bagaimana pun cara pengolahannya, rasanya tetap istimewa. 

Selain rasanya yang lezat, tomat ternyata juga kaya manfaat. Tomat kaya akan antioksidan likopen. Pun, kandungan vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K yang membantu menjaga kesehatan tubuh dari serangan berbagai penyakit berbahaya. Buah ini memerah ketika matang, tetapi kamu bisa mendapati banyak jenisnya, seperti kuning, oranye, hijau, bahkan ungu. Lalu, apa saja manfaat tomat ini untuk kesehatan?

  • Penangkal Kanker

Tomat memiliki kandungan vitamin C dan sumber antioksidan lain yang tinggi. Adanya kandungan ini membuat tomat mampu membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang menjadi pemicu kanker. Kandungan likopennya mampu menangkal kanker prostat. Likopen ini yang memberikan warna merah pada buah tomat. 

  • Menjaga Tekanan Darah

Manfaat lain dari buah tomat adalah membantu menjaga tekanan darah. Ini tentu sangat bagus untuk pengidap hipertensi. Menjaga tekanan darah tetap sehat berarti melindungi tubuh kamu dari berbagai penyakit kardio lainnya, seperti kolesterol, jantung, hingga stroke. Tidak hanya itu, tomat juga meningkatkan asupan kalium dalam tubuh. 

Baca juga: 5 Makanan untuk Kulit Lebih Cerah

  • Mencegah Sembelit

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat seperti tomat membantu melembapkan dan mendukung pergerakan usus yang normal. Tomat sering dimanfaatkan menjadi buah pencahar, artinya melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit. Kandungan seratnya mampu mengatasi sulit buang air besar. 

  • Menjaga Kesehatan Mata

Tomat menjadi buah yang menjadi sumber likopen, lutein, dan beta karoten. Ketiganya merupakan jenis antioksidan kuat yang terbukti melindungi mata terhadap kerusakan yang disebabkan karena cahaya, risiko katarak, dan degenerasi makula terkait usia. Tidak hanya wortel, buah satu ini juga membantu menjaga kesehatan indra penglihatan. 

  • Mendukung Kesehatan Kehamilan

Asupan folat yang penting sebelum dan selama kehamilan untuk melindungi terhadap cacat saraf pada bayi. Asam folat merupakan bentuk sintetis dari folat. Senyawa ini tersedia dalam suplemen, tetapi bisa ditingkatkan dengan penerapan diet yang tepat. Meski direkomendasikan konsumsi suplemen ini pada ibu hamil, tomat menjadi pilihan sumber folat alami yang paling baik. 

Baca juga: 4 Super Food yang Dibutuhkan Pria

  • Memerangi Diabetes

Mereka yang mengidap penyakit diabetes tipe 1 yang menerapkan pola hidup sehat dan diet sehat dengan konsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah lebih rendah. The American Diabetes Association merekomendasikan bagi para pengidap diabetes untuk mengonsumsi sekitar 25 gram serat setiap harinya untuk perempuan, dan sebanyak 38 gram per hari untuk laki-laki. 

  • Perawatan Kulit

Kolagen adalah komponen penting dari kulit, rambut, kuku, dan jaringan ikat. Produksi kolagen dalam tubuh bergantung pada vitamin C. Kurangnya asupan vitamin C menyebabkan penyakit kudis. Oleh karena berperan sebagai antioksidan yang kuat, asupannya yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kerusakan akibat sinar matahari, polusi dan asap. Hal ini dapat menyebabkan keriput, kulit kendur, noda, dan efek kesehatan lain yang merugikan kulit. 

Baca juga: 7 Jenis Jus dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Nah, itu tadi beberapa manfaat tomat untuk kesehatan kamu. Jadi, banyak-banyaklah makan buah segar ini, supaya tubuh tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari serangan penyakit mematikan. Jika punya masalah terkait dengan kesehatan, kamu bisa langsung bertanya pada dokter. Tidak perlu ribet, download dan pakai saja aplikasi Halodoc. Setiap saat, dokter ahli di aplikasi Halodoc akan membantu kamu.