4 Manfaat Makan Wasabi pada Sushi untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 September 2021
4 Manfaat Makan Wasabi pada Sushi untuk Kesehatan Tubuh4 Manfaat Makan Wasabi pada Sushi untuk Kesehatan Tubuh

“Wasabi adalah pasangan bagi sushi. Makanan Jepang yang satu ini digemari oleh banyak orang, termasuk di Indonesia. Namun tahukah kamu, ternyata wasabi memiliki sejumlah kandungan nutrisi, seperti protein, serat, kalsium, dan vitamin. Kandungan tersebut membuat wasabi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Halodoc, Jakarta – Wasabi adalah hal yang tidak asing bagi pencinta makanan Jepang, terutama sushi. Tidak banyak orang yang tahu, di balik rasa pedas dan aroma tajam wasabi, ada sederet manfaat kesehatan yang bisa didapat jika mengonsumsinya. Jenis makanan yang satu ini ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi, apa saja? 

Perlu diketahui, wasabi merupakan makanan yang berasal dari jenis sayuran yang bernama Eutrema japonicum. Jenis sayuran ini masih tergolong dalam kubis-kubisan. Oleh karena aromanya yang khas, makanan ini sering disajikan sebagai bahan tambahan untuk menambah cita rasa masakan, termasuk sushi hingga daging panggang. Wasabi juga bisa diolah ke dalam berbagai bentuk, salah satunya pasta. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Mudah Naik

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Sehat Wasabi

Meski sering dijadikan makanan pendamping, kandungan nutrisi dalam wasabi tidak bisa disepelekan. Jenis makanan ini ternyata mengandung banyak protein, vitamin A dan vitamin C, kalsium, folat, magnesium, zinc, kalium, serta antioksidan. Dengan sederet kandungan nutrisi tersebut, mengonsumsi makanan ini bisa memberi manfaat sehat, seperti: 

  1. Membasmi Kuman 

Wasabi memiliki sifat antijamur dan antibakteri berkat kandungan senyawa aktif yang disebut dengan isothiocyanates (ITC). Itulah alasan mengapa makanan ini sering disajikan bersama makanan mentah, seperti sushi dan sashimi. Pasta berwarna hijau ini akan berperan membasmi kuman dalam makanan mentah, sehingga aman untuk dimakan. Hal ini juga bisa membantu menurunkan risiko keracunan makanan.

  1. Menghindari Obesitas

Mengonsumsi makanan ini ternyata bisa membantu menghindari obesitas, sebab wasabi dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, proses pembakaran lemak di dalam jaringan tubuh akan lebih lancar dan berat badan bisa selalu terjaga. Kendati begitu, manfaat yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut. 

  1. Meredakan Peradangan 

Siapa sangka, makanan pendamping sushi ini ternyata bisa membantu meredakan peradangan. Secara umum, peradangan muncul sebagai respons kekebalan tubuh terhadap zat asing, infeksi, atau cedera. Nah, kandungan ITC dalam wasabi tidak hanya bersifat antibakteri, tetapi bermanfaat juga untuk mengurangi peradangan.

Baca juga: Berbagai Makanan yang Kaya Kalsium Tinggi dan Manfaatnya

  1. Saluran Pernapasan yang Bersih 

Seperti dikatakan sebelumnya, wasabi memiliki kandungan zat antiradang, antibakteri, dan antioksidan. Nah, hal ini ternyata bisa membantu membersihkan serta membasmi kuman di saluran pernapasan. Kandungan ini juga bisa membantu mengobati penyakit pada saluran pernapasan. Wasabi juga bersifat antiradang yang bisa membantu mencegah dan mengatasi peradangan pada saluran pernapasan. 

Namun, jika memiliki masalah pada saluran pernapasan atau penyakit lain yang tidak kunjung sembuh, coba bicarakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan keluhan yang dialami dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Tips Aman Mengonsumsi Makanan Ini 

Secara umum, jenis makanan ini cukup aman untuk dikonsumsi. Meskipun biasa disajikan bersama sushi, wasabi ternyata bisa dikreasikan dan dicampurkan dengan aneka hidangan lain. Namun, pastikan agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi jenis sayuran ini. Sebab perlu diingat, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan dikhawatirkan bisa memicu efek samping. 

Baca juga: Mengidap Miom Uteri, Coba Konsumsi Buah dan Sayuran Ini

Mengonsumsi wasabi secara berlebihan dikhawatirkan bisa memicu efek samping, seperti mual dan muntah, sakit perut, hingga diare. Orang dengan kondisi tubuh dan riwayat pengobatan tertentu juga disarankan untuk berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Ada baiknya untuk selalu membicarakan terlebih dahulu pada dokter. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. 6 Promising Health Benefits of Wasabi.
WebMD. Diakses pada 2021. Wasabi: Are There Health Benefits?
Organic Facts. Diakses pada 2021. 6 Wonderful Benefits Of Wasabi.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan