• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Benar Pasta Gigi Bisa Hilangkan Komedo?

Apakah Benar Pasta Gigi Bisa Hilangkan Komedo?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta - Hampir semua orang ingin memiliki kulit yang bersih, terawat, dan tanpa noda. Kenyataannya, hal ini tidak mudah untuk didapatkan. Salah satu hal yang cukup mengganggu penampilan dan sulit untuk dihilangkan adalah komedo. Baik itu komedo yang hitam atau putih, keduanya adalah mimpi buruk bagi mereka yang ingin tampil sempurna.

Namun, banyak orang di luar sana yang meyakini bahwa komedo bisa dihilangkan dengan mudah dengan pasta gigi. Kamu hanya perlu mengoleskannya ke area yang berkomedo dan kemudian tunggu hingga mengering dan kemudian dibersihkan. Benarkah metode sederhana ini bisa bantu hilangkan komedo? Lantas, apakah aman untuk kulit?

Baca juga: Ini Bedanya Komedo Hitam dan Komedo Putih 

Fakta Membersihkan Komedo dengan Pasta Gigi

Pada kenyataannya, pasta gigi cukup ampuh untuk mengatasi komedo yang membandel. Melansir Derm Collective, pasta gigi membantu menghilangkan komedo dengan cara pengelupasan. Pasta gigi memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa jadi andalan. Namun, cara ini tidaklah disarankan. Beberapa bahan aktif dalam pasta gigi bisa mengiritasi kulit dan efek samping lain yang merugikan. Terdapat bahan pasta gigi yang menyebabkan iritasi jika diaplikasikan ke kulit, yakni:

  • Triclosan. Senyawa ini adalah agen antibakteri dan antijamur yang kuat dengan sifat anti-inflamasi ringan. Namun, penggunaannya dalam produk perawatan kulit dianggap kontroversial.

  • Hidrogen Peroksida. Sama halnya dengan triclosan, hidrogen peroksida bersifat antibakteri. Ia mampu membunuh sel melalui proses yang disebut stres oksidatif. Sayangnya, stres oksidatif juga dapat merusak sel-sel sehat sehingga menyebabkan iritasi dan memperlambat proses penyembuhan komedo.

  • Sodium Bikarbonat. Soda bikarbonat bertindak sebagai pengelupas yang ringan. Sayangnya, natrium bikarbonat dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan yang berlebihan.

Jika ingin solusi kecantikan yang aman, kamu sebaiknya chat saja dokter spesialis kulit di aplikasi Halodoc. Kamu bisa tanyakan apa saja bahan yang efektif mampu mengatasi komedo namun tidak menyebabkan efek samping yang membahayakan. 

Baca juga: Masker Madu untuk Hilangkan Flek Hitam

Adakah Cara Aman Hilangkan Komedo?

Meskipun pasta gigi bisa dijadikan bahan pemberantas komedo, sebaiknya kamu memilih cara lain yang lebih aman. Perawatan yang lebih baik untuk atasi komedo termasuk dengan menggunakan asam alfa-hidroksi (AHA), asam beta-hidroksi (BHA) serta pembersih lembut, dan pengelupas kulit. Jangan khawatir, berikut ini cara aman membersihkan komedo dengan bahan yang ada di rumah:

  • Tepung Jagung dan Cuka. Ambil satu sendok makan tepung jagung dan campur dalam cuka sampai campuran membentuk pasta kental. Oleskan ke area yang terkena komedo dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat kemudian lanjutkan dengan air dingin atau es batu untuk menutup pori-pori. Tepung jagung menyerap kelebihan minyak, sementara cuka membantu memudarkan perubahan warna yang disebabkan oleh komedo. Untuk hasil terbaik, kamu bisa mencoba cara ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

  • Madu. Bahan ini terbukti efektif menghilangkan komedo dan bonusnya, kamu mendapatkan kulit yang lembap. Cukup oleskan madu ke wajah yang bersih dan kering, kemudian diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Karena alami dan aman, madu dapat kamu gunakan setiap hari.

  • Putih Telur dan Madu. Campuran dua bahan ini bisa dioleskan ke seluruh wajah. Biarkan di wajah sampai kulit mulai terasa kencang dan bilas masker dengan air hangat. Campuran ini tidak hanya mampu menghilangkan komedo tetapi juga akan membuat kulit tampak bercahaya.

  • Jus Lemon. Bahan ini akan menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga bisa diandalkan untuk menghilangkan komedo. Sebelum tidur, gunakan kapas untuk mengoleskan jus lemon segar untuk membersihkan kulit dan fokuskan pada area komedo. Kamu bisa membiarkannya semalaman dan membilasnya di pagi hari dengan air hangat. Ulangi ini setiap malam selama seminggu. Namun, bagi pemilik kulit kering sebaiknya tambahkan minyak zaitun ke dalam jus lemon. Selain itu, pastikan untuk menggunakan pelembap setelah membilasnya.

Itulah beberapa bahan alami untuk menghilangkan komedo. Namun, reaksi setiap kulit mungkin akan berbeda pada setiap orang. Jadi, lebih baik temukan perawatan kulit yang tepat untuk membantu menghilangkan komedo di wajah kamu.

Referensi:
Derm Collective. Diakses pada 2020. Does the Blackhead Toothpaste Remedy Really Work?
Evewoman. Diakses pada 2020. Five Natural Ways to Clear Blackheads.
Healthline. Diakses pada 2020. Can I Use Toothpaste on Pimples?