• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tanda Pasangan Idap Gangguan Kepribadian Narsistik

7 Tanda Pasangan Idap Gangguan Kepribadian Narsistik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu jika kata narsistik sebenarnya bukanlah kondisi saat orang suka sekali selfie atau memuji diri sendiri. Gangguan kepribadian ini lebih dari kedua hal tersebut. Pengidap kondisi ini cenderung tidak memiliki rasa empati, bersifat sombong, serta arogan. Saat pasangan memiliki gangguan kepribadian ini, hubungan kalian akan terasa seperti neraka.

Baca juga: Pernikahan Tidak Akur atau Cerai, Mana yang Lebih Bahaya?

Pengidap akan cenderung selalu merasa benar serta sulit untuk mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Meski lebih banyak hal-hal negatif pada gangguan kepribadian ini, tetapi pengidap juga memiliki beberapa hal positif, di antaranya ambisius, menarik, dan sukses. Lantas, bagaimana ciri pasangan narsistik? Berikut sejumlah hal mengenai pasangan dengan gangguan kepribadian narsistik!

1.Poros Dunia Seakan adalah Dirinya

Ciri pasangan narsistik yang pertama adalah semua hal selalu tentang dirinya, seolah poros dunia tertuju padanya. Topik pembicaraan apapun yang kamu bangun, akan berujung padanya, entah itu soal kegiatan, hal-hal yang disukai, atau pengalaman yang telah dilewati. Ini menjadi tandai jika dia tidak tertarik dengan segala hal tentangmu.

2.Tidak Ingin Mengetahui Hal-Hal Tentang Pasangan

Bukan hanya mendominasi obrolan, memiliki pasangan dengan gangguan kepribadian ini juga tidak akan peduli segala hal tentangmu. Dia jarang sekali memberimu ruang untuk bicara dan berkeluh kesah. Jika kamu dibiarkan mengambil alih pembicaraan, topik akan kembali pada dirinya. Sangat membosankan sekali, bukan?

3.Mengabaikan Segala Pendapatmu

Ciri pasangan narsistik selanjutnya dapat dilihat saat ia selalu mengabaikan segala pendapatmu. Entah benar atau salah, menurutnya, kebenaran adalah segala sesuatu yang terucap dari mulutnya. Sifat buruk yang satu ini akan membuat pengidapnya lihai dalam mengabaikan orang lain. Berargumen dengan manusia seperti ini akan berujung pada rasa kesal dan frustrasi. Jadi, sebaiknya hindari saja.

4.Pandai dalam Manipulasi Obrolan

Saat orang dengan kepribadian ini bertanya padamu, hal yang paling benar dan akan ia jalani adalah apapun yang keluar dari mulutnya. Jadi, percuma saja kamu menanggapinya. Dari awal pasangan tipe ini akan memegang kendali penuh. Jadi, daripada makan hati, saat kamu menemukan gejala jika dia adalah seorang narsistik, sebaiknya akhiri hubunganmu sebelum rasa cintamu semakin dalam!

Baca juga: Orangtua yang Bercerai Bisa Pengaruhi Kesehatan Jiwa Anak

5.Membuatmu Menjadi Miliknya Seorang

Pasangan dengan sifat narsistik akan menjauhkanmu dari orang-orang terdekatmu, termasuk keluarga. Mereka cenderung merasa terancam dengan orang lain yang berada di dekatmu. Jadi, jika saat berhubungan dengan seseorang kamu justru memiliki lingkup pergaulan yang sempit, bisa jadi pasanganmu adalah orang yang narsistik.

6.Memiliki Sikap dan Sifat yang Berubah-Ubah

Ciri pasangan narsistik selanjutnya akan cenderung membingungkan, karena kamu akan merasa mengenal orang yang berbeda-beda. Hal tersebut karena pengidap memiliki sifat dan sikap yang berubah-ubah, karena pengidap adalah orang yang adaptif terhadap suasana hatinya.

7.Kepercayaan Diri yang Berlebihan

Kepercayaan diri memang membawa banyak hal baik dalam hidup. Namun, harus diperhatikan juga kepercayaan diri yang bagaimana. Jika hal tersebut berlebihan hingga membuat perasaan diri melambung tinggi dan merasa yang terbaik, ini menjadi ciri pasangan narsistik selanjut.

Baca juga: Menyakitkan, 5 Hal Ini Bisa Jadi Alasan Bercerai

Jika terlalu sayang dengan pasanganmu, tetapi pasangan memiliki sejumlah ciri pasangan narsistik yang telah disebutkan, segera ajak ia bertemu dengan psikolog atau psikiater di rumah sakit terdekat, ya! Dengan langkah penanganan yang tepat, hubunganmu dengannya dapat diselamatkan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Signs You’re Dating a Narcissist — and How to Get Out.
Psychology Today. Diakses pada 2020. 10 Signs That You're in a Relationship with a Narcissist.
Divorce Magazine. Diakses pada 2020. 16 Signs You’re Married to a Narcissist | Divorce Magazine.