18 January 2019

Masker Madu untuk Hilangkan Flek Hitam

Masker Madu untuk Hilangkan Flek Hitam

Halodoc, Jakarta - Baik wanita atau pria, tentunya selalu menginginkan tampil menarik di depan lawan jenisnya. Upayanya bisa lewat berbagai cara, contohnya dengan menjaga kebersihan wajah. Nah, berbicara wajah ini, ada beberapa masalah yang sering membuat cemas banyak orang, yaitu flek hitam.

Flek hitam (ephelis) sendiri merupakan bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk, karena peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Yang perlu diingat, flek hitam ini bisa muncul di bagian tubuh lain. Misalnya, lengan, dada, ataupun leher.

Untuk kamu yang memiliki kulit putih, rasanya perlu harap-harap cemas. Sebab, flek hitam ini akan cenderung mudah dilihat dan mudah muncul. Masalah kulit ini bisa terjadi pada tiap orang, dengan kata lain enggak memandang usia dan jenis kelamin. Untungnya, ephelis ini enggak membahayakan dan menimbulkan rasa sakit.

Baca juga:6 Cara Jitu Atasi Masalah Flek Hitam pada Wajah

Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan flek hitam ini? Banyak kok cara yang bisa dicoba. Mulai dari menggunakan krim pemutih, terapi laser, peeling, ataupun cryosurgery. Namun, ada juga cara sederhana untuk mengatasinya, contohnya dengan menggunakan masker madu. Nah, berikut penjelasannya.

1. Madu Murni

Madu murni merupakan cara menghilangkan ephelis yang mudah untuk dilakukan. Caranya pemakaiannya juga gampang kok. Pertama, cucilah wajah menggunakan air hangat, lalu oleskan madu secara merata keseluruh permukaan wajah.

Kemudian, diamkan madu kira-kira 15 menit sampai madu mengering. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih atau air dingin untuk mengecilkan pori-pori yang terbuka, karena air hangat. Terakhir, keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara yang lembut. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin tiap harinya.

Baca juga:4 Perawatan Wajah untuk Usir Flek Hitam

2. Madu dan Putih Telur

Selain madu murni, madu dan putih telur juga cukup efektif untuk menghilangkan flek hitam. Sebab, kandungan protein pada putih telur bisa membantu meregenerasi sel-sel baru. Caranya, siapkan madu murni dan putih telur, lalu campur dua sendok makan madu dan putih telur dan aduk hingga merata.

Sebelumnya, bersihkan wajah dengan air hangat. Barulah oleskan kedua bahan tersebut secara perlahan dan merata ke wajah. Agar hasilnya maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu.

3. Madu dan Jeruk Nipis

Buah yang satu ini kaya akan vitamin C yang bagus untuk menetralisir bakteri pada kulit. Sedangkan madu, bisa dimanfaatkan sebagai pelembap alami. Nah, kombinasi keduanya cukup baik digunakan untuk perawatan wajah. Madu dan jeruk nipis ini bisa mencerahkan wajah dan memudarkan serta menghilangkan flek hitam.

Cara menggunakan kedua bahan ini cukup simpel kok. Pertama, siapkan madu murni dan jeruk nipis, lalu campur dua sendok makan madu dan satu sendok makan air jeruk nipis. Aduk sampai merata kedua bahan tersebut. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada wajah menggunakan kapas secara merata.

Baca juga:Manfaat Rutin Menggunakan Masker Wajah

Biarkan hingga kurang lebih 15–20 menit. Setelah itu, barulah bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini selama tiga sampai empat kali dalam seminggu.

Mau tahu lebih jauh mengenai hal di atas? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!