• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Bahaya Ibu Hamil yang Terlalu Lama Duduk saat Bekerja

3 Bahaya Ibu Hamil yang Terlalu Lama Duduk saat Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Selain berdiri, duduk terlalu lama juga ternyata berbahaya bagi ibu hamil, lho. Misalnya, pada ibu hamil yang harus duduk seharian di kantor untuk bekerja. Apa saja bahaya duduk terlalu lama saat bekerja bagi ibu hamil? Simak dalam pembahasan berikut, ya!

Risiko Bahaya Duduk Terlalu Lama saat Hamil

Entah karena bekerja atau hanya kebiasaan, duduk terlalu lama saat hamil bisa berisiko bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Risiko Penggumpalan Darah

Saat hamil, tubuh ibu mengalami peningkatan volume darah hingga 50 persen. Nah, jika ibu hamil terlalu lama duduk, darah dapat menggumpal di bagian-bagian tubuh tertentu, seperti panggul dan kaki. Jika hal ini dibiarkan, risiko terkena penyakit trombosis vena dalam (DVT) akan meningkat.

Baca juga: Berkenalan Lebih Dekat dengan Program Kehamilan

1.Kelebihan Berat Badan

Terlalu lama duduk saat hamil dapat membuat kamu jadi malas gerak. Akibatnya, risiko kelebihan berat badan saat hamil pun meningkat. Padahal, kelebihan berat badan saat hamil dapat memicu komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia, bayi lahir terlambat, hingga keguguran.

2.Diabetes Gestasional

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari Warwick Medical School, mengungkapkan bahwa terlalu lama duduk saat hamil berisiko menyebabkan diabetes gestasional. Hal ini dapat memicu berbagai komplikasi lain, seperti gangguan pertumbuhan janin, bayi lahir prematur, masalah pernapasan pada bayi, penyakit kuning, dan keguguran.

Baca juga: Agar Program Hamil Sukses, Ajak Pasangan Melakukan Ini

Tips Duduk saat Hamil

Bahaya duduk terlalu lama saat hamil, misalnya karena bekerja di kantor, sebenarnya bisa diantisipasi dengan mengimbangi aktivitas harian. Menurut dr. Alan Hedge dari Cornell University, setiap duduk selama kira-kira 20 menit, berdirilah dan regangkan otot-otot selama 8 menit.

Jika terpaksa duduk terlalu lama saat hamil, misalnya dalam perjalanan ke kantor, gantilah dengan aktivitas fisik seperti jalan santai atau olahraga ringan. Download aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter tentang pilihan olahraga atau aktivitas fisik yang aman bagi ibu hamil.

Selain durasi duduk, ada beberapa posisi duduk yang baik saat hamil, seperti:

  • Pilih kursi yang ada sandaran punggungnya.. Agar duduk menjadi lebih nyaman dan mudah, ibu hamil dianjurkan untuk menggunakan kursi yang memiliki sandaran punggung.
  • Atur ketinggian kursi. Usahakan telapak kaki ibu hamil bisa menyentuh lantai. 
  • Usahakan posisi punggung tegak lurus, bahu ke belakang, dan bokong menyentuh bagian belakang kursi.
  • Saat akan berdiri dari posisi duduk, lakukan secara perlahan. Berdirilah dengan posisi tegak lurus, tanpa membungkukkan punggung.

Jika ibu hamil ingin duduk di lantai, posisi duduk yang disarankan adalah bersila, dengan posisi telapak kaki saling bersentuhan. Posisi duduk ini diyakini dapat memperbaiki postur tubuh, mengurangi kekakuan di punggung bagian bawah, dan membantu melonggarkan sendi panggul agar siap untuk proses melahirkan.

Baca juga: Jalani Program Hamil, Hindari 6 Makanan Ini

Namun, duduk bersila di lantai tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang mengidap gangguan panggul, seperti symphysis pubis dysfunction atau pelvic girdle pain. Pada kondisi tersebut, duduk bersila cenderung membuat panggul dalam posisi asimetris sehingga dapat menimbulkan rasa pegal dan kaku.

Bagaimanapun posisi duduk yang baik untuk ibu hamil, baik di atas kursi ataupun di lantai, disarankan untuk tidak berada dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit, agar punggung tidak kaku. Jika merasakan berbagai keluhan ketika duduk, berdiri, atau melakukan aktivitas sehari-hari, jangan ragu untuk membicarakannya pada dokter, ya.

Referensi:
Mirror. Diakses pada 2020. Pregnant women 'could harm unborn baby by sitting down for over six hours a day'.
Healthline. Diakses pada 2020. The Third Trimester Pregnancy: Concerns and Tips. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Working During Pregnancy: Do's and Don'ts.
Baby Center India. Diakses pada 2020. Is It Safe to Sit Cross-Legged on the Floor During Pregnancy?
Baby Centre UK. Diakses pada 2020. How to Sit and Stand Up in Pregnancy: Photos.
WebMD. Diakses pada 2020. Good Posture During Pregnancy.