23 March 2018

Apa yang Sebenarnya Terjadi Pada Tubuh Ketika Panas Dalam?

Apa yang Sebenarnya Terjadi Pada Tubuh Ketika Panas Dalam?

Halodoc, Jakarta – Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah “panas dalam”. Kalau tenggorokan terasa sakit, bibir pecah-pecah, dan muncul sariawan, itu tandanya kamu mengalami panas dalam. Kebanyakan orang mengira panas dalam disebabkan karena terlalu banyak makan gorengan atau karena kecapekan dan dianggap sebagai penyakit. Namun, benarkah panas dalam itu adalah penyakit? Dan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh ketika panas dalam?

Anggapan kebanyakan orang selama ini bahwa panas dalam merupakan penyakit ternyata salah. Dalam dunia medis, tidak ada istilah panas dalam dan gangguan kesehatan ini bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Kondisi kelelahan, gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, hingga ketidakseimbangan hormon bisa ditandai oleh rasa panas di dalam tubuh.

Istilah panas dalam sendiri sebenarnya berasal dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok. Sejak zaman dulu, para tabib di Tiongkok percaya kalau suhu tubuh manusia harus selalu seimbang, yaitu antara Yin dan Yang. Kalau suhu dalam tubuh tidak seimbang, karena terlalu panas misalnya, kamu akan mengalami gejala-gejala panas dalam. Karena itu, ketika panas dalam, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi minuman penyegar yang bisa mengembalikan suhu tubuh menjadi seimbang.

Namun, nyatanya saat mengalami panas dalam, belum tentu suhu tubuh menjadi panas. Banyak orang yang mengeluhkan gejala panas dalam, ternyata memiliki suhu tubuh yang normal saat diukur menggunakan termometer. Definisi panas dalam setiap orang pun juga berbeda, karena penyebabnya memang berbeda-beda pada setiap orang. Gejala panas dalam yang dialami seseorang biasanya karena ia mengalami kondisi kesehatan tertentu. Orang yang bibirnya kering dan lemas, disebabkan karena kurangnya minum air putih. Sedangkan sembelit bisa terjadi, karena kamu kekurangan asupan serat, vitamin, dan mineral. Saat kamu sakit tenggorokan dan sariawan, itu bukan disebabkan karena panas di dalam tubuh, melainkan karena infeksi atau penyakit lainnya.

Cara Mengobati Panas Dalam

Kalau kamu merasakan gejala-gejala panas dalam dan mengobatinya dengan mengonsumsi minuman penyegar, larutan tersebut mungkin bisa mengurangi gejala yang kamu rasakan, tapi tidak menghilangkan penyakit penyebabnya. Itulah mengapa gejala panas dalam bisa timbul lagi setelah beberapa lama. Jadi, cara yang paling tepat untuk mengobati kondisi panas dalam adalah dengan menemukan penyakit yang menyebabkan gejala yang kamu alami. Kemudian, konsumsi obat sesuai dengan penyakit tersebut. Jika dalam beberapa hari gejala panas dalam tidak kunjung membaik, malah semakin parah, segera periksakan diri ke dokter.

Cara Mencegah Panas Dalam

Ada beberapa cara untuk mencegah panas dalam. Namun, cara ini tidak mutlak berlaku untuk semua orang, karena tiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda.

  • Makan Tepat Waktu

Cara ini berlaku buat kamu yang memiliki gangguan asam lambung. Sering telat makan bisa menimbulkan gangguan pada lambung atau naiknya asam lambung sampai ke dada. Kondisi ini sering salah diartikan banyak orang sebagai penyakit panas dalam.

  • Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Sering mengonsumsi makanan yang terlalu panas dan digoreng bisa menyebabkan tenggorokan terluka atau iritasi. Radang tenggorokan inilah yang sering dianggap orang sebagai panas dalam. Mengonsumsi makanan yang berminyak juga tidak baik untuk pencernaan dan tenggorokan. Jadi, sebaiknya kurangi mengonsumsi jenis makanan tersebut.

  • Banyak Minum Air Putih

Karena gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah bisa diakibatkan oleh dehidras, jadi pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairan dengan cukup minum air putih.

  • Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral, sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaanmu. Selain itu, rajin mengonsumsi sayur dan buah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, sudah tahu kan apa itu panas dalam. Sekarang kamu bisa membeli produk kesehatan atau vitamin yang bisa mencegahmu dari panas dalam di Halodoc. Enggak usah repot-repot ke apotek, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.