• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Tingkatkan Serotonin untuk Mental yang Sehat

4 Cara Tingkatkan Serotonin untuk Mental yang Sehat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Salah satunya adalah dengan meningkatkan serotonin, yaitu hormon yang bertugas untuk membawa pesan antar sel dalam otak. Hormon ini berperan penting dalam memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik, sehingga kamu jadi merasa bahagia. 

Kekurangan hormon serotonin dapat membuat suasana hati seseorang menjadi buruk. Jika hal ini dibiarkan, tentunya lama-kelamaan kesehatan mental dapat terganggu. Oleh karena itu, kamu perlu meningkatkan kadar hormon serotonin agar mental tetap sehat. 

Baca juga: Deteksi Lebih Dini Gangguan Mental Skizofrenia

Begini Cara Meningkatkan Hormon Serotonin

Secara medis, hormon serotonin bisa ditingkatkan dengan bantuan obat-obatan. Namun, menimbang adanya risiko efek samping dan ketergantungan, kamu sebaiknya berusaha meningkatkan hormon serotonin secara alami terlebih dahulu. 

Berikut ini cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan hormon serotonin secara alami:

1.Konsumsi Makanan Kaya Triptofan

Meski tidak didapat secara langsung, ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi bisa membantu membangun serotonin dalam tubuh. Makanan tersebut yang mengandung triptofan, seperti makanan tinggi protein, yaitu salmon, kacang-kacangan, telur, dan keju. 

Namun, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Food Sciences, triptofan tidak bisa secara langsung meningkatkan serotonin. Melainkan perlu bantuan makanan yang kaya akan karbohidrat. Hal ini karena karbohidrat yang sudah berbentuk gula dalam aliran darah menyebabkan produksi insulin lebih banyak.

Insulin membantu mempercepat penyerapan asam amino dan meninggalkan triptofan dalam dalam. Kemudian, triptofan dalam darah diserap oleh otak dan digunakan untuk menghasilkan serotonin. Namun, bukan berarti kamu harus makan banyak-banyak karbohidrat. Makanlah dalam porsi yang seimbang dan sehat. 

Baca juga: Lebaran dan Holiday Blues, Ini 4 Cara Menghadapinya

2.Olahraga Rutin

Rutin olahraga juga menjadi cara alami meningkatkan hormon serotonin. Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian yang dirangkum dalam sebuah artikel dari Journal of Psychiatry and Neuroscience. Melalui artikel tersebut, para peneliti sepakat bahwa olahraga secara rutin dapat melepaskan senyawa triptofan dalam jumlah yang cukup banyak ke otak. 

3.Pijat

Selain dua hal tadi, pijat juga menjadi cara meningkatkan hormon serotonin secara alami. Mengutip laman Mayo Clinic, melakukan pijatan selama 60 menit ternyata mampu menurunkan hormon kortisol di tubuh. Kortisol adalah hormon yang diproduksi saat tubuh sedang stres atau berada dalam tekanan.

Jika kadar hormon kortisol menurun, kadar serotonin meningkat atau kembali normal, sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Alasan pijat bisa menyebabkan proses penurunan kortisol dan peningkatan serotonin itu diyakini karena pijatan membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan kesadaran antara pikiran dan tubuh.

Baca juga: Percaya Diri Berlebihan Ternyata Berbahaya, Ini Dampaknya

4.Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hal ini sudah dipraktikkan ratusan tahun lamanya. Bahkan, penelitian yang dipublikasikan dalam Frontiers in Pharmacology mengungkapkan bahwa minyak esensial dapat meningkatkan hormon serotonin dan membuat mood jadi lebih baik. 

Dalam penelitian tersebut, digunakan tikus percobaan berjenis kelamin jantan yang diberikan minyak esensial lavender dan ylang– ylang. Hasilnya, kedua jenis minyak esensial tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hormon serotonin pada otak tikus. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah efeknya akan sama jika diaplikasikan pada manusia. 

Itulah beberapa cara meningkatkan serotonin secara alami, yang bisa kamu coba. Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk membicarakan masalah kesehatan mentalmu pada psikolog terpercaya, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Frontiers in Pharmacology. Diakses pada 2020. Exploring Pharmacological Mechanisms of Lavender (Lavandula angustifolia) Essential Oil on Central Nervous System Targets.
Mayo Clinic Health System. Diakses pada 2020. Massage Relieves Depression.
Healthline. Diakses pada 2020. 6 Ways to Boost Serotonin Without Medication.
Journal of Nutrition and Food Sciences. Diakses pada 2020. Nutrient and Stress Management.
Journal of Psychiatry & Neuroscience. Diakses pada 2020. How to increase serotonin in the human brain without drugs.