Ingin Penglihatan Tetap Sehat? Inilah Vitamin yang Baik untuk Mata

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Oktober 2023

“Ada banyak jenis vitamin yang perlu dicukupi untuk menjaga kesehatan mata. Nah, beberapa di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, dan Zinc.”

Ingin Penglihatan Tetap Sehat? Inilah  Vitamin yang Baik untuk MataIngin Penglihatan Tetap Sehat? Inilah  Vitamin yang Baik untuk Mata

Halodoc, Jakarta – Untuk memiliki mata yang sehat, setiap orang membutuhkan asupan vitamin. Dengan begitu, berbagai masalah yang bisa terjadi pada mata dapat kamu hindari, salah satunya gangguan penglihatan miopi atau rabun jauh.

Menjaga kesehatan mata merupakan hal penting, sebab penglihatan adalah kemampuan yang vital bagi kehidupan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui berbagai vitamin yang dapat menyehatkan mata. 

Vitamin untuk Cegah Miopi dan Penyakit Mata Lainnya

Berikut ini beberapa pilihan vitamin yang dapat kamu konsumsi, untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari miopi dan penyakit mata lainnya:

1. Lutein

Salah satu vitamin yang dapat menyehatkan mata adalah lutein. Sebesar 6 mg dari nutrisi ini dapat menurunkan risiko degenerasi makula, gangguan penglihatan yang umumnya terjadi pada lansia, sampai 43 persen.

Untuk mendapatkan nutrisi ini, beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi, yaitu sayuran hijau, keluarga buah sitrus, kuning telur, dan masih banyak lagi.

Masukkan beberapa makanan tersebut pada pola diet harian kamu.

2. Zeaxanthin

Zeaxanthin juga termasuk vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata. Sebab, nutrisi ini banyak tersalur ke makula halus mata, berguna untuk membantu melindungi jaringan mata dan lensa. 

Hal ini sangat baik dalam menjaga ketajaman penglihatan, menjaga sensitivitas terhadap cahaya, serta menurunkan risiko gangguan pada mata, misalnya miopi dan katarak.

3. Vitamin E

Kandungan vitamin E yang masuk ke tubuh dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan.

Kombinasi dari lutein dan vitamin E sangat baik dalam menurunkan risiko miopi dan katarak

Beberapa makanan yang kaya vitamin E, antara lain brokoli, kacang tanah, dan alpukat.

4. Vitamin A

Vitamin A juga termasuk nutrisi yang sangat baik bagi mata. Kandungan ini dapat mencegah kebutaan malam dan kekeringan pada mata (xerophthalmia) akibat kekurangan vitamin ini.

Selain itu, vitamin A termasuk antioksidan yang dapat mencegah kehilangan penglihatan akibat gangguan pada mata. 

Vitamin A juga dapat membantu dalam memperlambat kerusakan saraf pada mata, kondisi yang dapat menyebabkan kebutaan, terutama pada pengidap diabetes.

5. Zinc

Perlu tahu, kombinasi zinc dengan berbagai macam vitamin, mampu membantu dalam melindungi retina serta menurunkan risiko terkait degenerasi makula

Kandungan ini sangat penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel, sehingga mata terjaga kesehatannya.

Beberapa sumber makanan yang kaya zinc, antara lain ikan, daging sapi atau kambing, serta kacang-kacangan.

Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan ini sebagai Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata.

6. Vitamin C

Vitamin C termasuk kandungan yang kaya antioksidan. Nah, tercukupinya kebutuhan vitamin C harian dapat membantu dalam melindungi penglihatan agar tetap tajam dan terhindari dari miopi atau rabun jauh

Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas, serta membuat tubuh menyerap lebih banyak mineral dan nutrisi menyehatkan lainnya.

7. Vitamin B kompleks

Para peneliti juga telah mempelajari beberapa vitamin B untuk mengetahui dampaknya pada kesehatan mata, khususnya vitamin B6, B9, dan B12.

Kombinasi vitamin tersebut dapat menurunkan kadar homosistein, protein dalam tubuh yang mungkin berhubungan dengan peradangan dan peningkatan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia.

Sebuah studi klinis pada wanita yang terbit pada Scientific Reports, menunjukkan penurunan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia sebesar 34 persen saat mengonsumsi 1.000 mcg vitamin B12 bersama dengan vitamin B6 dan B9.

Namun, perlu lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat suplemen ini.

Selain itu, masih belum jelas apakah meningkatkan asupan makanan kaya vitamin B akan memberikan efek serupa. 

Untuk memahami pentingnya vitamin B untuk kesehatan mata, baca juga artikel ini: Ini Alasan Vitamin B12 Penting untuk Kesehatan Mata.

Itulah beberapa vitamin yang ahli rekomendasikan untuk kamu konsumsi, agar kesehatan mata tetap terjaga. 

Pastikan untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin tersebut, sehingga mata terjauhi dari masalah penglihatan, seperti katarak.

Jika masih penasaran tentang vitamin lainnya yang baik untuk mata, tanyakan pada dokter spesialis mata di Halodoc untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. The 9 Most Important Vitamins for Eye Health
Medical News Today. Diakses pada 2023. 4 Essential Vitamins for Eye Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan