• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Alasan Tubuh Sering Lelah dan Cara Mengatasinya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Alasan Tubuh Sering Lelah dan Cara Mengatasinya

4 Alasan Tubuh Sering Lelah dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 November 2021
4 Alasan Tubuh Sering Lelah dan Cara Mengatasinya4 Alasan Tubuh Sering Lelah dan Cara Mengatasinya

“Kelelahan mungkin hal yang umum terjadi. Namun, jika terlalu sering tentu bisa menjadi masalah besar bagi siapa pun. Penting untuk mengetahui penyebab tubuh sering lelah. Dengan begitu kamu pun bisa tahu bagaimana cara mengatasinya.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu sering merasa lelah? Bahkan jadi sering tidak bersemangat untuk melakukan apa pun di hari libur? Kemungkinan tubuh kamu mengalami kelelahan dan kekurangan energi. Hal ini tentu menjadi masalah besar bagi siapa pun. 

Saat tubuh sering lelah, penting untuk melakukan beberapa perubahan gaya hidup sederhana. Misalnya dengan tidur lebih awal dan mengelola stres dengan baik. Perlu diketahui juga, tubuh sering lelah bisa menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius. Untuk itu penting juga untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Baca juga:  6 Alasan Mengapa Tubuh Selalu Merasa Lelah

Alasan dan Cara Mengatasi Tubuh Sering Lelah

Kondisi tubuh sering lelah mungkin hal yang sangat umum. Meskipun begitu, hal tersebut tidak boleh dibiarkan. Mengingat sering kelelahan bisa jadi tanda dari beberapa kondisi dan penyakit serius. Di sisi lain, kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup. Itulah pentingnya mengetahui alasan dan cara mengatasi tubuh yang sering lelah. 

  1. Kurang Tidur

Kurang tidur tampaknya menjadi penyebab paling jelas dari kelelahan kronis. Banyak orang menjalani hidup dengan perasaan terlalu stres atau terlalu sibuk untuk mendapatkan kualitas tidur yang dibutuhkan. Meskipun kurang tidur bukanlah kondisi medis semata, dokter mungkin bisa membantu mengelola stres atau meresepkan obat untuk membantu kesulitan tidur. 

Akan lebih baik jika kamu mulai menentukan kebutuhan tidur. Orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar delapan jam tidur per malam, sayangnya hanya sedikit orang yang bisa melakukan. Seseorang mungkin saja memiliki hutang tidur yang menumpuk, dan itu membutuhkan waktu tidur ekstra untuk membayarnya.

Baca juga: Terus Lelah saat Hamil, Normalkah?

  1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Karbohidrat

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan justru bisa menyebabkan tubuh terasa lelah sepanjang hari. Ketika gula dan karbohidrat olahan dikonsumsi, dapat menyebabkan kenaikan gula darah tubuh dengan cepat. 

Lonjakan gula darah dan penurunan setelahnya, dapat membuat tubuh merasa lelah. Untuk menjaga tingkat energi tetap stabil, ganti gula dan karbohidrat olahan dengan makanan utuh yang kaya serat. Contohnya sayuran dan kacang-kacangan. 

  1. Tidak Aktif Secara Fisik

Tubuh yang tidak aktif atau sering mager (malas gerak) bisa menjadi penyebab rendahnya energi. Padahal, faktanya aktif secara fisik dan berolahraga dapat mengurangi kelelahan, terutama pada orang yang mengidap sindrom kelelahan kronis. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa berolahraga dapat mengurangi kelelahan pada orang yang sehat dan pengidap penyakit, seperti kanker. Untuk meningkatkan energi, ubah kebiasaan mager dengan gaya hidup yang lebih aktif. Misalnya, memilih naik tangga daripada naik lift, dan berjalan kaki daripada membawa kendaraan saat menempuh jarak dekat.

Baca juga: Food Craving, Tanda Pola Makan Tidak Sehat?

  1. Alergi Makanan

Sensitivitas atau intoleransi makanan biasanya menyebabkan gejala seperti ruam, masalah pencernaan, pilek, atau sakit kepala. Namun, kelelahan merupakan gejala lain yang sering diabaikan.

Penelitian menunjukkan bahwa kualitas hidup mungkin lebih terpengaruh oleh kelelahan pada mereka yang sensitif terhadap makanan. Intoleransi makanan yang umum terjadi yaitu gluten, susu, telur, kedelai, dan jagung. 

Jika kamu mencurigai bahwa makanan tertentu jadi penyebab tubuh sering lelah, pertimbangkan untuk berbicara pada dokter yang ahli menangani alergi atau diet di aplikasi Halodoc. Dengan begitu dokter dapat menguji kepekaan tubuh kamu terhadap makanan. 

Jika kamu khawatir tubuh sering lelah disebabkan kondisi medis tertentu, kamu juga bisa membuat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Reasons You’re Always Tired (and What You Can Do About It)
Very Well Mind. Diakses pada 2021. Common Causes of Fatigue
Prevention. Diakses pada 2021. Foods You Should Eat When You’re Tired.