• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 10 Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Anak

10 Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 April 2021
10 Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Anak

Halodoc, Jakarta – Setiap orangtua tentunya ingin melihat anak mereka mengalami tumbuh kembang yang sehat dan sempurna. Namun, terkadang kondisi tertentu bisa muncul dan mengganggu tumbuh kembang anak. Anak-anak dan remaja membutuhkan perawatan medis yang berbeda dari orang dewasa, sehingga diperlukan dokter khusus untuk menangani penyakit atau kondisi yang mereka alami.

Dokter spesialis anak adalah dokter medis yang mendapat pelatihan khusus untuk menangani perawatan fisik, perilaku, dan mental anak sejak lahir hingga usia 18 tahun. Dokter ini mampu mendiagnosis dan mengobati berbagai macam penyakit anak, mulai dari masalah kesehatan ringan hingga penyakit serius.

Baca juga: Ibu, Ini 6 Cara Memilih Dokter Anak yang Sesuai Kebutuhan

Mengenal Dokter Spesialis Anak

Perlu diketahui, ada sedikit perbedaan antara dokter anak dengan dokter spesialis anak. Dokter anak membantu menjaga kesehatan anak dengan cara memeriksa tumbuh kembang mereka secara rutin. Dokter ini membantu mencegah penyakit dengan memberikan vaksinasi dan saran kesehatan umum. Ketika anak-anak sakit, dokter anak mengobati berbagai macam penyakit dan cedera yang umum.

Untuk menjadi dokter anak, seorang dokter harus sudah lulus dari sekolah kedokteran dan menyelesaikan program residensi selama tiga tahun di bidang pediatri. Dokter anak adalah dokter perawatan primer, yang artinya mereka adalah tenaga kesehatan pertama yang bisa ditemui untuk perawatan medis umum dan kunjungan kesehatan. Sementara itu, dokter spesialis anak mengambil spesialisasi untuk bisa menangani penyakit yang lebih spesifik pada anak.

Berikut ini beberapa perawatan medis yang umum diberikan dokter anak:

  • Melakukan pemeriksaan fisik.
  • Memberikan imunisasi.
  • Mengobati cedera, termasuk patah tulang dan dislokasi.
  • Mengevaluasi perkembangan fisik, emosional, dan sosial seorang anak.
  • Meresepkan obat-obatan yang aman untuk anak.
  • Memberikan nasihat kesehatan umum.
  • Mendiagnosis dan merawat berbagai kondisi medis.
  • Merujuk keluarga dengan spesialis anak lainnya, bila diperlukan.

Sementara dokter spesialis anak sudah memperoleh pendidikan dan pelatihan tambahan dalam perawatan dan prosedur diagnostik khusus. Misalnya, dokter spesialis jantung anak memiliki pengetahuan dan pengalaman lanjutan dalam menangani kondisi jantung pada anak-anak. Mereka mungkin juga sudah menerima pelatihan untuk melakukan berbagai jenis tes dan prosedur jantung.

Baca juga: Lindungi Kesehatan Anak dengan 7 Tips Ini

Penyakit yang Bisa Ditangani Dokter Spesialis Anak

Ada berbagai macam dokter spesialis anak yang masing-masing mengkhususkan diri dalam merawat kondisi medis tertentu pada anak. Berikut ini berbagai jenis dokter spesialis anak dan penyakit yang bisa ditanganinya:

  1. Dokter spesialis alergi dan imunologi anak, mengobati alergi makanan dan lingkungan pada anak-anak, serta masalah dengan sistem kekebalan
  2. Ahli onkologi anak, mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati berbagai jenis kanker anak.
  3. Ahli jantung anak mendiagnosis dan mengobati berbagai kondisi jantung pada anak-anak.
  4. Ahli paru anak mendiagnosis, merawat dan menangani anak-anak yang memiliki masalah pernapasan dan penyakit paru-paru.
  5. Ahli reumatologi anak merawat anak-anak dan remaja yang mengalami gangguan muskuloskeletal, seperti rheumatoid arthritis dan nyeri kronis.
  6. Nefrolog anak mengkhususkan diri dalam mengobati kondisi yang memengaruhi sistem kemih, termasuk infeksi saluran kemih dan penyakit ginjal.
  7. Ahli saraf anak merawat dan menangani gangguan saraf pada anak-anak.
  8. Dokter anak neonatal-perinatal memberikan perawatan kepada bayi sebelum, selama, dan setelah lahir.
  9. Ahli gastroenterologi anak menjaga kesehatan sistem pencernaan anak muda.
  10. Ahli endokrin pediatrik mengkhususkan diri pada sistem endokrin dan hormon yang dihasilkannya. Ahli ini bisa menangani berbagai kondisi pada anak-anak, termasuk diabetes.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Segala Hal tentang Neurologi Anak

Itulah berbagai penyakit anak yang bisa ditangani oleh dokter spesialis anak. Ibu juga bisa membicarakan masalah kesehatan yang dialami Si Kecil pada dokter anak melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk membantu menjaga kesehatan ibu sekeluarga.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to know about paediatricians.
Healthline. Diakses pada 2021. What Is a Pediatrician?