• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Gejala yang Dialami Pengidap Binge Eating Disorder

10 Gejala yang Dialami Pengidap Binge Eating Disorder

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Hampir semua orang pernah mengalami saat-saat ketika nafsu makan meningkat, sehingga cenderung makan lebih banyak dari biasanya. Namun, bila kamu makan secara berlebihan hampir setiap hari dan merasa tidak mampu berhenti atau mengendalikan keinginan makan, ini bisa menjadi gejala dari binge eating disorder (BED).

Binge eating disorder adalah gangguan makan yang umum terjadi yang membuat pengidapnya sering makan dalam jumlah banyak dan tidak bisa berhenti. Gangguan makan ini biasanya dimulai pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa, sering kali setelah menjalani diet. BED berbeda dari pengidap bulimia. Pengidap BED biasanya mencoba diet atau makan makanan secara normal, namun membatasi makan dengan cara diet sering menyebabkan pengidap untuk makan lebih banyak lagi.

Baca juga: Enggak Cuma Krisis Kepercayaan Diri, Apa Saja Penyebab Gangguan Makan?

Gejala Binge Eating Disorder

Penting untuk mengetahui gejala binge eating disorder, agar gangguan makan ini bisa ditangani secepatnya sebelum menyebabkan masalah kesehatan. Gejala BED bisa terlihat dari perilaku maupun emosi yang ditunjukkan pengidap.

Berikut gejala perilaku orang yang mengidap binge eating disorder:

1.Tidak Mampu Berhenti Makan

Selain makan dalam jumlah yang banyak, pengidap BED juga tidak bisa berhenti makan dan tidak mampu mengontrol makanan yang dikonsumsi. Mereka bisa makan sampai perut terasa tidak nyaman karena terlalu kenyang.

2.Makan dalam Jumlah Banyak dengan Cepat

Pengidap BED biasanya juga dapat menghabiskan makanan dalam jumlah yang luar biasa banyak dalam waktu yang sangat cepat, misalnya dalam dua jam.

3.Tetap Makan saat Masih Kenyang

Pengidap BED juga bisa tetap makan bahkan di saat kondisi perut sebenarnya sudah kenyang.

4.Menimbun Makanan

Biasanya, pengidap BED suka menyembunyikan atau menimbun makanan untuk dimakan nanti secara rahasia.

5.Makan Sembunyi-sembunyi

Gejala perilaku lainnya yang biasanya dilakukan oleh pengidap binge eating disorder adalah makan secara sembunyi-sembunyi. Pengidap mungkin akan makan di malam hari di saat orang-orang sudah tidak ada, atau di tempat yang sepi, seperti di dalam kamar, di mobil, dan lain-lain.

Untuk menyembunyikan kebiasaan makannya tersebut, pengidap BED juga bisa makan dengan jumlah yang normal saat berada di sekitar orang lain, tapi langsung makan secara berlebihan ketika sedang sendirian.

6.Pola Makan Tidak Normal

Pengidap BED dapat makan terus menerus sepanjang hari, tanpa jadwal makan yang teratur.

Sementara berikut adalah gejala binge eating disorder secara emosional:

7.Mengatasi Stres dengan Cara Makan

Orang dengan binge eating disorder menemukan bahwa makan secara berlebihan dapat memberi kenyamanan untuk sesaat dan membantu mereka meredakan emosi yang tidak menyenangkan, seperti perasaan stres, depresi atau kecemasan.

8.Malu dengan Banyaknya Makanan yang Dimakan

Setelah menyantap makanan dalam jumlah yang sangat banyak, pengidap BED biasanya merasa malu, namun seringkali tidak berdaya untuk berhenti atau mengontrol apa yang mereka makan.

9.Tidak Merasakan Apa-apa saat Makan Banyak

Tidak seperti orang-orang pada umumnya yang dapat menikmati makanan yang dimakannya, pengidap BED tidak merasakan apa-apa saat makan banyak. Saat makan, jiwa mereka seolah-olah tidak berada di sana.

10.Putus Asa untuk Mengontrol Berat Badan

Dilansir dari International Journal of Obesity, pengidap BED berkaitan dengan peningkatan berat badan berlebih atau obesitas yang bisa membuat mereka khawatir. Namun, mengontrol keinginan untuk makan berlebih adalah hal yang sulit bagi pengidap BED. Akibatnya, pengidap merasa putus asa untuk mengontrol berat badan dan kebiasaan makan mereka tersebut.

Baca juga: Cara Mengobati Binge Eating Disorder

Itulah gejala yang dapat dialami oleh pengidap binge eating disorder. Bila kamu atau orang yang kamu kenal mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan. Pasalnya, bila tidak ditangani secara tepat, BED dapat menyebabkan masalah, baik secara fisik, emosi maupun sosial.

Baca juga: Masalah Kesehatan yang Disebabkan oleh Binge Eating Disorder

Kamu juga bisa berbicara pada psikolog mengenai gejala binge eating disorder yang kamu alami melalui aplikasi Halodoc. Enggak perlu malu, kamu bisa menghubungi psikolog melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Help Guide. Diakses pada 2020. Binge Eating Disorder.
WebMD. Diakses pada 2020. Symptoms of Binge Eating Disorder
International Journal of Obesity. Diakses pada 2020. Binge Eating Disorder: A Review