13 Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Anggur

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Oktober 2023

“Anggur mengandung berbagai nutrisi yang cukup penting untuk kesehatan tubuh. Buah ini banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mengoptimalkan memori.”

13 Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Anggur13 Manfaat dan Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Anggur

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Anggur adalah buah yang dihasilkan oleh tanaman perdu merambat dari keluarga Vitaceae. Buah ini umumnya bermanfaat sebagai bahan jus anggur, selai, minuman anggur, minyak biji anggur, kismis, atau konsumsi langsung. 

Selain itu, anggur juga terkenal karena kandungan senyawa polifenol dan resveratol yang berperan penting dalam berbagai proses metabolisme tubuh dan memiliki kemampuan untuk mencegah pembentukan sel kanker dan penyakit lainnya. 

Kemampuan ini juga terkait dengan keberadaan senyawa metabolit sekunder dalam buah ini yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Berikut ulasannya!

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Selain rasanya yang segar, anggur memang mengandung berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nah, dari 151 gram buah yang memiliki rasa manis ini, kamu bisa mendapatkan nutrisi berikut:

  • Kalori: 104.
  • Karbohidrat: 27 gram.
  • Protein: 1 gram.
  • Lemak: 0,2 gram.
  • Serat: 1,4 gram.
  • Tembaga: 21 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin K: 18 persen dari kebutuhan harian.
  • Kalium: 6 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin C: 5 persen dari kebutuhan harian.
  • Tiamin: 9 persen dari kebutuhan harian.
  • Riboflavin: 8 persen sebesar kebutuhan harian.
  • Mangan: 5 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin E: 2 persen dari kebutuhan harian.

Anggur termasuk salah satu buah dengan kandungan tembaga dan vitamin K yang cukup tinggi. Keduanya memiliki fungsi yang penting pada tubuh terkait produksi energi dan pembekuan darah.

Begitu banyaknya nutrisi dalam buah ini membuat anggur menjadi buah yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Berikut adalah berbagai manfaat anggur:

1.Menurunkan tekanan darah

Anggur mengandung potasium yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena potasium membantu menurunkan tekanan darah dengan melebarkan arteri dan vena.

Dalam Journal of The American Dietetic Association terdapat sebuah penelitian dalam 16 studi terkontrol acak mengenai ekstrak biji anggur. Hasilnya, menunjukkan bahwa ekstrak biji buah ini mampu menurunkan tekanan darah secara optimal. 

2. Mencegah peningkatan kolesterol

Senyawa yang terdapat dalam anggur mampu mencegah kadar kolesterol tinggi dalam darah. Caranya dengan menurunkan penyerapan kolesterol.

Terdapat sebuah penelitian dalam jurnal Food and Function mengenai khasiat anggur terhadap kolesterol. Dalam riset tersebut, selama delapan minggu 69 orang yang mengidap kolesterol, mengonsumsi tiga cangkir (500 gram) anggur merah setiap hari.

Hasilnya, kadar kolesterol jahat dapat menurun secara optimal.

3. Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Anggur menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Kandungan tersebut membuat sistem imun tubuh menjadi lebih optimal. 

Ketika kamu memiliki sistem imun tubuh yang baik, maka tubuh akan terlindungi dari berbagai gangguan yang bisa memicu penyakit.

4. Mencegah penyakit kanker

Buah ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan tersebut mampu melindungi tubuh dari berbagai paparan radikal bebas.

Paparan radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel dan jaringan yang memicu munculnya pertumbuhan sel abnormal pemicu kanker.

Anggur juga mengandung resveratrol. Jenis antioksidan ini mampu mencegah pertumbuhan sel abnormal atau sel kanker yang muncul pada tubuh.

5. Mengoptimalkan kesehatan mata

Bukan hanya wortel, kamu juga bisa mengoptimalkan kesehatan mata dengan mengonsumsi anggur secara rutin. Berbagai kandungan dalam buah ini, mampu mencegah penyakit mata, seperti degenerasi makula.

6. Meningkatkan kemampuan mengingat

Melansir dari The Journal of Nutrition, buah ini kaya akan antioksidan sehingga mampu menurunkan risiko stres oksidatif yang memicu penuaan. 

Penurunan stres oksidatif yang terjadi mampu meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah ini mengandung vitamin K, kalsium, magnesium, dan potasium. Seluruh kandungan tersebut mampu meningkatkan kesehatan tulang.

Selain anggur, ada sejumlah makanan lain yang juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Simak informasinya dalam artikel: 6 Makanan untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Mengonsumsi buah ini bisa meningkatkan produksi hormon melatonin dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk mengatur dan memberi sinyal kapan tubuh harus tertidur dan terjaga.

Jika kamu mengalami kesulitan tidur, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah ini pada sore hari. Dengan begitu, kamu dapat tertidur tepat waktu secara berkualitas.

9. Menjaga kesehatan kulit

Resveratrol dalam anggur mampu meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari. Hal ini membuat kulit akan tetap menjadi sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

10. Mengoptimalkan kesehatan otak

Terdapat sebuah penelitian kecil mengenai pengonsumsian buah ini, di European Journal of Nutrition yang berjudul Cognitive and Mood Improvements Following Acute Supplementation with Purple Grape Juice in Healthy Young Adults.

Menurut hasil penelitian tersebut, orang yang rutin mengonsumsi 230 mililiter jus anggur ungu, dapat meningkatkan waktu reaksi dan ketenangan.

Hal ini menunjukan bahwa kondisi tersebut dapat membantu suasana hati dan pemrosesan kognitif menjadi lebih baik.

11. Mencegah infeksi bakteri dan jamur

Anggur mengandung senyawa antosianin yang memiliki sifat antimikroba. Kandungan tersebut mampu merusak dinding sel bakteri.

Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga baik untuk mengoptimalkan imun tubuh dalam mencegah infeksi pada tubuh.

12. Menurunkan risiko peradangan dalam tubuh

Anggur memiliki kandungan nutrisi yang bersifat anti inflamasi. Hal tersebut dapat membantu tubuh dalam menurunkan risiko peradangan dalam tubuh.

 13. Mencegah konstipasi

Anggur mengandung serat yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat membuat kebutuhan serat terpenuhi dengan baik. Hasilnya, kamu akan terhindar dari kondisi konstipasi.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan ketika rutin mengonsumsi anggur. Selain buah ini, kamu juga bisa cari tahu jenis dan manfaat dari buah lain melalui artikel: Kaya Nutrisi, Ini Daftar Buah yang Mengandung Vitamin A

Itulah berbagai manfaat dari mengonsumsi anggur. Jika masalah kesehatan terjadi pada kamu atau keluarga tersayang, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

chat dokter
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. The Top 16 Health Benefits of Grapes.
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Grape Nutrition Facts and Health Benefits.
Food and Function. Diakses pada 2023. Comparative effects of red and white grapes on oxidative markers and lipidemic parameters in adult hypercholesterolemic humans.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. 10 Health Benefits of Grapes.
Healthline. Diakses pada 2023. Are Grapes Good For You?
The Journal of Nutrition. Diakses pada 2023. Grape Juice, Berries, and Walnuts Affect Brain Aging and Behavior1–3.
Journal of The American Dietetic Association. Diakses pada 2023. The Effect of Grape Seed Extract on Cardiovascular Risk Markers: a Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials.
European Journal of Nutrition. Diakses pada 2023. Cognitive and Mood Improvements Following Acute Supplementation with Purple Grape Juice in Healthy Young Adults.
BBC Good Food. Diakses pada 2023. Top 5 Health Benefits of Grapes.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan