Ini Bedanya Komedo Hitam dan Komedo Putih

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini Bedanya Komedo Hitam dan Komedo Putih

Halodoc, Jakarta – Rutin mencuci muka menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kulit wajah dari berbagai gangguan kesehatan, seperti jerawat, kulit kusam maupun komedo. Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit dan umumnya menjadi jerawat jika tidak ditangani dengan baik.

Baca juga: Ini Perbedaan Antara Komedo dan Jerawat

Komedo terbentuk akibat pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak yang berlebihan pada wajah. Komedo memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Bila permukaan komedo tertutup kulit, maka jenis ini dikenal sebagai komedo putih. Sedangkan, komedo yang permukaannya tidak tertutup kulit akan berubah warna menjadi hitam atau kecoklatan akibat adanya paparan udara. Sebaiknya ketahui perbedaan komedo hitam maupun komedo putih agar dapat menentukan penanganan yang tepat.

Komedo Putih dapat Disebabkan Oleh Kebiasaan Merokok

Komedo putih, dikenal sebagai whitehead terbentuk ketika sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap pada pori-pori wajah. Siapa saja dapat mengalami kondisi komedo putih karena pola hidup dan kebiasaan sehari-hari.

Ada beberapa faktor yang memicu seseorang mengalami komedo putih, seperti pemilik kulit berminyak, terpapar bahan kimia dari kosmetik yang digunakan, pecahnya folikel rambut yang disebabkan oleh kebiasaan memencet jerawat, mencuci muka secara berlebihan, dan melakukan peeling dengan bahan kimia.

Selain itu, komedo putih lebih sering ditemukan pada orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok, loh. Jadi, tidak ada salahnya untuk menghindari kebiasaan merokok agar kesehatan kulit wajah kamu tetap terjaga. Tidak hanya komedo putih, kebiasaan merokok juga dapat membuat tanda-tanda penuaan dini pada wajah muncul lebih cepat.

Baca juga: Komedo Bandel Susah Hilang, Ini Tipsnya

Meskipun komedo putih termasuk kondisi yang cukup ringan, jika tidak diatasi dengan tepat kondisi ini dapat sebabkan komplikasi pada kesehatan kulit, seperti iritasi dan infeksi pada kulit. Iritasi dan infeksi yang terjadi memengaruhi kondisi kesehatan kulit dan memicu munculnya jaringan parut atau bintik-bintik hitam pada kulit wajah. Jika kamu ingin memeriksa kesehatan kulitmu lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter kulit melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya kapan pun dan di mana pun. Mudah, kan?

Rutin Bersihkan Wajah untuk Hindari Komedo Hitam

Komedo hitam umumnya dikenal sebagai blackhead. Umumnya, komedo hitam lebih sering muncul pada area hidung. Tidak hanya pada wajah, komedo hitam kerap muncul pada bagian tubuh lainnya, seperti bagian punggung, dada, leher, lengan, dan bahu. 

Umumnya, bagian wajah yang memiliki komedo hitam akan terasa lebih kasar jika diraba. Selain itu, pada area yang mengalami komedo hitam atau terlihat bintik-bintik hitam yang sedikit menonjol. Terkadang, komedo hitam bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. 

Penyebab komedo hitam hampir mirip dengan komedo putih, hanya saja permukaan pada komedo hitam tidak tertutup oleh kulit sehingga menyebabkan paparan udara yang membuat komedo menjadi hitam karena oksidasi. Ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan seseorang alami blackhead, seperti memiliki produksi keringat berlebih, memiliki gangguan kesehatan seperti stres, PMS atau PCOS. Tidak hanya itu, seseorang yang kurang menjaga kebersihan wajahnya rentan alami komedo hitam.

Baca juga: 6 Tips Menghilangkan Komedo dengan Mudah

Namun jangan khawatir, kedua jenis komedo dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat, seperti menjaga kebersihan wajah dan rambut, menghindari makanan tinggi gula serta lemak, dan sebaiknya hindari kebiasaan merokok. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Everything You Nedd To Know Abour Whiteheads
Healthline. Diakses pada 2019. Blackheads