4 Manfaat Liburan bagi Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 November 2020
4 Manfaat Liburan bagi Anjing Peliharaan4 Manfaat Liburan bagi Anjing Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Jika kamu adalah pemelihara anjing, coba luangkan waktu untuk liburan bersama. Liburan dapat dilakukan dengan membawa anjing pergi ke luar kota, naik gunung, atau hanya sekedar pergi ke kafe. Apa alasan pemilik anjing harus membawa peliharaannya untuk berlibur? Berikut ini manfaat liburan bagi anjing:

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Mengganggu

1.Mencegah Stres

Tidak hanya manusia saja yang dapat mengalami stres, anjing pun bisa merasakannya. Tanpa penanganan yang tepat, stres pada hewan dapat bertambah parah dan memicu masalah mental, seperti depresi. Bukan hanya itu, depresi yang dialami juga dapat berujung pada kesehatan fisiknya. Mengajaknya berlibur menjadi salah satu manfaat liburan bagi anjing. 

2.Anjing Menjadi Lebih Menurut

Manfaat liburan bagi anjing selanjutnya adalah, ia akan berubah menjadi lebih penurut. Hal tersebut dikarenakan, anjing hanya bepergian berdua dengan kamu, sehingga ia akan meminta apapun yang diinginkannya hanya denganmu. 

3.Menjaga Kebugaran Fisik

Bukan hanya berdampak pada kesehatan mental saja, sering mengurung anjing juga akan memicu sejumlah masalah pada kesehatan tubuhnya. Perlu kamu ketahui jika merawat anjing tidak melulu soal memberi makan saja. Kamu juga harus menjaga kesehatan fisiknya dengan mengajaknya berjalan-jalan, sehingga ia tidak mudah sakit.

4.Menjalin Ikatan Batin yang Lebih Kuat

Menciptakan ikatan batin yang kuat menjadi salah satu manfaat liburan bagi anjing. Dengan ikatan batin yang kuat, kamu akan cepat mengetahui saat anjing peliharaan sedang sakit melalui bahasa tubuh. 

Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk mengajak anjing peliharaanmu berlibur? Bukan hanya manusia saja lho yang dapat merasakan stres, anjing pun bisa merasakannya. Apalagi bagi anjing yang sehari-hari selalu dikurung di kandang. Jika kamu bingung mau mengajaknya ke mana, berikut ini tempat yang direkomendasikan.

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Ini Tempat yang Cocok untuk Membawa Anjing Berlibur

Jika hari Senin hingga Jumat kamu sibuk bekerja, coba luangkan waktu berlibur saat weekend tiba. Bagi kamu yang ingin membawa anjing berlibur, berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi:

  • Pantai

Pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang disukai orang. Membawa hewan peliharaan ke tempat ini menjadi salah satu stres relieve, karena dapat berlarian di pasir, juga bermain air bersama.

  • Taman

Jika liburan terlalu berisiko untuk membawa anjing, kamu bisa sekedar mengajaknya berjalan di taman. Bukan hanya dapat berinteraksi dengan anjing lainnya, peliharaan juga dapat menghirup udara segar. Kamu bisa lakukan hal ini rutin di akhir pekan.

  • Kafe

Saat ini banyak sekali kafe yang memperbolehkan pemilik hewan membawa peliharaannya. Meski kafe yang memiliki fasilitas tersebut di dalam kota masing terbilang sedikit, tetapi tidak ada salahnya jika kamu mencoba membawa peliharaan ke tempat tersebut.

  • Wisata Alam

Selain pantai, wisata alam menjadi salah satu tempat wisata yang direkomendasikan. Kamu bisa mengajak anak mendaki gunung atau sekedar berjalan-jalan di hutan pinus. Jika ingin mengajaknya liburan ekstrim, pastikan anjing dalam keadaan yang sehat, ya.

Baca juga: Anjing Peliharaan Sering Menolak Makan, Apa Penyebabnya?

Itulah sejumlah manfaat liburan bagi anjing dan tempat mana saja yang bisa kamu kunjungi dengan peliharaan. Jika anjing mengalami sejumlah masalah kesehatan saat sedang liburan, kamu bisa diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Tempat Wisata Untuk Dikunjungi Anjing dan Kucing.
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Alasan Kenapa Hewan Kesayanganmu Butuh Liburan.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan