4 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Hidup Sehat

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
4 Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Hidup Sehat

Halodoc, Jakarta - Tidak hanya momen pergantian tahun yang dijadikan sebagai ajang liburan, bagi masyarakat Indonesia libur lebaran juga merupakan momen liburan yang tepat dilakukan bersama keluarga. Pasalnya pemerintah menetapkan cuti bersama yang waktunya cukup panjang sehingga sayang jika tidak dimanfaatkan untuk sekalian liburan.

Biasanya para pemudik memanfaatkan momen libur lebaran inu dengan mengunjungi area wisata di kampung halaman mereka. Sementara itu, area wisata di dalam kota juga ramai dipadati pengunjung yang tidak pergi mudik.

Liburan merupakan salah satu kebutuhan yang penting untuk dilakukan. Liburan telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Tidak hanya mampu mengurangi stres akibat tekanan rutinitas sehari-hari, liburan sebagai bagian dari gaya hidup sehat mampu mendatangkan manfaat yang positif untuk kesehatan.  Nah, berikut ini manfaat liburan yang wajib kamu tahu:

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Liburan 2019 Paling Sehat

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Ternyata liburan juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Pasalnya, perjalanan ke tempat baru mempertemukan kamu dengan lingkungan baru dan berbagai pengalaman yang baru. Hal ini merangsang otak untuk membangun ketahanan sel yang dapat menunda kemunculan penyakit degeneratif.

Saat liburan kamu bertemu dengan orang baru, lingkungan baru, budaya baru, dan situasi yang baru yang membantu meningkatkan memori dan konsentrasi seseorang.

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Melansir Forbes, Dr. Mehmet Oz menyatakan bahwa liburan menurunkan sebanyak 32 persen angka kematian yang diakibatkan penyakit kardiovaskular pada pria. Sementara itu, kurangnya liburan dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular pada wanita.

Hal ini juga dibuktikan dengan bukti lainnya. Seperti yang dilansir The Chopra Center, terdapat informasi yang ditampung oleh Framingham Heart Study, salah satu penelitian menunjukan bahwa wanita yang liburan setiap enam tahun atau lebih jarang memiliki risiko penyakit kardiovaskular delapan kali lebih tinggi.

Manfaat ini didapatkan karena selama liburan, aktivitas fisik seseorang meningkat dan menjaga kesehatan jantung.  Jadi, sempatkanlah berlibur, setidaknya sekali dalam setahun.

Baca Juga: 4 Alasan Lebih Pilih Wisata Alam untuk Liburan

Mencegah Depresi

Tak perlu diragukan lagi manfaat liburan bagi kesehatan mental. Menjalankan rutinitas yang sama setiap hari pastinya membosankan dan mungkin membuat kamu bosan bahkan merasa tertekan. Oleh karena itu, kamu wajib meluangkan waktu untuk berlibur. Dengan berlibur, kemana pun destinasi yang kamu suka, akan membuat kamu merasa lebih bahagia, lebih tenang, dan terhindar dari depresi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meluangkan waktu untuk liburan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Ketika melakukan perjalanan, tubuh beradaptasi dengan lingkungan baru dan kemungkinan akan bertemu dengan berbagai macam bakteri baru yang dapat berbahaya bagi tubuh, dan antibodi yang kamu miliki akan siap melindungi tubuh dari patogen berbahaya tersebut.

Tubuh yang terus beradaptasi ternyata tidak membuat antibodi semakin lemah, malah sebaliknya. Antibodi dalam tubuh akan dapat semakin kuat dalam melawan berbagai patogen. Oleh karena itu, mereka yang kerap melakukan perjalanan memiliki tubuh yang tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Kurang Piknik, Pekerja Wanita Lebih Rentan Kena Stres

Itulah beberapa manfaat liburan bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk menggunakan fitur Talk to a Doctor pada aplikasi Halodoc, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan lewat Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, kapan dan di mana saja, hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Google Play.