06 November 2018

Apakah Operasi Radang Amandel Berbahaya?

Apakah Operasi Radang Amandel Berbahaya?

Halodoc, Jakarta - Amandel adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada bagian selaput lendir. Ketika amandel sudah dalam tahap parah, maka harus dilakukan operasi. Operasi radang amandel atau tonsilektomi meruapakan suatu tindakan bedah untuk mengambil sedikit jaringan limfoid pada mulut bagian belakang.

Saat terkena infeksi, amandel akan mengalami peradangan. Apabila sang anak disuruh membuka lebar-lebar mulutnya, akan terlihat bahwa amandelnya bengkak. Selain itu, amandel umumnya memiliki gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala, demam, batuk, cepat lelah, dan sakit pada tenggorokan, apalagi ketika menelan makanan atau pun minuman.

Untuk anak-anak, biasanya tindakan operasi diambil dengan tujuan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan yang kerap kambuh. Sebagian besar orang yang mengidap radang amandel dapat sembuh dengan sendirinya. Meski demikian, kamu disarankan untuk berdiskusi dengan dokter apabila gejalanya sudah terjadi lebih dari 4 hari dan semakin parah.

Operasi radang amandel harus dilakukan ketika tidak ada cara lain untuk menyembuhkan penyakitnya. Operasi radang amandel memang tidak berbahaya, tetapi kamu harus mengetahui efek samping yang mungkin terjadi setelah operasi dilakukan. Efek samping yang mungkin diterima oleh tiap orang akan berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuh dan metabolisme tiap orang.

Efek Samping Operasi Radang Amandel

Berikut adalah efek samping dari operasi radang amandel:

  1. Terjadi Perdarahan

Salah satu efek dari operasi radang amandel yaitu terjadi perdarahan di tenggorokan. Kondisi ini memang tidak umum terjadi, tetapi bukan tidak mungkin. Hal itu dapat terjadi karena pada operasi ada bagian yang harus dibedah dan jika tidak dijaga dengan baik, dapat menyebabkan pendarahan. Disarankan setelah operasi radang amandel, rawatlah bagian mulut terutama tenggorokan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Bagian Tenggorokan Menyebabkan Rasa Sakit

Tenggorokan terasa sakit juga salah satu efek dari operasi radang amandel. Selain itu, amandel adalah salah satu bagian yang berhubungan erat dengan tenggorokan. Sehingga, ketika seseorang telah melewati operasi amandel, tenggorokan juga akan mengalami gangguan. Disarankan bagi seseorang pasca operasi radang amandel, untuk menjaga pola makan.

  1. Mulut Terasa Tidak Nyaman

Mulut akan terasa tidak nyaman pasca operasi radang amandel. Hal tersebut memang wajar, karena setiap orang yang melakukan operasi pasti akan merasa tidak nyaman pada bagian yang dioperasi. Operasi untuk mengatasi amandel memang tidak berbahaya, tetapi kamu harus betul-betul menjaga agar operasi tersebut lancar hingga semuanya kembali pulih dan amandel menjadi sembuh.

  1. Menimbulkan Infeksi

Operasi amandel juga dapat menyebabkan infeksi walaupun kemungkinannya kecil. Biasanya, hal yang menyebabkan infeksi setelah operasi adalah kesalahan ketika perawatan. Hal itu dikarenakan pola makan yang tidak baik atau pun dikarenakan virus dan bakteri yang menyebabkan tenggorokan mengalami infeksi. Untuk itu, selalu jaga apa pun yang kamu konsumsi pasca operasi tersebut.

  1. Telinga Terasa Sakit

Tubuh mempunyai hubungan satu sama lain, begitu juga dengan bagian mulut, telinga, dan otak. Sehingga, seseorang pasca operasi akan merasakan telinga terasa sakit dan nyeri. Walau begitu, memang wajar hal tersebut terjadi karena memang telinga juga berdekatan dengan tenggorokan.

Itulah pembahasan tentang operasi radang amandel. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal amandel, kamu dapat berdiskusi dengan dokter dari Halodoc. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! Kamu juga bisa membeli obat di Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam.

Baca juga: