14 November 2018

Apakah Ada Buah yang Sebabkan Hamil Anggur?

Apakah Ada Buah yang Sebabkan Hamil Anggur?

Halodoc, Jakarta – Hamil anggur adalah kelainan kehamilan yang ditandai dengan janin yang gagal tumbuh dalam kandungan. Pada wanita yang mengalami hamil anggur, sel-sel telur dan plasenta tidak mampu berkembang dan membentuk sekumpulan kista menyerupai anggur. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perdarahan dari Miss V (terutama pada trimester pertama), mual, muntah, keluarnya kista berbentuk anggur dari Miss V dan nyeri pada tulang panggul.

Hamil anggur termasuk kelainan kehamilan yang jarang terjadi. Kondisi ini perlu segera ditangani untuk menghindari risiko komplikasi, termasuk trofoblastik gestasional. Komplikasi ini umumnya diatasi dengan kemoterapi atau operasi.

Tidak Ada Buah yang Bisa Sebabkan Hamil Anggur

Buah-buahan justru baik dikonsumsi selama hamil karena banyak mengandung nutrisi penting untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Para ahli merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi buah-buahan selama hamil, setidaknya 2 – 3 porsi per hari.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kekurangan beta karoten, suatu pigmen tumbuhan yang banyak ditemukan pada buah dan sayuran berwarna oranye atau merah (seperti wortel dan jeruk) bisa meningkatkan risiko hamil anggur. Beta karoten tersebut diubah menjadi vitamin A yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mendukung perkembangan penglihatan janin. Lantas, apa saja buah-buahan yang baik dikonsumsi selama hamil?

1. Jeruk

Konsumsi jeruk selama hamil bisa membantu tubuh tetap terhidrasi, sehingga mencegah dehidrasi. Jeruk juga mengandung banyak asam folat yang mencegah kelainan otak dan tulang belakang, yang dikenal sebagai cacat tabung saraf pada bayi. Kandungan lainnya adalah vitamin C, sejenis antioksidan yang mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi selama hamil.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin B dan C, asam folat, serta kalium. Konsumsi alpukat selama hamil dipercaya bisa mengurangi gejala morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf dan jaringan pada janin dalam kandungan. Karena kandungan lemaknya yang tinggi, konsumsi alpukat perlu dibatasi selama hamil.

3. Mangga

Mangga mengandung kalium, serta vitamin A dan C. Kalium berfungsi untuk menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh selama hamil. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sementara vitamin A berfungsi untuk membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi. Kandungan seratnya yang tinggi bisa mencegah konstipasi atau sembelit pada wanita hamil.

4. Pisang

Pisang banyak mengandung potasium, zat besi, serta vitamin B6 dan C. Sebuah studi menunjukkan bahwa vitamin B6 bisa mengurangi gejala mual dan muntah di awal kehamilan.

5. Buah Beri

Termasuk blueberry, stroberi dan raspberry. Buah beri mengandung kalium, asam folat, dan vitamin C yang baik untuk kehamilan.

Buah-buahan lain yang baik dikonsumsi selama hamil adalah kiwi, pepaya, anggur, semangka, melon, dan apel. Kamu bisa memilih buah apapun yang disukai untuk dikonsumsi selama hamil. Jika kamu punya keluhan kehamilan, segera tanya dokter Halodoc tentang penyebab dan cara penanganan yang tepat. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca Juga: