• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah secara Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah secara Alami

4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah secara Alami

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Juli 2022

“Cara menghilangkan bruntusan di wajah cukup mudah. Kamu bisa mencoba bahan alami seperti lidah buaya atau the hijau.”

4 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah secara Alami

Halodoc, Jakarta – Memiliki bruntusan di wajah dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Untungnya, ada banyak cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. Mau tahu apa saja caranya? Yuk simak!

Cara Alami Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Bruntusan di wajah dapat terjadi akibat banyak hal. Umumnya adalah penyumbatan pori-pori wajah, akibat sebum atau sel kulit mati. Jika kamu mengalami masalah ini, ada beberapa bahan alami yang bisa dicoba di rumah, yaitu:

  1. Lidah Buaya

Gel lidah buaya adalah bahan ajaib yang dapat membantu banyak masalah kulit. Bahan ini memiliki manfaat antibakteri dan antiinflamasi alami dengan sifat menenangkan dengan kemungkinan yang sangat kecil untuk iritasi atau efek samping.

Untuk menggunakannya, cukup tambahkan 1 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok teh kayu manis ke dalam mangkuk. Campur bahan dan oleskan ke kulit wajah secara teratur.

  1. Kunyit

Selain sebagai bumbu masak, kunyit juga bisa jadi cara menghilangkan bruntusan di wajah. Rempah ini memiliki sifat antiinflamasi dan kandungan antioksidannya dapat membantu mengurangi bruntusan dan jerawat

Untuk menggunakannya, campur kunyit bubuk murni dengan 1 sendok makan madu, dan 3-4 tetes minyak jarak. Simpan di lemari es selama 10-15 menit, lalu oleskan ke wajah. Diamkan selama 20 menit lalu bilas wajah.

  1. Minyak Pohon The (Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh adalah antibakteri yang sangat baik untuk kulit berjerawat. Minyak ini bahkan diyakini hampir sama efektifnya dengan beberapa obat jerawat topikal lainnya, tanpa kemungkinan resistensi bakteri dan efek samping lain yang tidak diinginkan seperti iritasi.

Cara menggunakannya, campur 5 tetes minyak esensial pohon teh, 2-3 tetes minyak esensial rosemary, 10 tetes air mawar, dan 4 sendok makan lidah buaya. Kemudian oleskan ke kulit, diamkan selama 10 menit, dan bilas dengan air hangat.

  1. Teh Hijau

Selain enak diminum, teh hijau juga dapat membantu mengatasi bruntusan di wajah. Sebab, teh hijau mengandung polifenol yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Ekstrak teh hijau yang dioleskan ke kulit dapat mengurangi produksi sebum, dan pada gilirannya mengurangi jerawat dan bruntusan.

Itulah beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami, yang bisa kamu coba. Jika masalah kulit ini tak kunjung membaik, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Kalau dapat resep obat dari dokter, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 4 Natural Ways to Get Rid of Pimples as Fast as Possible.
Health Shots. Diakses pada 2022. How To Remove Pimples In Summer? These 7 Home Remedies Can Do Wonders!