• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Gangguan Narsistik?

Apa yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Gangguan Narsistik?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Gangguan kepribadian narsistik adalah gangguan mental yang membuat pengidapnya pengidapnya merasa kalau dirinya penting, serta membutuhkan perhatian dan kekaguman yang berlebihan dari orang lain. Namun, di balik gangguan tersebut terdapat harga diri yang rapuh dan rentan terhadap kritik sekecil apa pun.

Sejauh ini disebutkan kalau penyebab seseorang mengalami gangguan narsistik dikarenakan beberapa faktor. Mulai dari pengalaman masa kecil seperti orangtua yang terlalu memanjakan, pujian yang berlebihan, pola asuh yang tidak tepat, dan lingkungan. Informasi selengkapnya baca di sini!

Baca juga: Siapa yang Berisiko Mengalami Gangguan Paranoid?

Bukan Sekadar Pede, Ini Ciri Gangguan Narsistik

Narsisme adalah istilah yang umum digunakan untuk mendeskripsikan orang yang lebih mementingkan diri sendiri dibandingkan dengan orang lain. Penting untuk membedakan antara mereka yang memiliki ciri-ciri kepribadian narsistik dan mereka yang mengalami gangguan narsistik. Beberapa gejala yang terkait dengan gangguan narsistik adalah:

1. Perasaan berlebihan tentang kemampuan dan pencapaian diri sendiri.

2. Kebutuhan konstan akan perhatian, penegasan, dan pujian.

3. Keyakinan bahwa dirinya unik atau istimewa dan hanya boleh berasosiasi dengan orang lain yang berstatus sama.

4. Fantasi yang terus-menerus tentang mencapai kesuksesan dan kekuasaan.

5. Memanfaatkan orang lain untuk keuntungan pribadi.

6. Rasa berhak untuk mendapatkan perlakuan khusus.

7. Keasyikan dengan kekuatan atau kesuksesan.

8. Merasa iri pada orang lain, atau percaya bahwa orang lain iri padanya.

9. Kurangnya empati untuk orang lain .

Diagnosis resmi hanya dapat dilakukan oleh profesional medis. Jika orang terdekatmu mengalami ciri-ciri yang disebutkan sebelumnya, kamu bisa tanyakan langsung ke ahlinya Halodoc. Psikolog atau psikiater akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: 7 Tanda Pasangan Idap Gangguan Narsistik

Orang dengan gangguan kepribadian narsistik biasanya digambarkan sebagai orang yang sombong, sombong, egois, dan angkuh. Karena mereka membayangkan diri mereka lebih unggul dari orang lain, mereka sering bersikeras untuk memiliki barang-barang yang mencerminkan gaya hidup yang sukses.

Terlepas dari citra diri yang berlebihan ini, mereka mengandalkan pujian dan perhatian terus-menerus untuk memperkuat harga diri mereka. Akibatnya, mereka yang mengalami gangguan kepribadian narsistik biasanya sangat sensitif terhadap kritik.

Penyebab Gangguan Narsistik

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Australian Government Department of Health, gangguan kepribadian narsistik dipicu oleh faktor genetik, pengalaman anak usia dini, dan faktor psikologis.

Baca juga: Inilah Karakteristik Utama Gangguan Kontrol Impuls

Faktor risiko anak usia dini meliputi:

1. Pola asuh yang tidak sensitif.

2. Terlalu memuji dan memanjakan secara berlebihan. Maksudnya adalah ketika orangtua sangat fokus pada bakat tertentu atau penampilan fisik anak, sehingga menjadi pemicu dari masalah rasa percaya diri dan bagaimana anak menghargai nilai dirinya. 

3. Kelalaian dalam perawatan. 

4. Kritik yang berlebihan.

5. Trauma.

6. Penempatan harapan yang sangat tinggi.

Faktor lain yang mungkin termasuk:

1. Kelainan pada gen yang memengaruhi hubungan antara otak dan perilaku.

2. Menjadi terlalu sensitif.

Gangguan kepribadian narsistik memengaruhi lebih banyak pria daripada wanita. Selain itu, kondisi ini lebih sering dimulai pada usia remaja atau awal masa dewasa. Ingatlah bahwa, meskipun beberapa anak mungkin menunjukkan ciri-ciri narsisme, ini mungkin hanya tipikal dari usia mereka dan tidak berarti mereka akan mengembangkan gangguan kepribadian narsistik.

Referensi:
Health Direct.gov.au. Diakses pada 2020. Causes of narcissistic personality disorder (NPD)
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Narcissistic personality disorder
Very Well Mind. Diakses pada 2020. What Is Narcissistic Personality Disorder?