4 Dongeng Anak Terpopuler dan Manfaat Membacakannya sebelum Tidur

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Juni 2023

“Ada banyak pilihan dongeng anak yang penuh makna yang bisa diceritakan pada Si Kecil sebelum tidur. Selain bisa membantu anak tertidur, membacakan dongeng juga bisa memberikan banyak manfaat untuk perkembangan otak mereka.”

4 Dongeng Anak Terpopuler dan Manfaat Membacakannya sebelum Tidur4 Dongeng Anak Terpopuler dan Manfaat Membacakannya sebelum Tidur

Halodoc, Jakarta – Salah satu aktivitas yang bisa orang tua lakukan bersama anak sebelum tidur adalah membacakan dongeng untuknya. Ada banyak cerita dongeng anak yang penuh dengan makna dan pesan moral.

Bukan hanya bisa membantu Si Kecil agar bisa tertidur nyenyak, membacakan cerita pada anak juga bisa memberikan banyak manfaat untuk perkembangannya. Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini!

Berbagai Pilihan Dongeng untuk Anak

Berikut beberapa pilihan dongeng yang baik untuk diceritakan pada anak-anak sebelum tidur:

1. Anak gembala dan serigala

dongeng anak dan serigala

Dongeng ini menceritakan tentang seorang anak gembala yang selalu rajin bekerja pada saudagar kaya. Domba merupakan salah satu hewan ternak yang ia jaga. Karena merasa bosan, anak gembala ini sering bercanda pada warga lokal kalau ada serigala yang hendak menerkam dombanya. 

Suatu ketika, seekor serigala benar-benar datang untuk memakan hewan ternak tersebut. Namun, karena sering berbohong sebelumnya, para warga pun tidak percaya dengan perkataan anak ini.

Dongeng ini sangat baik untuk kamu ceritakan pada anak sebelum tidur karena bisa mengajarkan Si Kecil untuk selalu berkata jujur.

2. Si kancil dan buaya

dongeng si kancil dan buaya

Salah satu dongeng anak yang juga populer dan sering dibacakan pada anak-anak adalah kisah “Si Kancil dan Buaya”. Si Kancil dikenal sebagai hewan yang cerdik dan sering membantu sesamanya di hutan. 

Pada suatu hari, si Kancil merasa sangat lapar, tapi ia harus menyeberangi sungai untuk mencari makanan. Dengan kecerdikannya, si Kancil memberanikan diri menghampiri para buaya dan berkata kepada mereka bahwa ia membawa berita baik dari raja hutan untuk memberikan daging kepada para buaya di sungai.

Percaya pada ucapan si Kancil, para buaya pun bersedia berbari dari tepi sungai sampai ke ujung seberang sungai membentuk seperti jembatan. Kancil pun berhasil menyebrangi sungai dengan bantuan para buaya.

Namun, sesampainya di seberang sungai, kancil langsung mengucapkan terima kasih kepada para buaya dan kemudian langsung melarikan diri. Para buaya pun marah karena menyadari bahwa mereka dibohongi.

Nah, dari dongeng ini, ibu bisa mengajarkan pada anak bahwa kecerdikan sebaiknya tidak boleh mereka salah gunakan untuk merugikan orang lain.

3. Tiga babi kecil

dongeng anak babi dan serigala

Dongeng anak yang satu ini mungkin sudah tidak asing buat ibu. Ceritanya, ada tiga ekor babi kecil yang membangun rumah mereka sesuai keinginan masing-masing. Babi yang pertama membuat rumah dari jerami, babi kedua memilih kayu, sedangkan babi ketiga memilih batu bata. 

Suatu hari, ada serigala yang jahat datang untuk memangsa babi-babi tersebut. Rumah babi pertama dan kedua mudah dihancurkan, karena terbuat dari jerami dan kayu yang rapuh. Untungnya mereka berhasil selamat dari serigala karena cepat-cepat berlindung di rumah babi ketiga. Rumah tersebut kokoh dan serigala tidak bisa menghancurkannya.

Selain seru, dongeng anak ini juga bisa mengajarkan Si Kecil untuk selalu baik kepada sesama dan saling menolong.

4. Itik yang buruk rupa

dongeng anak itik buruk rupa

Dongeng Itik Buruk Rupa merupakan karangan penulis terkenal, Hans Christian Andersen. Ini juga cocok untuk diceritakan pada anak-anak kecil sebelum tidur.

Seekor ibu bebek terkejut ketika menemukan salah satu anaknya yang menetas berbeda dari saudara-saudaranya yang lain. Itik tersebut berwarna abu-abu, sehingga terlihat kurang cantik dibanding yang lain.

Namun, ibu bebek tetap memperlakukannya sama seperti anak-anaknya yang lain. Justru saudara-saudaranya yang suka mengejek itik buruk rupa ini. Namun, pada akhirnya, ia pun berubah menjadi angsa yang sangat anggun dan memesona.

Dari dongeng anak ini, anak-anak bisa belajar untuk tetap bersikap baik dan mengasihi orang lain terlepas dari penampilannya.

Manfaat Membacakan Dongeng Anak Sebelum Tidur

Tidak hanya sekadar aktivitas penghantar tidur, membacakan dongeng untuk anak sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat untuk perkembangan anak. Berikut manfaat kegiatan tersebut:

1. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas

Anak-anak memiliki imajinasi yang tinggi, dan membacakan dongeng untuknya bisa membantu mendorong kreativitas mereka. Ketika mereka mendengarkan cerita, mereka akan memvisualisasikan karakter, latar, dan peristiwa dalam pikirannya. 

Hal itu secara tidak langsung memperluas kemampuan imajinatif mereka. Melalui proses ini, anak belajar berpikir out of the box dan mengembangkan ide kreatifnya sendiri.

Selain itu, yuk cari tahu juga Kegiatan Seru untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak.

2. Meningkatkan keterampilan berbahasa

Membacakan dongeng anak merupakan cara yang baik untuk mengajarkan anak beberapa kosa kata baru. Dengan begitu, kosa kata anak akan bertambah banyak dan kemampuan berbahasa mereka akan meningkat.

Hal itu sangat penting untuk komunikasi yang efektif dan keberhasilan akademis. Selain itu, mendongeng juga membantu anak-anak mengenali struktur kalimat dan teknik bercerita.

3. Membangun kecerdasan emosional

Dongeng anak biasanya mengisahkan karakter yang menemui tantangan dan memiliki emosi tertentu. Nah, dengan mendengarkan cerita-cerita tersebut, anak-anak bisa belajar memahami emosi si karakter dan mengembangkan kecerdasan emosional. Mereka juga bisa belajar cara yang tepat untuk mengekspresikan dan mengelola perasaan mereka.

4. Menumbuhkan minat baca anak

Manfaat membacakan dongeng untuk anak juga bisa menumbuhkan kecintaan mereka untuk membaca buku. Membaca sudah dikenal sebagai aktivitas yang banyak memberikan manfaat untuk otak, antara lain meningkatkan konsentrasi, daya ingat, serta memperluas pengetahuan.

Itulah berbagai pilihan dongeng anak dan manfaat membacakannya untuk anak. Bila ibu punya pertanyaan seputar pola asuh anak, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
The Early Childhood University. Diakses pada 2023. 5 Wonderful Benefits of Reading Bedtime Stories to Kids.
Healthline. Diakses pada 2023. Benefits of Reading Books: How It Can Positively Affect Your Life.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan