Ancaman Kesepian, Depresi hingga Memperpendek Usia

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ancaman Kesepian, Depresi hingga Memperpendek Usia

Halodoc, Jakarta – Ada banyak kondisi yang memengaruhi kesehatan seseorang. Tidak hanya pola makan dan gaya hidup yang dijalani, kebahagiaan yang dirasakan juga membantu untuk membuat kesehatan fisik maupun mental tetap terjaga.

Baca juga: Alasan Selalu Merasa Sendiri di Tengah Ramai

Saat seseorang merasa kesepian, maka bisa menjadi kurang bahagia. Tidak hanya itu, seseorang yang mengalami kesepian berisiko alami gangguan kesehatan seperti jantung hingga kematian. Yuk, ketahui lebih banyak dampak dari rasa sepi yang dialami jika dibiarkan terlalu lama!

Kesepian, Ancaman Kesehatan yang Tidak Terlihat

Memiliki teman yang banyak tidak membuat seseorang terhindar dari rasa kesepian yang dialaminya. Kesepian yang mengancam bukan berarti tidak mempunyai teman. Nyatanya, sepi dan kesepian merupakan hal yang berbeda. Sepi menggambarkan lingkungan yang sedikit keramaian sedangkan kesepian adalah perasaan negatif yang terjadi ketika kebutuhan sosial kamu tidak terpenuhi dengan baik.

Bahkan, terkadang seseorang membutuhkan kondisi sepi untuk bersantai atau membuat energi kembali menjadi optimal. Seseorang yang alami kesepian memengaruhi kondisi kesehatan fisik maupun mental. Perhatikan gejala yang menunjukkan tanda kamu mengalami kesepian yaitu, mengalami gangguan tidur, penurunan nafsu makan, memiliki perasaan tidak berharga, mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh, dan menurunkan sistem imunitas sehingga lebih sering mengalami sakit.

Baca juga: Kesepian Bisa Menurunkan Kesehatan, Kok Bisa?

Sebaiknya segera atasi rasa kesepian yang dialami. Jika dibiarkan dalam waktu yang cukup panjang, kesepian menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan, seperti:

1. Penyakit Kronis

Seseorang yang merasa kesepian dalam jangka waktu yang cukup panjang rentan alami penyakit kronis, seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan depresi.

2. Gangguan Tidur

Rasa kesepian yang tidak diatasi mengakibatkan gangguan tidur, salah satunya insomnia. Ada beberapa dampak yang terjadi ketika mengalami insomnia, seperti kurangnya konsentrasi, penurunan daya ingat, dan kenaikan berat badan.

3. Depresi

Kesepian dan perasaan stres sangat berkaitan. Tingkat stres yang tidak diatasi menyebabkan seseorang alami depresi. Kondisi depresi yang dibiarkan bisa menurunkan kualitas hidup seseorang, membahayakan kesehatan mental, dan bahkan mengancam nyawa.

4. Penyakit Jantung

Rasa kesepian yang tidak diatasi tidak hanya memengaruhi kesehatan mental, penyakit jantung disebabkan seseorang mengalami rasa kesepian yang berkepanjangan. Kamu juga bisa melakukan tanya jawab dengan dokter tentang dampak dari kesepian untuk kesehatan tubuh. Caranya mudah, cukup tanyakan dengan dokter ahli melalui aplikasi Halodoc.

Atasi Kesepian Agar Hidup Kamu Lebih Semangat

Sebaiknya segera atasi kesepian yang dirasakan agar hidup lebih semangat serta kesehatan fisik dan mental tetap terjaga. Hindari lari dari keadaan ketika mengalami kesepian, sebaiknya jujur pada diri kamu sendiri tentang hal yang membuat kamu merasa kesepian meskipun memiliki teman dan keluarga.

Baca juga: Tanpa Disadari, Pikiran Ini Memicu Rasa Kesepian

Setelah mengetahui menjadi penyebab rasa kesepian, lawan rasa tersebut dengan melakukan berbagai hal yang membuat kamu lebih bahagia. Ketika kamu mendiamkan perasaan kesepian yang dirasakan, otak mengirimkan sinyal untuk mendominasi perasaan dengan rasa kesepian.

Tidak ada salahnya untuk mencoba bersosialisasi dan berikan senyuman pada orang-orang yang kamu temui. Banyak tersenyum mampu menurunkan tingkat stres yang dialami serta mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Chronic Loneliness
Very Well Mind. Diakses pada 2019. The Health Consequences of Loneliness