Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung dengan Tomat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Agustus 2023

“Bruntusan di kulit wajah, terutama di hidung, tentu membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di hidung secara alami, salah satunya dengan menggunakan tomat.”

Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung dengan TomatCara Menghilangkan Bruntusan di Hidung dengan Tomat

Halodoc, Jakarta – Bruntusan memang merupakan kondisi kulit yang tidak berbahaya, tapi tentu akan mengganggu penampilan bila muncul di hidung! Untungnya ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di hidung yang bisa kamu coba.

Salah satunya dengan tomat. Ya, bahan alami ini memiliki kandungan yang efektif untuk meredakan kondisi kulit tersebut. Yuk, simak ulasannya di sini.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung Secara Alami dengan Tomat

Bruntusan adalah masalah kulit yang menyebabkan munculnya bintik kecil pada kulit, sehingga tekstur kulit menjadi kasar dan tidak rata. Selain mengganggu penampilan, bruntusan di kulit wajah biasanya juga disertai dengan rasa gatal atau muncul ruam kemerahan. 

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan masalah kulit ini, termasuk jerawat, komedo, kulit kering, serta kondisi hormon, misalnya saat pubertas. Untuk menghilangkan bruntusan pada wajah, kamu bisa menggunakan bahan alami, seperti tomat.

Buah ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, termasuk antioksidan yang baik untuk kulit. Berikut tips menggunakannya: 

1. Buat menjadi masker 

Untuk menghilangkan bruntusan di kulit, cobalah membuat masker alami dari tomat. Caranya bersihkan tomat, lalu kupas. Kemudian, haluskan sampai membentuk pasta dan campurkan dengan beberapa tetes tea tree oil

Setelah itu, oleskan masker secara merata ke wajah, hindari bagian mata. Diamkan selama 10–15 menit kemudian bilas wajah hingga bersih. 

2. Oleskan langsung

Selain dijadikan masker, cara menghilangkan bruntusan di hidung dengan tomat juga bisa dengan mengoleskan buah tersebut langsung ke permukaan kulit yang rusak. 

Caranya, cuci bersih tomat kemudian potong menjadi 2 bagian kemudian blender sampai halus.

Untuk mengoleskannya ke wajah, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam jus tomat kemudian tempelkan ke kulit. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan air. 

3. Oleskan di kulit berjerawat 

Selain mengoleskan ke seluruh bagian kulit wajah, jus tomat juga bisa kamu tempelkan pada bagian tertentu saja. Biasanya pada bagian wajah yang berjerawat atau mengalami bruntusan saja, seperti hidung.

Cara ini membantu mengurangi penumpukan sel kulit mati dan kulit kering yang memicu bruntusan muncul. 

Selain menghilangkan bruntusan, Ini 3 Manfaat Baik Tomat Bagi Kecantikan Kulit Wajahmu.

Cara Alami Lainnya Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Selain dengan menggunakan tomat, kamu juga bisa coba beberapa cara menghilangkan bruntusan di hidung secara alami berikut:

1. Bersihkan wajah secara rutin

Kulit wajah kamu terkena paparan polusi dan kotoran setiap harinya. Nah, kotoran dan debu bisa menempel pada wajah dan menyumbat pori-pori, sehingga memicu timbulnya bruntusan pada hidung.

Itulah mengapa membersihkan wajah secara rutin menjadi langkah penting untuk menghilangkan bruntusan di hidung.

Lakukan lah double cleansing, yaitu metode pembersihan wajah dengan dua tahap. 

Pertama, bersihkan wajah dengan pembersih berbahan dasar minyak, lalu tahap kedua menggunakan pembersih berbahan dasar air atau face wash.

Perawatan wajah ini mampu membersihkan kotoran dan partikel debu secara menyeluruh.

2. Eksfoliasi wajah

Cara menghilangkan bruntusan di hidung alami lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan eksfoliasi wajah.

Perawatan wajah satu ini bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk yang menyebabkan bruntusan. Eksfoliasi bahkan juga mampu mengecilkan pori-pori wajah dengan aman.

Kamu bisa melakukan perawatan wajah ini maksimal 2-3 kali dalam seminggu. Namun, pastikan tidak ada jerawat aktif pada wajah saat melakukan eksfoliasi ya. 

3. Masker madu

Selain masker tomat, masker madu juga bisa menjadi cara menghilangkan bruntusan di hidung yang efektif.

Bahan alami ini mengandung senyawa antioksidan dan antibakteri, sehingga mampu mengatasi peradangan pada jerawat kecil karena infeksi. 

Cara menggunakannya juga cukup mudah, tinggal oleskan madu murni pada wajah dan diamkan selama 20-30 menit.

4. Lidah buaya

Bahan alami lainnya yang juga mampu mengatasi bruntusan di hidung adalah lidah buaya.

Berkat kandungan antibakteri dan vitamin E-nya, lidah buaya mampu menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya infeksi bruntusan.

5. Minum air putih

Ini adalah cara menghilangkan bruntusan di hidung secara alami yang paling mudah kamu lakukan.

Minum air putih bisa menjaga kelembapan kulit wajah kamu dari dalam, sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. 

Jadi, usahakanlah untuk minum air putih kurang lebih 2 liter setiap hari dan imbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk membantu pemulihan bruntusan di hidung.

Jika bruntusan di hidung atau area wajah semakin parah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit.

Agar lebih jelas, coba baca artikel ini: Wajah Bruntusan, Kapan Sebaiknya ke Dokter Kulit?

Sebagai langkah pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan ahli kesehatan dan menyampaikan masalah yang dialami.✔️

Dokter bisa kamu hubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Disease & Conditions. Precocious Puberty.
Healthline. Diakses pada 2023. Can You Use Tomatoes for Skin Care? What’s Causing the Tiny Bumps on My Forehead and How Do I Get Rid of Them?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan